redesain-navbar Portlet

Blog

Atasi Stres dengan Makanan dan Minuman Ini

Atasi Stres dengan 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Asupan makanan yang tepat dapat mengurangi gejala stres.

Bisakah pelajar merasa stres? Barangkali orang dewasa akan cenderung skeptis dengan pernyataan tentang tekanan psikis pelajar. Tapi pada kadar yang berbeda, pelajar pun memiliki beban psikis yang tak terbilang mudah untuk diatasi. Benar begitu, Sobat?

Sekedar merasa cemas karena ujian esok hari atau perasaan depresi yang lebih besar dan kompleks – siapapun pelajar bisa berada dalam situasi seperti ini. Kabar baiknya, kita dapat membuat diri sendiri merasa lebih baik dengan asupan makanan dan minuman yang tepat. Apa saja itu?

 

1. Lemon Balm

Did you know lemon balm, Sobat Pintar? Lemon balm atau balm mint adalah tanaman yang daunnya mirip sekali dengan daun mint. Bedanya, lemon balm memiliki aroma seperti lemon – isn't it obvious, anyway?

Herba aromatik ini bersifat menenangkan sistem syaraf. Cara konsumsinya ialah dengan membuat teh, baik panas maupun dingin, dari segenggam daun lemon balm yang segar. Mudah, bukan?

 

2. Ikan-Ikanan dan Biji-Bijian

We're talking about the real fish and seeds, by the way. Ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden, biji chia, biji rami, dan walnut, adalah beberapa sumber asam lemak Omega 3 yang sangat baik. Asupan Omega 3 dari makanan sangat diperlukan karena badan kita tidak dapat memproduksi jenis lemak tak jenuh ini.

Dalam Omega 3 ada Eicosapentaenoic acid (EPA) yang mampu meringankan gejala depresi. Jadi, banyak-banyak makan ikan dan biji-bijian ya, Sobat!

 

3. Ashwagandha

Ashwagandha dikenal juga sebagai ginseng India yang merupakan bagian dari pengobatan Ayurveda. Healthline menyebutkan bahwa ashwagandha mampu menurunkan kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Dalam riset yang dikutipnya, Healthline menyebutkan bahwa ashwaganda mampu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

 

4. Teh Hijau

Siapa suka teh hijau? Polifenol dalam teh hijau tak hanya menurunkan stres dan kecemasan, tapi juga mampu meningkatkan kadar serotonin – we also call it happy hormone. Selain polifenol, L-theanine dalam teh hijau juga berfungsi menenangkan pikiran.

Bersama kafein yang juga terdapat dalam teh hijau, L-theanine dapat membuat suasana hatimu menjadi lebih positif. Hal ini cukup istimewa karena konsumsi kafein yang berlebihan justru dapat membuatmu merasa cemas. Tapi bersama L-theanine, kadar kafein yang tepat dalam teh hijau justru memiliki efek yang sebaliknya.

 

5. Kava

Obat herbal ini cukup dikenal di Fiji, Papua Nugini, Selandia Baru, dan negara-negara Pasifik Selatan yang lain. Sebaliknya, negara-negara Eropa dan Kanada melarang konsumsi kava karena risiko kerusakan liver hingga kematian.

Meskipun demikian, Hello Sehat mengutip Canadian Medical Association Journal yang menyebutkan bahwa kava mampu mengurasi kecemasan, memperbaiki suasana hati, dan membuat lebih tenang. Pada jurnal Psychopharmacology juga disebutkan bahwa kava membantu mengendalikan Generalized Anxiety Disorder (GAD).

Karena hasil penelitian yang bertentangan tersebut, konsumsi kava masih belum dianjurkan – apalagi untuk jangka panjang. Secara tradisional, kava dikonsumsi dengan mengeringkan akar tanaman kava. Setelah kering, akar tersebut ditumbuk sampai menjadi serbuk, kemudian dibuat minuman.

 

Dari kelima jenis makanan dan minuman diatas, sepertinya yang paling aman dan mudah untuk dikonsumsi adalah ikan-ikanan dan biji-bijian ya, Sobat. Jadi, rajin-rajin makan ikan sedari sekarang agar tak mudah merasa cemas dan stres biarpun jadwal ujian dan deadline tugas sudah menanti.

And if you have been taking green tea drinks, carry on! Tapi bila masih memerlukan bantuan profesional untuk mengurai benang kusut kecemasanmu, gunakan saja fitur Konseling Aku Pintar pada ponselmu.

Lebih masukan Blog

Ikuti 4 Kriteria Ini Agar Manajemen Waktumu Tepat Sasaran

Pernahkah Sobat merasa diburu tugas yang seakan tak ada habisnya? Rasanya ada begitu banyak...

Kenapa Harus Bersikap Lebih Spontan? Ini 5 Alasannya

Do you call yourself a spontaneous person? Misalnya, "Eh, bakal seru nih kalau...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka