APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Besok Banget! Kepoin A-Z tentang MPLS SMA

Siapkan diri mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Photo by Ed Us on Unsplash

Apa itu MPLS SMA? Apakah MPLS di SMA bakalan sama seperti MPLS yang sudah pernah kamu ikuti sebelumnya di SMP, misalnya, Sobat Pintar? Kamu sudah tau belum sih, berapa lama MPLS SMA? Terus, apa saja yang dilakukan ketika MPLS SMA? Sebelum hari H tiba, yuk, kepoin semua tentang kegiatan MPLS di sekolah barumu!

 

Apa Itu MPLS SMA?

baju yang dipakai saat MPLS
Photo by alam kusuma on Unsplash

Sebelum terlanjur jauh, kita pahami dahulu apa itu MPLS SMA. MPLS sendiri merupakan kependekan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, sebuah kegiatan rutin sekolah setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selesai. MPLS adalah sebagai periode ketika kamu diperkenalkan dengan lingkungan sekolah yang baru, SMA-mu sekarang, Sobat. Kegiatan ini dahulu dikenal dengan dengan Masa Orientasi Siswa (MOS), jadi jangan heran kalau Mama atau Kakak bilangnya MOS.

 

Apa Tujuan MPLS di SMA?

apa itu MPLS SMA
Photo by Ed Us on Unsplash

Kenapa sih, kamu mesti mengikuti MPLS? Dari pengertian di atas, kita memahami bahwa tujuan MPLS adalah untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah baru. MPLS dirancang agar dapat membantumu beradaptasi dengan lingkungan baru, memahami kebijakan dan prosedur sekolah, mengenal fasilitas-fasilitas yang tersedia, dan membangun hubungan sosial dengan teman dan warga sekolah lainnya seperti Bapak/Ibu Guru dan staf. Dengan mengikuti MPLS, kamu bakal merasa nyaman dan bisa relate dengan lingkungan baru.

Di situlah sebenarnya letak perbedaan antara MPLS dan MOS, Sobat Pintar. MOS cenderung lebih identik digunakan sebagai ajang kakak-kakak kelas senior untuk unjuk gigi dan mengerjai adik-adik kelas yang baru. Sebaliknya, MPLS cenderung lebih bersifat informatif dan suportif, sehingga kamu punya bekal buat menjalani pendidikan di sekolah sampai lulus. Oleh sebab itu, kegiatan MPLS semestinya bebas dari perpeloncoan dan penganiayaan.

 

Apa Saja Kegiatan MPLS?

masa pengenalan lingkungan sekolah
Photo by Ed Us on Unsplash

Kalau begitu, kamu bakal ngapain aja selama MPLS berlangsung di SMA barumu nanti? Seluruh kegiatan MPLS berada dalam kerangka topik yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Di Jawa Timur, misalnya, topik kegiatan MPLS adalah Mengembangkan Potensi Karakter Siswa untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Secara umum ada dua kegiatan MPLS, yakni wajib dan pilihan. Beberapa contoh kegiatan wajib antara lain pengenalan budaya dan tata tertib sekolah, warga sekolah, cara belajar dan tata tertib sekolah, fasilitas sarana dan prasarana sekolah, stakeholders sekolah, kurikulum sekolah, jenis ekstrakurikuler, dan lain-lain. Sementara itu, kegiatan MPLS yang bersifat pilihan merupakan kegiatan alternatif yang dikembangkan oleh sekolah masing-masing, seperti:

- Konseling karier dan profesi

- Pengenalan tata cara dan budaya sekolah, seperti etika makan, penggunaan fasilitas toilet, berpakaian/sepatu, dll.

- Informasi fasilitas umum di sekitar sekolah

- Simulasi mitigasi bencana

- Informasi daerah rawan di sekitar sekolah

- Pengenalan metode pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

- Pengenalan tema-tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

- Atraksi kelas, seperti lomba bidang kesenian, olahraga, dll.

Sebelum menjadi siswa SMA, kamu sudah pernah mendengar tentang Kurikulum Merdeka, kan? Nah, bakal gimana nih, MPLS SMA Kurikulum Merdeka?

Seperti pada contoh kegiatan pilihan di atas, MPLS SMA Kurikulum Merdeka fokus pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan begitu, materi kegiatan MPLS akan dikembangkan dari keenam Profil Pelajar Pancasila yang meliputi:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

3. Bergotong royong

4. Kreatif

5. Bernalar kritis

6. Mandiri.

Beberapa contoh materi kegiatan MPLS yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila di atas antara lain potensi krisis lingkungan dan mitigasinya, eksplorasi budaya dan kearifan lokal, telaah berbagai stereotipe negatif dan dampaknya, wellbeing dan bullying, dan masih banyak lagi. Tentu saja, semua materi itu bakal menyesuaikan dengan sekolah masing-masing.

 

Apa Saja Peralatan yang Dibawa saat MPLS?

mpls sma kurikulum merdeka
Photo by fajar herlambang on Unsplash

Dari berbagai macam kegiatan di atas, kamu sudah punya bayangan apa saja yang perlu disiapkan saat MPLS SMA nanti, Sobat Pintar? Di Jawa Timur, misalnya, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dijadwalkan berlangsung mulai 17 sampai 20 Juli 2023. Pada umumnya MPLS SMA memang berlangsung selama tiga hari.

Bakal pakai baju apa nih, seragam SMP atau seragam SMA, selama tiga hari itu? Terkait dengan baju yang dipakai saat MPLS, kamu harus mengikuti ketentuan dari sekolahmu masing-masing, Sobat. Ada kemungkinan baju yang dipakai saat MPLS adalah seragam SMP/MTs dengan atribut lengkap – semoga baju seragammu belum dihibahkan, ya!

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, tugas kegiatan MPLS harus relevan dan bersifat edukatif. Oleh sebab itu, semestinya kamu enggak perlu memusingkan peralatan yang dibawa saat MPLS. Barang-bang untuk MPLS SMA seharusnya terkait dengan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan di atas – enggak ada tas karung, kaos kaki warna-warni, dan atribut lain yang tidak relevan.

Nah, sekarang kamu siap mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Sobat Pintar? Jangan keburu mikir horor tentang hari pertama masuk sekolah baru, ya! Kamu masuk SMA cuma sekali seumur hidup, kok – so, have fun!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog