redesain-navbar Portlet

Blog

Atasi Rasa Bosan Alternatif Tempat Belajar, image via weareiu.com

Atasi Rasa Bosan: 6 Alternatif Tempat Belajar

Rasa bosan belajar dapat diatasi dengan mengganti tempat belajar.

Adakah Sobat Pintar yang hobi belajar? A few, extraordinary students may find studying exciting, but for the rest of us? Barangkali masih lebih banyak pelajar atau mahasiswa yang harus berjuang mengumpulkan niat untuk belajar, khususnya pada pekan-pekan sebelum Ujian Akhir Semester.

Salah satu trik mengatasi keengganan belajar dan mengulang materi sebelum ujian adalah dengan menemukan tempat yang menyenangkan. Siapa tahu, barangkali suasana baru dapat meningkatkan semangat belajarmu. Di mana saja tempat-tempat yang bisa kita gunakan untuk belajar?

 

1. Kafe

Pernah terlintas dipikiran untuk belajar di kafe? Kita bisa belajar di kafe, lho! Tapi bukan sembarang kafe ya, Sobat. Jika tempat tersebut terlalu berisik, khususnya bagi tipe auditori, belajar di kafe bukan pilihan yang bagus. Toko-toko buku besar dengan pojok kafe yang cukup tenang, misalnya, bisa menjadi pilihan tempatmu membaca buku-buku catatan.

How about the real cafe? Asalkan suasana di tempat tersebut relatif mendukung untuk belajar, kenapa tidak? Sobat Pintar bisa memesan makanan dan minuman sembari belajar. WiFi-pun biasanya juga tersedia. Tapi main game atau medsosnya nanti saja, ya! Sekarang gunakan dulu WiFi-nya untuk menambah sumber bacaan tentang bahan ujian.

 

2. Kelas Kosong

Bagi mahasiswa, kelas kosong bisa menjadi alternatif tempat belajar atau mengerjakan tugas – khususnya bagi Sobat Pintar yang memang membutuhkan suasana sunyi agar lebih mudah fokus belajar. Namun sebelumnya, pastikan ruangannya memang tak terpakai ya, Sobat.

Karena masih berada di area kampus, Sobat pun dapat mengakses WiFi gratis – tanpa perlu membeli makanan atau minuman seperti di kafe. Suasana ruang kelas mungkin memberi sugesti serius, sehingga kita lebih cepat fokus dan menyelesaikan tugas tanpa terlalu banyak distraksi.

 

3. Aula

Selain kelas kosong, ruang kuliah bersama juga bisa digunakan. Tapi pastikan dulu ruang tersebut memang boleh digunakan setiap saat oleh mahasiswa secara umum, ya.

Bagaimana dengan di sekolah? Aula sekolah memiliki konstruksi yang mirip dengan ruang kuliah bersama – sama-sama berukuran luas. Aula juga tidak digunakan setiap waktu, sehingga mungkin bisa digunakan untuk belajar ketika sedang kosong. Again, pastikan dulu Sobat sudah mendapat izin untuk menggunakannya sebagai tempat belajar, ya.

 

4. Rumah Teman

Sudah bosan dengan suasana belajar di rumah sendiri? Make an arrangement to study together at one of your friends' place. Selain mendapat tempat dan suasana baru untuk belajar, Sobat juga bisa berdiskusi tentang materi yang belum dipahami.

Lain waktu, pindah lokasi belajar di rumahmu, Sobat. Meskipun tempatnya sudah terasa membosankan, suasananya mungkin bisa berbeda karena ada orang lain yang datang.

 

5. Taman Kota

Jika Sobat tak membutuhkan suasana yang benar-benar sunyi untuk belajar, sesekali ke taman kota dengan membawa buku bukan ide yang buruk, lho. Boleh jadi udara bebas di luar ruangan membawa suasana baru yang menyegarkan – asalkan jangan mudah terdistraksi oleh keadaan dan orang-orang di sekitarmu, ya.

Tak harus taman kota, teras atau halaman belakang rumah juga menawarkan udara bebas luar ruangan. Pada intinya, lokasi di mana pun dengan udara segar dan membuatmu nyaman bisa menjadi tempat belajar.

 

6. Perpustakaan

Sudah mencoba semua alternatif tempat, tapi masih belum dapat menikmati belajarmu? Bagaimana kalau kembali ke perpustakaan, Sobat? Kalau bosan dengan perpustakaan pusat kampus, coba gunakan perpustakaan jurusan. Boleh juga mencoba perpustakaan kota bila Sobat ingin suasana baru setelah berkali-kali belajar di perpustakaan sekolah.

Atau, coba kunjungi rumah baca di sekitar tempat tinggalmu, Sobat. Tak hanya bisa menjadi tempat belajar, rumah baca atau perpustakaan milik pribadi yang terbuka untuk umum juga menyediakan buku-buku yang bisa menambah pengetahuan tanpa kita harus membelinya. Bisa menghemat uang saku, bukan?

 

Di manapun pilihan tempat belajarmu, yang penting di situ Sobat Pintar dapat belajar dengan nyaman dalam waktu yang tidak singkat. Tak ada syarat atau kriteria mutlak yang membuat suatu tempat layak atau tidak sebagai tempat belajar. Selama tempat tersebut mudah dijangkau dan belajarmu tidak terganggu, kenapa tak mencobanya?

Lebih baik lagi bila di tempat itu ada fasilitas yang mendukung, seperti WiFi, buku-buku yang bisa dibaca atau dipinjam dengan bebas, bahkan sumber listrik bila Sobat menggunakan perangkat elektronik. Nah, tak ada lagi bosan belajar kan, Sobat?

Lebih masukan Blog

Tidak Sulit: 4 Cara Sederhana Menghargai Orang Lain

First thing first, kenapa kita harus menghargai orang lain? We may come with a...

4 Kiat Tetap Produktif Saat Stres

Kita cenderung menghindari stres dan menganggapnya berdampak buruk pada produktivitas. Saat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka