redesain-navbar Portlet

Blog

Bukan Hanya PTN dalam Daftar QS World University Rankings, photo via wonkhe.com

Bukan Hanya PTN dalam Daftar QS World University Rankings 2020

Sembilan PTN-PTS di Indonesia memiliki kualitas internasional.

Meskipun kuliah masih satu atau dua tahun lagi, tak ada salahnya mengenal dunia perguruan tinggi sejak sekarang. Apalagi, bila Sobat ingin kuliah di kampus dengan kualitas yang tak sembarangan.

QS World University Rankings, salah satu acuan Kemenristekdikti dalam menilai kualitas pendidikan tinggi, bisa menjadi rujukan dalam mencari kampus terbaik di Indonesia. Salah satu alasannya, QS World University Rankings senantiasa memperbarui pemeringkatan universitas-universitas di dunia secara teratur.

Dan untuk tahun 2020, berikut ini adalah sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan QS World University Rankings. Are you ready to take a note, Sobat?

 

1. Universitas Indonesia (peringkat ke-296 dunia)

Tak ada yang asing dengan Universitas Indonesia, bukan? PTN ini didirikan pada tahun 1849 sebagai Dokter-Djawa School Batavia. Pada tahun 1954, barulah nama Universitas Indonesia mulai digunakan hingga sekarang. Kampus UI berada di Depok, Salemba, dan Cikini.

 

2. Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-320 dunia)

Universitas Gajadh Mada berdiri pada tahun 1049 dengan lokasi kampus di Sleman, Yogyakarta. Saat ini, UGM menaungi 18 fakultas dan 265 jurusan atau program studi. Dalam kurun waktu 2014 hingga 2018, UGM telah melakukan 10.985 penelitian dan menghasilkan 22.050 publikasi.

 

3. Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-331 dunia)

Tak hanya dikenal sebagai Kampus Ganesha disebabkan oleh maskot dan lambangnya, namun ITB juga dikenal dengan julukannya sebagai Kampus Cap Gajah. PTN ini terdiri dari tujuh fakultas dan lima sekolah dengan jumlah kampus yang terus bertambah dan tersebar di beberapa lokasi.

 

4. Instutut Pertanian Bogor (peringkat ke-601-650 dunia)

Secara resmi, IPB berdiri pada tahun 1963. Akan tetapi, PTN yang berlokasi di Bogor ini sebenarnya memiliki sejarah panjang sejak sebelum PD II. Saat ini, IPB menaungi sembilan fakultas dan 40 jurusan atau program studi. Tingkat penerimaan mahasiswa IPB secara umum sangat ketat, yaitu mencapai 4%.

 

5. Universitas Airlangga (peringkat ke-651-700 dunia)

Kampus yang berlokasi di Surabaya ini memiliki afiliasi dengan Rumah Sakit Dokter Soetomo dan ASEAN University Network. Unair pun merupakan salah satu PTN di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Salah satu contohnya, pada awal berdirinya Unair memiliki lima fakultas saja, namun kini telah berkembang menjadi 14.

 

6. Universitas Padjadjaran (peringkat ke-751-800 dunia)

Kampus Unpad berada di dua lokasi, yaitu Dipati Ukur, Bandung dan Jatinangor, Sumedang. Selain keduanya, Unpad juga memiliki kampus PSDKU di Garut. Seluruh kampus tersebut memfasilitasi perkuliahan Unpad yang terdiri dari 16 fakultas.

 

7. Universitas Bina Nusantara (peringkat ke-801-1000 dunia)

Dibanding PTN-PTN diatas, Binus terbilang masih sangat muda karena baru berdiri pada tahun 1996. Akan tetapi, dalam waktu yang singkat PTS ini telah mampu mengejar prestasi – dengan berada dalam sembilan besar PT di Indonesia pada daftar QS World University Rankings 2020 ini, salah satu buktinya.

Program kuliah yang ditawarkannya pun sangat tidak konvensional, misalnya program Master Track dankuliah daring, selain juga kuliah internasional dan reguler. Kampus Binus tersebar di beberapa lokasi di Jakarta Barat, Tangerang, Jakarta Selatan, dan Bandung.

 

8. Universitas Diponegoro (peringkat ke-801-1000 dunia)

Kampus-kampus Undip berada di beberapa lokasi di Semarang dan Jepara. Sejak berdirinya ditahun 1957, Undip memiliki 11 fakultas, 21 prodi D3, dan 51 prodi S1. Pada tahun 2019, Seleksi Mandiri Undip diikuti oleh 33.755 peserta.

 

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat ke-801-1000 dunia)

Kampus utama ITS berada di Sukolilo, sedangkan dua kampus lainnya berada di Manyar dan Cokroaminoto. Khas Suroboyoan, moto PTN ini adalah ITS Cak! – yang merupakan akronim dari Cerdas, Amanah, dan Kreatif. ITS memiliki sembilan fakultas, termasuk vokasi didalamnya.

 

Bila Sobat Pintar menggunakan QS World University Rankings sebagai salah satu referensi dalam memilih perguruan tinggi, kedelapan PTN dan satu PTS diatas layak untuk dipertimbangkan. But take your time. Sambil mempersiapkan ujian masuknya, jangan lupa menikmati masa-masa sekolahmu saat ini.

Lebih masukan Blog

3 Tipe Mahasiswa di Kampus

Kenapa sih, kita harus kuliah? Capek-capek belajar, mengerjakan tugas, mengikuti kuliah dosen,...

Apa Saja yang Sebaiknya Tidak Dilakukan? Lihat 8 Larangan Ini

"Belajarlah lebih giat, maka kau akan berhasil." "Bekerjalah lebih keras agar...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line