CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengerjakan Tugas Sekolah/PR Lebih Menyenangkan: Ikuti 3 Trik Ini

Dengan beberapa trik mudah, mengerjakan tugas sekolah takkan terasa menyebalkan lagi.

mengerjakan pr, Photo by Marga Santoso on Unsplash

Jujur deh, kalau ingat tugas sekolah kamu jadi bersemangat ngerjain atau malah pura-pura lupa? Udah, dijawab dalam hati saja, Sobat. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah memang bukan kegiatan yang asyik banget. When it comes to school assignment, however, the only option we have is to get it done.

Terus, bagaimana caranya biar tugas atau PR sekolah selesai, tapi kita juga enggak ogah-ogahan mengerjakannya? Nah, begini cara mengerjakan PR dengan cepat, Sobat Pintar.

 

1. Tempat Khusus buat Belajar dan Mengerjakan Tugas

mengerjakan tugas
Photo by Jexo on Unsplash

Apakah kamu harus punya ruangan dan meja khusus untuk belajar? Kalau Sobat Pintar sudah memilikinya, jangan lupa bersyukur, ya. Tapi kalau tak punya, enggak apa-apa, kok. Yang penting, kamu punya tempat tertentu yang memang itu kamu sediakan buat belajar dan mengerjakan tugas. Mungkin tempat itu sebenarnya meja teras, meja makan, meja dapur, atau yang lainnya. It's okay. Bagus dong, kalau satu furnitur bisa multifungsi kayak gitu.

Kenapa kamu harus punya tempat khusus seperti itu? Sebabnya, otak kita terlatih untuk mengasosiasikan antara tempat tersebut dengan kegiatan belajar atau mengerjakan PR. Dengan begitu, kita tak butuh waktu lama untuk segera fokus dan menyelesaikan tugas tanpa mudah terdistraksi. Cara ini juga dapat meningkatkan efisiensi waktumu, Sobat Pintar. Kalau tugas sekolah bisa selesai dalam 30 menit, kenapa harus molor sampai satu jam, misalnya?

 

2. Punya Jadwal Bikin Tugas Sekolah

aplikasi mengerjakan pr
Photo by Eden Constantino on Unsplash

Ugh! Jadwal nugas? Eits, tunggu dulu, Sobat. Jangan keburu melihat jadwal mengerjakan pekerjaan rumah atau PR itu menyebalkan. Kamu cukup menyediakan waktu khusus berapa kali dalam seminggu untuk mengerjakan PR. Misalnya, setiap Selasa, Kamis, dan Jumat sore setelah mandi. Jadwal seperti ini bertujuan memberimu perkiraan kapan waktu yang harus kamu sisihkan khusus untuk mengerjakan PR. Dengan begitu, kegiatanmu yang lain dapat tetap dilakukan tanpa mengesampingkan tugas sekolah.

Jadwal nugas juga berfungsi untuk mengatur mana PR sekolah yang harus dikerjakan terlebih dulu. Kamu bisa menyusun daftar tugas sekolah yang harus dikerjakan sesuai urutan batas waktu dan urgensinya. Kita bisa membuat klasifikasi tugas sekolah dengan, misalnya, kode A untuk daftar tugas sekolah dengan prioritas tinggi, B untuk sedang, dan C untuk prioritas rendah.

Bagaimana cara mengklasifikasikannya? Misalnya, esai lima halaman pelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikumpulkan satu minggu lagi dan sama sekali belum dimulai berkode A. Kamu butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas sekolah seperti ini. Sedangkan PR Matematika lima soal yang akan dikumpulan dua hari lagi bisa diberi kode B atau C karena kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat dengan bantuan aplikasi mengerjakan PR seperti Aku Pintar. Ini sekadar contoh ya, Sobat Pintar. Setiap kita tentu punya kriteria urgensi masing-masing, which is okay.

 

3. Mengerjakan Tugas dan Belajar bareng Teman

tugas sekolah
Photo by Chris Montgomery on Unsplash

Gimana, gimana? Belajar bareng teman? Apa kita sudah boleh belajar bersama kayak dulu sebelum pandemi Covid-19?

Eits, siapa bilang belajar bersama berarti kudu beramai-ramai dan membuat kerumunan dalam ruangan? Konsep belajar bersama hari gini enggak begitu, Sobat Pintar. Karena lifestyle kita sekarang sudah tak dibatasi lagi dengan ruang dan jarak, kita bisa belajar bersama tanpa harus berada dalam satu ruangan.

Kok bisa? Bisa, dong. Kan sekarang sudah ada Ruang Pintar, sebuah ruang virtual yang membuat kita merasa belajar dan ngerjakan PR bareng teman. Di Ruang Pintar bakalan ada Sobat-Sobat Pintar lain se-Indonesia yang juga belajar dan mengerjakan PR di waktu yang sama denganmu. Kalian emang enggak bisa chat dan ngobrol langsung (gawat dong, kalau keterusan say hi, kenalan, ngobrol, malah enggak belajar), tetapi status cam on bakal seketika membuatmu merasa belajar bareng teman.

Belajar dan mengerjakan tugas di Ruang Pintar itu mirip banget sama situasi belajar di perpustakaan, Sobat. Kalian sama-sama membaca buku masing-masing dalam satu ruangan yang hening. Menurut sebuah artikel tentang eksperimental psikologi sosial di ScienceDirect, mimikri pada manusia sering terjadi tanpa disadari. Jadi, ketika melihat Sobat Pintar lain yang sedang belajar di Ruang Pintar, kita pun akan tergerak untuk melakukan hal yang sama.

Lagipula, Ruang Pintar dapat digunakan secara gratis. Kamu cukup daftar dan pilih jadwal yang akan diikuti. Kemudian, tunggu email untuk mendapatkan link guna memasuki Ruang Pintar. There you go, kamu bakal mengerjakan tugas sekolah bersama teman-teman se-Indonesia. Kalau sudah begitu, PR dan tugas sekolah kita bakalan cepat selesai, kan?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog