CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Belajar Pengertian Simple Present Tense, Rumus, Fungsi dan Contoh-Contoh Kalimatnya.

Pola Kalimat Simple Present tense dibagi menjadi dua: Verbal dan Nominal.

Photo by Artem Beliakin from Pexels

Eyo Sobat!
Sobat pernah ngga sih merasa bingung kalo ditanyain gini:

“Eh simple present tense itu yang ada s/es nya nggasih?”

 “Eh simple present pake to be is, am, are ngga sih?”

“Eh simple present pake verb berapa?”

Nah, kira-kira kenapa ya kok bisa kebingungan pas ditanya masalah materi tenses, terutama present tense? Iyap, hal ini terjadi karena sobat jarang untuk mengerjakan latihan soal dan mengaplikasikan penggunaan tenses tersebut. Makanya sobat, yuk kita sama-sama belajar mengenai pengertian, rumus, fungsi dan contoh kalimat dari present tense dibawah ini, okeee…

Pengertian Simple Present Tense 

Sobat Pintar!
Simple present tense merupakan tenses yang digunakan untuk membicarakan sesuatu yang umum, atau bisa juga digunakan untuk sesuatu yang selalu terjadi berulang-ulang, atau suatu kebenaran umum. Simple present tense adalah tenses yang paling sering digunakan sehari-hari. Biasanya ditandai dengan keterangan selalu, (always), biasanya (usually), sering (often), kadang-kadang (sometimes), setiap hari (every day) dan lain sebagainya.

Untuk mengenali bahwa sebuah kalimat merupakan simple present tense, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah kalimat tersebut menggunakan kata kerja bentuk dasar (Verb 1). Selanjutnya sobat, Simple present tense terbagi menjadi dua pola kalimat loh, yaitu verbal simple present dan nominal simple present tense. Eitsss.. sobat harus hati-hati ya dalam menganalisis pola kalimat verbal dan nominal, jangan sampai salah. Untuk pembahasan lebih lanjut kita simak yuk rumus dari simple present tense.

Rumus Simple Present Tense


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Rumus untuk membentuk kalimat Present tense ini sesuai dengan pola kalimatnya sobat. Jika pola kalimat adalah verbal maka biasanya sobat diharuskan menggunakan kata kerja bentuk dasar atau Verb 1. Kecuali untuk kata ganti orang ketiga (She,he,it) menggunakan Verb 1 + s/es. Sedangkan, rumus untuk kalimat nominal, sobat harus menambahkan tobe (is, am, are) setelah subjek. Untuk penjelasan lebih rinci, sobat bisa perhatikan gambar di bawah ini.


Photo By Aku Pintar

Contoh-contoh kalimat Verbal dan Nominal Present Tense

Contoh kalimat Verbal:
I turn on the air conditioner
She breaks his heart
Do you bring a dictionary?
Linda speaks English very well
Does the President of the Unites States of America live in White House?

Contoh kalimat Nominal:
Snake is not mammal
She is at her office
You are crazy
I am usually at home on Saturday and Sunday
He is a new professor in the campus

kalimat present tense verbal nominal present tense fungsi present tense
 

Fungsi Simple Present Tense


Penulisan simple present tense dalam bentuk kalimat memiliki beberapa fungsinya, diantaranya adalah:

Express Emotions/Feelings
Fungsi pertama dari simple present tense adalah untuk mengungkapkan ekspresi atau perasaan. Oleh sebab itu, ketika ingin mengungkapkan ekspresi dan perasaan melalui kalimat, maka bisa menggunakan kalimat simple present tense. (Ex: I hate you)

Instruction/Command
Yang ke dua, kalimat simple present tense berfungsi juga untuk menyatakan perintah atau instruksi, sehingga kita sering melihat sebuah perintah atau instruksi dengan menggunakan kalimat simple present tense. (Ex: Put the glass on the table)

The Scheduled Event
Yang ke tiga, fungsi kalimat simple present tense adalah untuk menyatakan suatu acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (Ex: He celebrate a birthday party)

Okedeh, segitu dulu ya informasi yang bisa aku share ke Sobat Pintar mengenai materi Simple Present Tense. Untuk latihan soal maupun pembahasan materi-materi Bahasa Inggris yang lain, Sobat bisa banget tuh Download aplikasi aku pintar dan cobain fitur-fitur pembelajaran yang ada di Aplikasi Aku Pintar.
​​​​​​​
Bye byee… Sobat Pintar

kalimat simple present fungsi simple present tense rumus simple present tense
 

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog