APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rekomendasi Kuliah 2020: 8 Universitas Terbaik di Indonesia dan Dunia

Kampus-kampus negeri terbaik di Indonesia terdaftar dalam berbagai versi pemeringkatan, termasuk peringkat dunia.

Universitas Terbaik di Indonesia, image credit Nathan Dumlao via unsplash.com

 

Siapa yang tak ingin belajar di kampus terbaik di Indonesia? Bila memungkinkan, tentu kita ingin menuntut ilmu di universitas terbaik di Indonesia. Tapi bagaimana menemukan universitas terbaik itu?

Thankfully, kita dapat merujuk pada pemeringkatan atau ranking universitas yang sudah ada, Sobat. Ada berbagai versi pemeringkatan universitas terbaik yang bisa kita jadikan rujukan, seperti pemeringkatan versi Kemenristekdikti 2019 – termasuk pula didalamnya pemeringkatan universitas swasta terbaik di Indonesia.

But to keep yourself updated, why don't we go with the latest university ranking in 2020, Sobat? Misalnya, kita bisa mengacu pada QS World University Rankings 2020. Menurut pemeringkatan tersebut, inilah universitas-universitas negeri terbaik di Indonesia.

 

1. Universitas Indonesia

UI menduduki peringkat ke-296 dalam World Rankings. Selama bertahun-tahun, UI memang dikenal sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia. Dalam pemeringkatan Kemenristekdikti 2019 pun, UI berada dalam klaster I dengan skor 3.401. Tak heran bila banyak pelajar yang bercita-cita masuk UI dengan jalur SNMPTN, SBMPTN, hingga SIMAK.

 

2. Universitas Gadjah Mada

UGM berada di urutan ke-320 di dunia. Peringkat runner up UGM ini menggeser ITB yang berada diposisi sama pada 2019. Dalam pemeringkatan universitas terbaik Indonesia Kemenristekdikti 2019, UGM berada di klaster I dengan skor 3.594. Selain SNMPTN dan SBMPTN, calon mahasiswa baru masih dapat mengikuti seleksi pada jalur UTUL UGM.

 

3. Institut Teknologi Bandung

Tak terlalu jauh dari UGM, peringkat ITB di World Rankings berada pada urutan ke-331. ITB juga berada diurutan pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia pada bidang enginerring, electrical dan electronic. Bahkan ITB juga berada pada urutan pertama pemeringkatan Kemenriskdikti 2019 dengan skor 3.671.

 

4. Institut Pertanian Bogor

Peringkat IPB di dunia adalah 601-650. Menurut Kemenristekdikti, IPB berada pada klaster I dengan skor 3.277 pada tahun 2019. Diyakini sebagai kampus terbaik di Indonesia dibidang pertanian, IPB masih membuka jurusan-jurusan non-agraris.

 

5. Universitas Airlangga

Unair berada diurutan 651-700 pada pemeringkatan perguruan tinggi di dunia. Sedangkan pada klaster I Kemenristekdikti 2019, salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia ini meraih skor 3.056. Tahukah Sobat, PTN di Surabaya ini hampir selalu berada dalam 10 besar daftar universitas terbaik di Indonesia!

 

6. Universitas Padjadjaran

Sebagai bagian dari universitas terbaik di Indonesia 2020, Unpad memiliki peringkat 751-800 pada World Rankings. Pada tahun 2019, Kemenristekdikti mengurutkan Unpad pada posisi ke-10 dalam klaster I dengan skor 2.906. Sobat Pintar ingin belajar di salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia? Selain ITB, Bandung masih punya Unpad, lho!

 

7. Universitas Diponegoro

Undip berada pada peringkat 801-1000 di dunia. Sementara pada pemeringkatan kampus terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2019, Undip berada pada klaster I dengan skor 3.207. Bahkan kampus di Jawa Tengah ini terbilang favorit karena pilihan jurusannya yang cukup beragam.

 

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Diurutan terakhir universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2020 adalah ITS. Menarik bahwa dalam urutan universitas terbaik di Indonesia, ITS meraih skor Kemenristekdikti sebesar 3.462 – lebih baik daripada skor yang diraih Unair. Dan lebih menarik lagi, kedua kampus terbaik di Indonesia ini berada di Surabaya, Sobat!

 

Mencari, mengincar, memperjuangkan, hingga akhirnya lolos seleksi di salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia memang proses yang tak selalu mudah untuk dilalui. Namun dengan ketelitian dan usaha yang tak kenal lelah, kita pasti bisa meraih apa yang dicita-citakan. Bukankah begitu, Sobat?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog