redesain-navbar Portlet

Blog

Masalah Kesehatan Mata pada Pelajar, photo credit iStockphoto 

Aset Berharga Pelajar: Kesehatan Mata

Pelajar perlu menjaga dan memperhatikan kesehatan mata.

Eyes are the windows to the soul. Mata adalah jendela hati. Bagi pelajar, mata adalah kekayaan dan modal belajar yang tak terbeli dengan apapun. Dengan mata yang sehat, Sobat Pintar bisa leluasa belajar, mengerjakan tugas, hingga mengikuti ujian tanpa kendala. But, how about the opposite?

Bagi pelajar, penggunaan alat bantu hingga sakit kepala akibat masalah pada kesehatan mata dapat mengurangi keleluasaan, bahkan menurunkan produktivitas. Dan masalah kesehatan mata apa saja sih, yang paling sering dialami pelajar?

Sains.kompas.com menyebutkan bahwa salah satu masalah kesehatan mata yang paling sering muncul adalah refraksi. Now, why don't we get to know it better?

 

1. Miopia/ Rabun Jauh

Mata miopia tidak dapat dapat melihat benda dari jarak jauh dengan jelas karena bayangan benda terbentuk di depan retina. Mata miopia lebih dikenal sebagai mata minus. Sobat Pintar yang mengalami masalah penglihatan ini membutuhkan kacamata dengan lensa cekung agar bayangan jatuh tepat di retina.

 

2. Hipermetropia/ Rabun Dekat

Hipermetropia adalah masalah penglihatan yang timbul ketika mata tidak dapat melihat benda dari jarak dekat dengan jelas. Bayangan benda pada mata hipermetropia jatuh di belakang retina, sehingga dibutuhkan kacamata lensa cembung agar bayangan jatuh di retina.

 

3. Presbiopia/ Rabun Jauh-Dekat

Mata presbiopia dikenal juga sebagai mata tua karena masalah penglihatan ini biasanya dialami oleh orang-orang lanjut usia. Coba lihat kacamata salah satu anggota keluarga yang telah berusia lanjut, Sobat Pintar akan mendapati lensa cekung dan cembung (kacamata lensa rangkap).

 

4. Astigmatisme/ Mata Silinder

Jika Sobat Pintar mengalami masalah mata silinder, bayangan benda jatuh pada lensa sehingga penglihatan mata menjadi kabur. Alat bantu untuk untuk mengatasi masalah penglihatan kabur tersebut adalah kacamata lensa silinder. Astigmatisme biasanya juga dialami oleh mereka yang memiliki mata minus.

 

Keempat masalah penglihatan atau kesehatan mata diatas dikategorikan sebagai masalah refraksi. Refraksi atau ametropia adalah gangguan kesehatan pada mata akibat kondisi bayangan yang terbentuk di retina tidak tajam sehingga penglihatan menjadi kabur.

Menariknya, dalam satu dekade terakhir, kita sedang terjadi Myiopia Bloom. Istilah ini mengacu pada peningkatan penderita miopia yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Uniknya, Myiopia Bloom lebih banyak terjadi di negara-negara Asia dibandingkan di belahan benua yang lain.

People today generally stare at screen display much more than they did a couple of decades ago. Menatap layar monitor terlalu lama, terlalu dekat, terlalu sering, bahkan sambil tiduran, dapat mempengaruhi tingginya prevalensi Myiopia Bloom. It's only natural that people nowadays suffer from more severe vision problems, therefore.

Bagaimana caranya agar Sobat Pintar bisa terhindar dari Myiopia Bloom? Bila memungkinkan, batasi waktu hingga satu jam untuk melihat dekat pada layar monitor. Kemudian, gunakan 15 menit berikutnya untuk melihat jauh (6 meter) kearah depan dan atas.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bahkan 80% penyakit dapat dicegah. So, it's not too late for you to develop a better, healthier habit from now on.

Lebih masukan Blog

Jangan Kuliah DKV Sebelum Tahu Ini

Desain Komunikasi Visual, lebih sering disingkat DKV, adalah jurusan kuliah yang merupakan...

Ingin Menjadi Taruna/ Taruni Akpol? Perhatikan Ini

Anyobody wants to be a police officer ? Sobat Pintar pasti sudah tahu bahwa untuk menjadi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line