CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Harus Ikut Try Out (TO) UTBK atau Enggak, Sih?

Mengikuti dan memilih try out UTBK menjadi rutinitas calon mahasiswa yang ingin masuk PTN.

tryout utbk, Photo by Aron Visuals on Unsplash

Semakin banyak TryOut UTBK yang ditawarkan di sekitar kita seiring dengan semakin dekatnya jadwal ujian. Suka bingung ga sih, mesti pilih TryOut UTBK yang mana?

Kalau kamu sudah tahu pentingnya mengikuti latihan TryOut UTBK, memilih TryOut UTBK atau TryOut SBMPTN yang paling pas memang menjadi pertanyaan tersendiri. Akan tetapi, buat kalian yang masih sangsi mengikuti try out menjelang UTBK untuk apa, sini merapat. Ada sederet manfaat mengikuti try out yang terlalu sayang untuk ditinggalkan (bukan ditinggalkan karena terlalu sayang...).

 

Manfaat Mengikuti TryOut UTBK

tujuan try out
Photo by Samia Liamani on Unsplash

Ada sebagian orang yang harus tahu dulu apa manfaat dari sesuatu yang akan dilakukannya, termasuk mengikuti TryOut UTBK. Kalau pun kamu lebih santuy, hayuk ajah sewaktu diajakin temen-temenmu, tak ada salahnya mengetahui manfaat atau keuntungan mengikuti TryOut UTBK atau TryOut SBMPTN berikut ini.

1. Mengukur Kesiapanmu Menghadapi UTBK

To be honest, pelajaran di sekolah tidak sepenuhnya menyiapkan kita untuk menjawab soal-soal UTBK dengan benar dan tepat. Sebagian besar materi UTBK harus kita siapkan sendiri. Lah, terus tahu dari mana persiapan kita selama ini sudah cukup atau belum? Iya betul, Sobat. Kita bisa mengetahui kesiapan kita untuk mengikuti UTBK melalui TryOut UTBK.

Dari pengertiannya sendiri, try out adalah uji coba yang dilakukan sebelum ujian yang sesungguhnya. Jika selama uji coba kamu berhasil, besar kemungkinan kamu juga akan berhasil di ujian yang sesungguhnya nanti. Salah satu indikator kesiapan dan keberhasilanmu di TryOut UTBK dapat dilihat dari skor yang kamu hasilkan.

2. Melatih Kemampuanmu Mengerjakan Soal-Soal UTBK

They say, practice makes perfect. Tak perlu berkecil hati bila skor TryOut UTBK masih jauh dari memuaskan. Justru itu artinya kamu tahu apa yang harus dilakukan dalam pekan-pekan ke depan hingga pekan UTBK tiba.

Masih ada waktu untuk mendalami kembali materi UTBK yang belum kamu kuasai, Sobat Pintar. Pelajari pembahasan soal-soal UTBK, terutama pada soal-soal dengan jawaban yang salah. Penting banget kamu bisa memetakan apa saja materi yang sudah kamu kuasai dan yang belum, kemudian lihat perkembangannya pada try out berikutnya. Lagipula, bukankah tujuan try out ialah melatih kemampuanmu sekaligus menemukan strategi mengerjakan soal yang paling tepat buatmu?

3. Membiasakan Diri dengan Situasi Ujian

Pernahkah kamu berada di sebuah situasi, kemudian tiba-tiba perutmu terasa seperti diremas-remas, telapak tanganmu terasa dingin dan berkeringat, jantungmu pun berdegub begitu kencang sampai kamu takut orang lain dapat mendengarnya? Respons fisik atas kecemasan atau stres psikis itu benar adanya, Sobat Pintar. Bila kamu merasakannya saat menghadapi ujian seperti UTBK, itu hal yang wajar. Nah, tujuan try out yaitu juga melatihmu agar stres itu terkikis.

Harapannya, semakin sering kamu mengikuti TryOut UTBK 2022, semakin berkurang rasa cemas yang kamu rasakan setiap kali menghadapi ujian. Dengan begitu, kamu bisa fokus lebih baik untuk mengerjakan soal ketimbang sibuk menenangkan diri ketika UTBK berlangsung, Sobat Pintar.

 

TryOut Online untuk Persiapan UTBK

tujuan try out
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Oke, kamu sudah tahu betapa pentingnya mengikuti tryout PTN, atau lebih tepatnya try out untuk masuk PTN melalui SBMPTN. Perlu diingat, mayoritas siswa masih berminat mengikuti SBMPTN hingga saat ini. Bagaimanapun juga, keuntungan SBMPTN itu sulit untuk ditepis. Bukankah kamu tak harus punya nilai rapor yang bagus seperti di SNMPTN? Kamu juga tak harus membayar uang gedung seperti calon mahasiswa yang masuk PTN di Jalur Mandiri. Udah gitu, daya tampung SBMPTN rata-rata lebih besar ketimbang dua jalur masuk yang lain.

Itulah sebabnya, kalian calon peserta SBMPTN harus serius menyiapkan diri menghadapi UTBK. Enggak perlu dibahas lagi dong, UTBK untuk apa. Betul sekali, Sobat. UTBK adalah ujian yang menentukan apakah kamu dapat masuk PTN melalui jalur SBMPTN atau tidak.

Lantaran SBMPTN menjadi jalur favorit untuk masuk PTN, kebayang dong ada berapa banyak calon mahasiswa yang berjuang di UBTK? Ratusan! Ehm... ratusan ribu, lebih tepatnya. Lantas, di manakah posisimu di antara ratusan ribu calon mahasiswa itu, Sobat Pintar?

©Aku Pintar

Yuk, ikutan TryOut UTBK 2022 untuk mengetahuinya. TryOut online ini dapat diikuti oleh siswa kelas X, XI, XII, hingga alumni. Soal-soalnya disusun menggunakan standar UTBK 2022 dengan sistem penilaian IRT. TryOut UTBK 2022 melalui aplikasi Aku Pintar akan dilaksanakan serentak pada tanggal 21 – 22 Januari 2022.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog