APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Favorit SBMPTN 2019: Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah IPA / Saintek

Beberapa jurusan IPA / Saintek tetap difavoritkan pada SBMPTN dari tahun ketahun.

Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA / Saintek

Sobat yang sekarang berada dikelas IPA, sudah tahukah pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA? Bagi pelajar SMA jurusan IPA, kuliah jurusan apa adalah pertanyaan yang tak selalu berujung pada satu jawaban. Maka, berbagai tolok ukur menjadi sumber referensi pilihan jurusan.

Salah satunya, jurusan-jurusan Saintek favorit pada SBMPTN tahun sebelumnya. Kenapa beberapa jurusan difavoritkan? Hal ini tak lepas dari keyakinan banyak orang bahwa jurusan-jurusan Saintek tersebut merupakan jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan.

Well, terlepas dari keyakinan seperti itu, sudahkah Sobat tahu jurusan-jurusan favorit IPA/ Saintek pada SBMPTN 2019 kemarin? Ayo, perkaya pilihan jurusan kuliah IPA untuk SBMPTN-mu dengan list berikut ini.

 

1. Pendidikan Dokter

Jurusan ini favoritnya peserta SBMPTN dirumpun Saintek sejak 2018. Kemudian pada SBMPTN 2019, Pendidikan Dokter Universitas Udayana menerima pendaftar terbanyak se-Indonesia. Besar kemungkinan jurusan ini masih akan menjadi jurusan kuliah IPA yang difavoritkan lagi pada SBMPTN 2020.

Dianggap sebagai jurusan kuliah IPA yang menjanjikan, Pendidikan Dokter merupakan langkah pertama bagi mereka yang ingin menjadi Dokter Anak, Dokter Pengobatan Olah Raga, dan masih banyak lagi. Jika Sobat Pintar suka matapelajaran Biologi, Pendidikan Dokter sepertinya akan menjadi kuliah jurusan IPA yang tepat.

 

2. Agroekoteknologi

Runner up jurusan kuliah IPA yang difavoritkan pada SBMPTN 2019 adalah Agroekoteknologi Universitas Brawijaya. Agroekoteknologi disebut juga sebagai Agroteknologi di beberapa kampus. Selain di Universitas Brawijaya, jurusan untuk anak IPA ini antara lain ada di Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Universitas Jember, maupun Universitas Padjadjaran.

Sobat Pintar yang suka berinovasi dengan teknologi dan masih terkait dengan bidang Ilmu Biologi, jurusan kuliah IPA ini patut dipertimbangkan. Dengan terus meningkatnya kebutuhan pangan manusia, Agroekoteknologi bisa jadi merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang menjanjikan – we can't really tell, can we?

 

3. Kesehatan Masyarakat

Walaupun Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati, Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) sangat dibutuhkan pada masa pandemi seperti sekarang.

Nah, apakah salah satu pertanyaan Sobat yang sekarang sedang di SMA jurusan IPA, kuliah jurusan apa? Bila memang masih mempertimbangkan segala kemungkinan, ada baiknya mencari tahu lebih banyak tentang Kesehatan Masyarakat. Jurusan untuk anak IPA ini sudah ada dibanyak PTN, kok.

 

4. Teknik Kimia

Berbeda dari Kesehatan Masyarakat, Teknik Kimia merupakan salah satu kuliah jurusan IPA yang terbilang cukup familiar. Apakah ini jurusan kuliah IPA yang menarik minatmu, Sobat?

UPN Veteran Jawa Timur menerima pendaftar Jurusan Teknik Kimia terbanyak se-Indonesia pada SBMPTN 2019. Selain UPN Veteran Jatim, pertimbangkan SBMPTN 2020-mu di Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sriwijaya, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara, ataupun Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

 

5. Peternakan

Peternakan juga merupakan salah satu rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA. Bahkan, jurusan ini cukup populer pada SBMPTN 2019 – khususnya Peternakan Universitas Brawijaya.

Apakah jurusan ini menjadi pilihanmu untuk SBMPTN 2020, Sobat? Selain Universitas Brawijaya, Peternakan juga ada di Universitas Jambi, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bengkulu, Universitas Sriwijaya, maupun Universitas Jenderal Soedirman.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Now, do you have a better idea of your future study? Meskipun dianggap sebagai jurusan kuliah yang menjamin masa depan, IPA sebenarnya hanyalah sebuah rumpun ilmu. So, why don't we keep our mind open, Sobat? Dengan pemikiran yang terbuka, kita pun dapat bersikap terbuka pada berbagai kemungkinan dimasa depan.

1
130

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
Ilmu gizi ngga termasuk jurusan favorit min?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog