PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Menjadi Taruna Taruni Akpol, photo via www.bogor-today.com

Ingin Menjadi Taruna/ Taruni Akpol? Perhatikan Ini

Akademi Kepolisian bisa menjadi alternatif pendidikan tinggi.

Anyobody wants to be a police officer? Sobat Pintar pasti sudah tahu bahwa untuk menjadi seorang Polisi, maka wajib mengikuti pendidikan sebagai seorang taruna atau taruni di Akademi Kepolisian (Akpol). Tak harus lulus dari SMA Taruna Nusantara atau SMA Krida Nusantara untuk menjadi taruna dan taruni Akpol.

Sobat Pintar yang berada di SMA/ MA/ SMK juga bisa mengikuti seleksi taruna/ taruni Akpol. Mau tahu lebih lanjut tentang lembaga pendidikan calon Polisi ini? Let's take a closer look on it, so you'll have more options for further education after your high school.

 

Pendidikan Kepolisian di Semarang

Akpol didirikan untuk mendidik calon-calon perwira Polri. Sebagai institusi pendidikan tingkat akademi, lama pendidikan yang diselenggarakan Akpol adalah empat tahun. Selama menjalani pendidikan, para taruna dan taruni Akpol memiliki pangkat sesuai dengan waktu tempuhnya. Pada tahun pertama pendidikan, terdapat tiga pangkat, yaitu:

- Calon Bhayangkara Taruna pada awal semester ke-1 selama empat bulan (Dikcandrabhara)

- Bhayangkara Dua Taruna pada akhir semester ke-1 selama dua bulan (22 SKS)

- Bhayangkara Satu Taruna pada semester ke-2 selama enam bulan (21 SKS)

Pada tahun kedua, taruna dan taruni Akpol berpangkat Brigadir Dua Taruna. Semester ke-3 terdiri dari 20 SKS dan semester ke-4 terdiri dari 22 SKS. Tahun ketiga, pangkat taruna dan taruni Akpol adalah Brigadir Satu Taruna. Pada semester ke-5, taruna dan taruni harus menempuh 21 SKS dan pada semester ke-6 22 SKS.

Ditahun terakhir menjalani pendidikan di Akpol, Sobat Pintar nanti akan berpangkat Brigadir Taruna. Pada tahun keempat ini, semester ke-7 terdiri dari 21 SKS dan semester ke-8 4 SKS.

Setelah lulus dari Akpol, nantinya Sobat Pintar akan berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Disamping itu, alumni Akpol juga bergelar Sarjana Terapan Kepolisian (STK).

 

Persyaratan Akademik Menjadi Taruna/Taruni Akpol

Dari tahun ke tahun, pendaftaran untuk menjadi taruna dan taruni Akpol senantiasa terbuka. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi persyaratan pendaftaran disetiap awal tahun bila Akpol menjadi salah satu pilihan Sobat untuk melanjutkan pendidikan.

Sementara itu, jangan mengabaikan prestasi akademik karena biasanya terdapat nilai minimal yang menjadi syarat penerimaan calon taruna dan taruni. Misalnya, nilai rata-rata UAN pada kelulusan tahun 2015-2017 minimal 7,0. Nilai rapor juga ada standar minimalnya, misalnya rata-rata 70,00 pada semesrer ke-1 dikelas XII.

Adanya persyaratan akademik berarti Sobat Pintar tak cukup melakukan persiapan fisik saja agar dapat mengikuti pendidikan di Akpol. Jadi, jangan mengabaikan kondisi fisik dan nilaimu sedari sekarang ya, Sobat! Keduanya perlu dijaga sebaik mungkin agar peluangmu diterima di Akpol cukup besar.

 

Menempuh pendidikan di Akpol berarti menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP). Jangka waktu ikatan dinas ini biasanya selama 10 tahun, terhitung ketika diangkat menjadi Perwira Polri. If you prefer having a steady job, this condition may sound promising. So, are you going to go after it?

Lebih masukan Blog

Aset Berharga Pelajar: Kesehatan Mata

Eyes are the windows to the soul . Mata adalah jendela hati. Bagi pelajar, mata adalah...

Masa Depanmu di Teknik Perkapalan?

Dua tahun yang lalu PT PAL Indonesia telah memproduksi sebuah kapal selam untuk TNI AL. Hingga...

Menambah Komentar

S
Sashiheryanti M 5 Bulan Lalu
sayang mata kuu min:( pupus sudah harapan ambil akpol
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru