redesain-navbar Portlet

Blog

Belajar Bahasa, photo credit Plume Creative/Getty Images

Bahasa – Apa yang Sobat Pintar Ketahui Tentangnya?

Bahasa adalah bidang ilmu yang tak kalah penting dan rumit dibanding bidang ilmu lain.

Sobat Pintar ada yang ingin sekolah dikelas Bahasa? Atau mungkin kuliah dijurusan Bahasa? Atau barangkali, sekarang Sobat memang sedang berstatus sebagai pelajar dikelas Bahasa – mahasiswa dijurusan Bahasa?

Sebagai pilihan jurusan, tak jarang Bahasa dipandang sebelah mata. Padahal sebagai produk budaya, bahasa merupakan salah satu wujud peradaban manusia yang tertua – dan hingga kini adalah yang terbanyak. Mau tahu lebih banyak tentang bahasa? Ayo, cari tahu bersama Aku Pintar.

 

Peradaban Manusia dan Bahasa

Sebagai seorang pakar bahasa, filsuf, dan ilmuwan Amerika, Noam Chomsky dikenal sebagai bapak linguistik modern dikelas Bahasa. Menurut Chomsky, bahasa muncul pertama kali di Afrika pada 100.000-60.000 SM dan hingga kini diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahasa di dunia.

As you know it, today we have France, English, Spanish, Arabic, and all other languages around the globe. And it may stir your interest, which one is the oldest?

Masih dilansir dari Kokbisa.id, rekam jejak bahasa mulai ditemukan dalam budaya Sumeria dan Mesir sekitar 3.200 SM. Semakin mendekati keperadaban kita, peradaban berikutnya yang memiliki rekam bahasa adalah Tamil (2.500 SM), Sansekerta (2.000 SM), kemudian Yunani, dan yang terbaru pada masa kita adalah Cina.

Menurut teori Monogenesis, ragam bahasa kita saat ini berasal dari bahasa-bahasa peradaban tua tersebut. Lantas, bagaimana bahasa di Eropa bisa berbeda dari suatu bahasa di Asia, misalnya?

 

Lingkungan Geografis dan Bahasa

Coba Sobat bayangkan Bahasa Sunda dan Bahasa Madura – atau, Bahasa Minangkabau dan Bahasa Sumbawa. Tentu berbeda, bukan? Coba bandingkan letak geografisnya. Berbeda juga, kan?

Begitulah analoginya perbedaan bahasa yang terjadi di dunia. Setiap wilayah yang dihuni oleh sekelompok orang akan memiliki bahasa yang khas pada komunitas tersebut. Intonasi suara, bunyi, bahkan kosakata dipengaruhi oleh kondisi fisik hingga temperatur alam sekitar.

Kembali pada contoh bahasa daerah, Sobat Pintar bisa membayangkan perbedaan bahasa Minangkabau yang wilayahnya cenderung bergunung-gunung dibanding dengan bahasa Madura yang didominasi area pantai? Begitulah kira-kira analoginya kenapa Bahasa Jerman berbeda dari Bahasa Jepang.

Sebaliknya, kedekatan wilayah juga mempengaruhi kemiripan bahasa, Sobat. Misalnya, Bahasa Indonesia punya banyak kemiripan dengan Bahasa Melayu di Malaysia.

 

Ragam Bahasa, Beragam Faktor

Tak cukup pada keadaan geografi, ragam bahasa juga dipengaruhi oleh makanan dan makhluk hidup sekitar – begitulah menurut teori Kandelabra. As a part of our civilization, language is indeed intertwined with other aspects of our life. And the understanding brings us to the conclusion that the birth and development of a language are complicated.

Bagaimanapun, kita belum bisa benar-benar tahu dengan pasti tentang kapan dan bagaimana suatu bahasa ada dan digunakan. Masih banyak yang perlu kita pelajari lagi tentang bahasa – lebih dari sekedar tata bahasanya. Jadi, masih beranggapan bahasa itu lebih sederhana daripada ilmu-ilmu lain?

Lebih masukan Blog

Bahasa Daerah: Riwayatnya Kini

We can't deny the necessity of English in our life today as the world has been...

Calon Pilot! Sudah Tahu Ini?

Pernahkah Sobat Pintar berpikir betapa hidup kita dipengaruhi oleh sesuatu yang jauh ada di...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line