CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Biaya Ujian Mandiri 2022 di 4 Kampus Negeri

Beda kampus, beda pula biaya pendaftaran Seleksi Mandirinya.

biaya ujian mandiri, Photo by Tezos on Unsplash

Biaya ujian Mandiri di setiap kampus negeri itu berbeda-beda, Sobat Pintar. Karena Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh tiap-tiap kampus secara individual, tak heran bila biaya pendaftaran ujian Mandiri tak sama antara satu kampus dengan kampus lainnya. Nah, untuk mengikuti Jalur Mandiri bayar berapa, sih? Ini dia, daftar biaya pendaftaran Jalur Mandiri di berbagai perguruan tinggi negeri saat ini.

kapan jalur mandiri 2022 dibuka
Photo by Iryna Tysiak on Unsplash

1. Universitas Indonesia

Pendaftaran biaya Jalur Mandiri UI tergantung dari program yang kamu pilih dan berapa banyak pilihan prodi yang kamu ambil, Sobat. Berikut perincian biaya ujian mandiri di Universitas Indonesia.

S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi

Ada beberapa skema biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UI pada Program S1 Reguler, S1Paralel, dan Vokasi (D3 dan D4), Sobat Pintar. Pada dasarnya, biaya pendaftaran ujian Mandiri UI adalah sebesar Rp500.000,00. Kamu bisa memilih dua prodi, yang keduanya sama-sama di kelompok ujian IPA atau IPS.

Bagaimana kalau kamu memilih satu prodi saja? Tetap sama, Sobat. biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UI yang harus kamu bayar adalah sebesar Rp500.000,00.

Beda lagi jika kamu mengikuti kelompok ujian Campuran (IPC). Biaya pendaftaran IPC adalah sebesar Rp600.000,00 untuk tiga pilihan prodi. Kamu bebas memilih berapa prodi IPA dan berapa prodi IPS.

Bagaimana kalau anak IPC memilih dua prodi saja? Sama seperti sebelumnya, biaya pendaftaran ujian Mandiri UI untuk IPC tetap Rp600.000,00 meskipun kamu memilih dua prodi.

Jumlah pilihan prodi di atas belum final, Sobat. Kamu masih bisa menambah pilihan prodi dengan tambahan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00 untuk satu prodi.

Akan tetapi, ada pembatasan jumlah maksimal prodi per programnya nih, Sobat. Kamu bisa menambah pilihan prodi dari Program S1 Reguler sampai tiga pilihan lagi, dari Program S1 Paralel sampai tiga pilihan prodi juga, sedangkan dari Program Vokasi maksimal dua pilihan prodi D3 dan dua lagi prodi D4. Jalur Mandiri PTN 2022 ini terbilang paling banyak membuka pilihan prodi karena kamu bisa memilih sampai enam prodi dari semua program tersebut.

S1 Kelas Internasional

Beda cerita kalau kamu mendaftar Seleksi Mandiri UI untuk Program Kelas Internasional. Di program ini, kamu dapat memilih satu saja prodi. Biaya pendaftaran Kelas Internasional Mandiri UI adalah sebesar Rp1.500.000,00.

biaya jalur mandiri 2022 kampus negeri
Photo by Cynthia del Rio on Unsplash

2. Institut Teknologi Bandung

Biaya jalur Mandiri di ITB beda lagi, Sobat. Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB adalah sebesar Rp500.000,00 untuk semua peserta, termasuk peserta yang mengikuti ujian menggambar FSRD. Bahkan peserta dengan KIP Kuliah dan yang berasal dari wilayah 3T dibebaskan sepenuhnya dari biaya pendaftaran.

Untuk biaya pendaftaran tersebut, berapa prodi yang dapat kamu pilih di Seleksi Mandiri ITB? Jika mengikuti ujian mandiri ITB, kamu dapat memilih maksimal tiga pilihan fakultas/sekolah/prodi.

biaya jalur mandiri ptn 2022
Photo by rupixen.com on Unsplash

3. Institut Pertanian Bogor

Kamu bisa masuk IPB di Jalur Mandiri dengan dua pilihan, Sobat Pintar. Pertama, kamu mengikuti ujian tulis online. Pilihan Kedua, kamu menggunakan skor UTBK. Nah, berapa biaya pendaftaran IPB pada kedua jalur tersebut?

Jalur Ujian Tulis Online

Ujian Mandiri IPB ini hanya dapat diikuti oleh lulusan SMA, MA IPA, dan SMK dari Jurusan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, Perkebunan, Kimia, Boga/Gizi, Informatika, Farmasi, Grafika, Pengolahan Hasil, TKJ, RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), Mesin, dan Elektro. Biaya pendaftaran ujian Mandiri adalah sebesar Rp500.000,00.

Jalur skor UTBK

Tidak ada ketentuan asal sekolah bagi peserta Seleksi Mandiri IPB yang menggunakan skor UTBK. Satu-satunya ketentuan adalah memiliki nilai atau skor UTBK Saintek 2022. Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri IPB dengan skor UTBK adalah sebesar Rp300.000,00.

biaya pendaftaran jalur ujian seleksi mandiri
Photo by Rainier Ridao on Unsplash

4. Universitas Diponegoro

Meskipun disebut sebagai Ujian Mandiri, proses seleksi masuk Undip di jalur ini tidak hanya membutuhkan nilai ujian. Disamping mengikuti ujian Tes Potensi Skolastik secara online, kamu juga wajib menyertakan portofolio. Biaya pendaftaran Ujian Mandiri Undip ada dua, yakni Rp350.000,00 untuk kelompok ujian Saintek/Soshum dan Rp500.000,00 untuk kelompok ujian Campuran.

Bagaimana dengan calon mahasiswa dengan KIP Kuliah? Peserta KIP Kuliah tetap diharuskan membayar biaya pendaftaran di atas.

 

Kapan Jalur Mandiri 2022 dibuka? Masa pendaftaran Seleksi Mandiri di sebagian kampus negeri saat ini sudah ditutup. Di Undip, misalnya, pendaftaran online ditutup tanggal 27 Juni 2022. Beberapa kampus yang lain mungkin masih membuka, atau memperpanjang masa pendaftaran. Kamu bisa langsung memeriksa ke web kampus incaranmu, Sobat Pintar. Siapa tahu, jadwal pendaftaran Seleksi Mandirinya diperpanjang, seperti Undip.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog