CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Lolos Utul UGM (Universitas Gadjah Mada) 2022

CBT-UM atau Utul UGM tengah berlangsung, ketahui apa saja yang harus disiapkan.

tips lolos utul ugm, Photo by Mira Kireeva on Unsplash

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (Utul UGM) saat ini sedang berlangsung. Sobat Pintar tentu sudah tahu, ujian Mandiri UGM dikenal dengan Utul. Utul adalah singkatan dari Ujian Tulis. Namun sekarang kita tidak menggunakan kertas dan pensil lagi saat ujian, melainkan komputer. Itulah sebabnya Utul UGM secara resmi disebut sebagai CBT, kependekan dari Computer Based Test.

Walau begitu, Utul tetap lebih dikenal sebagai ujian jalur Seleksi Mandiri masuk UGM. Asal kamu tahu, ada empat jalur pendaftaran UGM, yakni SNMPTN, SBMPTN, Jalur Prestasi, dan CBT-UM (Ujian Masuk). Nah, CBT-UM inilah yang dimaksud dengan Utul, Sobat.

 

Persyaratan Utul UGM 2022

tips belajar jitu lolos utul UGM
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Persyaratan Utul UGM 2022 yang paling utama adalah peserta harus lulusan SMA/sederajat tahun 2022, 2021, dan 2020. Peserta dapat mengikuti satu saja kelompok ujian, yaitu Saintek, Soshum, atau Campuran. Persyaratan Utul UGM 2022 lain yang tak kalah penting adalah peserta wajib memiliki nilai UTBK 2022.

 

Tips Belajar Jitu Lolos Utul UGM

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM)
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Karena diwajibkan memiliki nilai UTBK, peserta Utul UGM tentu telah belajar sejak jauh hari – walaupun untuk persiapan UTBK. Tak apa, Sobat. Jika kamu termasuk pula yang melakukannya, hal itu sepenuhnya dapat dipahami. Melihat ke belakang, kamu yang belajar Utul UGM semestinya telah melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Mengikuti Try Out

Ada beragam manfaat mengikuti Try Out, salah satunya adalah menyiapkanmu untuk hari H ujian. Baik materi maupun mental, keduanya sama-sama penting saat kita mengikuti ujian. Meskipun yang kamu ikuti kemarin adalah TO UTBK, misalnya, tak dipungkiri bahwa feel mengikuti ujiannya masih tetep dapet. Setelah UTBK, masih dibutuhkan keteguhan mental yang sama untuk lulus Utul UGM 2022, Sobat!

2. Banyak-banyak berlatih soal

Sudah mengikuti Try Out, masih perlu berlatih soal sendiri? Iya dong, Sobat. Berlatih soal bisa menjadi pemantapan materi untuk Utul. Lagipula, ada beragam jenis soal yang tak bisa dipastikan manakah yang akan keluar di Utul nanti. Jadi, jangan anggap enteng tips lolos Utul UGM yang satu ini, ya.

3. Tahu kekuatan dan kelemahanmu

Sering berlatih soal juga dapat membantumu memahami manakah jenis soal yang kamu kuasai dan mana yang tidak. Alih-alih menghabiskan waktu ujian untuk mengerjakan soal yang kurang dikuasai, bukankah lebih baik jika kamu memaksimalkan perolehan nilai dari jenis soal yang dapat kamu kuasai dengan baik?

Sistem penilaian Utul UGM 2022 memang menjadi kewenangan pihak kampus sepenuhnya, entah akan tetap menerapkan +4 untuk jawaban benar dan -1 untuk jawaban salah, atau tidak. Yang pasti, bagi kita sebagai peserta ujian, tak ada salahnya untuk tetap bersikap hati-hati kan, Sobat?

 

Masuk UGM di Jalur Mandiri

sistem penilaian utul ugm 2022
Photo by David Iskander on Unsplash

Setelah menerapkan tips belajar jitu lolos Utul UGM di atas, jangan lupa bahwa hari H ujiannya adalah penentu apakah kamu bakal sukses masuk UGM melalui Seleksi Mandiri. Justru di hari ujian inilah ada hal-hal penting yang tak boleh kamu abaikan. Nah, apa saja tips masuk UGM yang wajib kamu terapkan selama mengikuti ujian masuk UGM?

- Turun dari kendaraan di area drop zone

- Mengikuti pengukuran suhu oleh petugas

- Membawa ijazah (asli atau fotokopi berlegalisir) atau SKL (asli)

- Membawa kartu ujian CBT-UM UGM 2022

- Membawa kartu identitas (KTP/KK)

- Menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi atau membawa kartu vaksin

- Apabila belum divaksin Covid-19, tunjukkan hasil negatif (rapid tes antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam).

Sekali lagi, Utul adalah salah satu cara masuk Universitas Gadjah Mada – bahkan cara terakhir masuk UGM di tahun ini. SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Prestasi sudah berlalu, kini tersisa Utul sebagai satu-satunya cara masuk UGM yang terakhir untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan.

Di tahun 2022 ini, Utul UGM diselenggarakan di dua tempat, yakni Yogyakarta dan Jakarta. Di Yogyakarta, Utul UGM berlangsung sejak tanggal 25 Juni sampai 4 Juli 2022. Sedangkan di Jakarta, ujian dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2022. Semoga Sobat Pintar lulus Utul UGM 2022 dan mendapatkan hasil yang memuaskan saat pengumuman tanggal 13 Juli 2022 nanti.

 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog