redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Cara Mendorong Siswa untuk Belajar Mandiri di Rumah

Keterampilan belajar secara mandiri dapat dikembangkan dengan bimbingan guru.

Belajar Mandiri di Rumah, image credit Element5 Digital

Dalam situasi pembelajaran jarak jauh seperti sekarang, sulit bagi guru untuk terus-menerus memonitor bagaimana siswa belajar di rumah. Maka, semangat dari diri siswa sendiri amat menentukan keberhasilan belajarnya. Bagaimana guru dapat membantu siswa belajar dengan lebih mandiri di rumah?

 

1. Membiasakan Penilaian Antar Teman

Melatih dan membiasakan siswa untuk saling memeriksa tugas satu sama lain dapat membangun terciptanya suasana belajar mandiri. Misalnya, tugas dikumpulkan setelah diperiksa atau direvisi oleh siswa lain. Sehingga dalam satu tugas, guru akan menemukan dua pekerjaan: dari siswa yang mengerjakan dan siswa lain yang memeriksa.

Kegiatan yang dapat dilakukan dengan mudah di ruang kelas ini memang akan membutuhkan lebih banyak waktu bila harus dikerjakan jarak jauh secara daring. Oleh sebab itu, sebaiknya tugas dirancang dengan kerangka waktu yang lebih lama daripada biasanya.

 

2. Membimbing dan Memandu Siswa Belajar

Siswa membutuhkan pencetus untuk membuat mereka tertarik belajar dan ingin tahu lebih banyak. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan mengajukan pertanyaan tanpa jawaban mutlak – pertanyaan yang dapat memicu diskusi.

Sebaliknya, pertanyaan siswa dapat ditanggapi sedemikian rupa sehingga mereka dapat menemukan jawabannya sendiri. Pada dasarnya, bimbingan yang diberikan oleh guru dapat memicu siswa untuk berpikir dan memahami materi pelajarannya sendiri.

 

3. Menerima Variasi Gaya Belajar

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa cenderung dihadapkan pada situasi yang repetitif – sama dan serupa dari hari kehari. Sedangkan ketika harus belajar dari rumah, keadaan setiap siswa berbeda.

Guru dapat memperkenalkan ragam gaya dan cara belajar kepada siswa. Sebagian siswa lebih mudah mengingat materi pelajaran dengan mendengarkan, siswa lain membutuhkan ilustrasi, sedangkan ada pula siswa yang cenderung terus bergerak selama belajar. Ada baiknya membuat mereka tetap nyaman dengan gaya belajarnya masing-masing.

 

4. Memberi Nilai sebagai Umpan Balik

Alih-alih menilai tugas siswa, guru dapat mencantumkan catatan atau memberikan umpan balik. Adakalanya skor atau nilai justru menjatuhkan semangat siswa ketika hasil yang diperoleh tak sesuai harapan. Maka, mengganti skor dengan catatan atau umpan balik bisa menjadi cara cerdas untuk menjaga semangat belajar siswa.

Bagaimana bila tetap harus memberi nilai? Guru dapat menyoroti usaha yang dicurahkan siswa dalam mengerjakan tugas. Skor pada usaha siswa dapat melecut semangat untuk terus belajar – bahwa proses yang mereka lewati memang berharga dan layak dikerjakan.

 

5. Melakukan Refleksi Bersama

Jurnal atau catatan siswa dapat memberi guru gambaran apa yang sedang dialami oleh siswa selama belajar dari rumah. Jurnal juga memberi kesempatan siswa untuk melihat kembali apa yang telah dipelajarinya, apa yang ingin dipelajari, dan bagaimana caranya belajar.

Memeriksa jurnal atau catatan setiap siswa memang memerlukan waktu. Bila tak mungkin memeriksa setiap hari, jurnal siswa dapat dikumpulan beberapa hari sekali.

 

Dalam situasi belajar dari rumah untuk jangka waktu yang belum dapat dipastikan, belajar mandiri merupakan salah satu cara untuk menjaga semangat siswa menuntut ilmu. Memang keterampilan ini tak dapat dibangun dalam semalam, tapi bekal yang diperoleh siswa saat ini dapat terus mereka kembangkan dalam studinya dimasa depan.

 

 

 

Sumber:

https://blog.irisconnect.com/uk/blog/9-tips-for-encouraging-students-to-become-independent-learners/

https://independentlearningschool.com/how-to-develop-independent-learning-skills/

140

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp