APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Agar Siswa Tidak Malas Belajar

Tips ampuh agar siswa senang belajar

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Bagi setiap guru, memiliki siswa yang aktif dan rajin belajar adalah sebuah kebahagiaan. Guti Pintar pasti mengharapkan semua siswa memiliki kecerdasan baik itu kecerdasan dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Akan tetapi untuk membentuk siswa yang seperti didambakan bukanlah hal yang mudah diperlukan komitmen dan usaha keras supaya semua siswa dapat mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Di dalam kelas yang berisi siswa dengan berbagai jenis karakter, sering kali ada anak yang menunjukkan rasa enggan untuk belajar. Orang-orang biasanya akan menyebut siswa seperti ini sebagai siswa yang malas belajar. Padahal tidak boleh ya langsung menghakimi dan melabeli siswa itu adalah tidak ingin belajar karena malas. Guru Pintar perlu mengidentifikasi sebab-sebab yang membuat siswa malas belajar sehingga dapat dicarikan cara untuk mengatasi kemalasan dalam belajar.


Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Berikut ini adalah beberapa sebab siswa malas belajar:

1.Bosan

Kegiatan belajar yang monoton akan membuat siswa merasa bosan. Hal ini akan menurunkan motivasinya dan membuat siswa terlihat ogah-ogahan saat belajar.

2. Cara belajar yang tidak efektif

Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang suka mendengarkan, ada yang suka melihat gambar atau media pembelajaran, dan ada juga yang suka praktek secara langsung. Jika kegiatan belajar tidak sesuai dengan karakter siswa, maka tak heran jika mereka akan malas untuk belajar.

3. Lingkungan yang kurang kondusif

Siswa akan belajar dengan baik jika suasana belajar kondusif. Lingkungan yang tidak mendukung siswa dalam belajar misalnya berisik, kotor, sirkulasi udara tidak lancar, dan pencahayaan tidak bagus.

4. Bermasalah dengan teman atau guru

Jika siswa merasa terintimidasi, dilecehkan, tidak dihargai, atau takut karena bermasalah dengan teman-teman atau bahkan guru,  maka mengurangi gairah siswa dalam belajar.

Ketika Guru Pintar melihat tanda-tanda siswa malas belajar seperti wajah murung, tegang, cemberut, tidak semangat, atau kurang konsentrasi, Guru Pintar harus segera mengambil tindakan agar masalah malas belajar tidak berlarut-larut atau bahkan semakin parah. Yuk, kita cari tahu cara mengatasinya, Guru Pintar!

Tips Mengatasi Siswa Malas Belajar

Apabila sudah diketahui penyebab siswa malas belajar, coba Guru Pintar ikuti beberapa tips mengatasi anak malas belajar berikut ini:

Tips Mengatasi Siswa Malas Belajar
Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

1. Buat kegiatan belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan

Apabila siswa belajar dengan perasaan senang atau gembira, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk menyerap materi pelajaran yang diajarkan. Cara mendidik anak yang malas belajar dengan membentak atau memarahi adalah salah besar. Guru Pintar juga harus melakukan refleksi apakah kegiatan belajar yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa. Sebagai contoh, sebelum belajar ajak siswa untuk menyanyi atau melakukan permainan-permainan edukatif yang membuat siswa merasa sudah siap untuk menerima pelajaran. Bukan belajar karena terpaksa.

2. Berikan motivasi positif

Solusi malas belajar kedua adalah dengan menanamkan dalam pikiran siswa bahwa mereka mampu berbuat atau mempelajari sesuatu dengan baik. Berikan pendampingan dan ingatkan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menstimulasi minatnya pada pelajaran.

3. Dorong siswa untuk aktif bertanya

Cara agar tidak malas belajar yang paling mudah dan efektif untuk belajar adalah aktif bertanya. Guru Pintar harus mendorong siswa untuk aktif bertanya. Buat kelompok-kelompok diskusi yang dapat memberikan kesempatan semua siswa untuk bertanya. Dengan bertanya, siswa akan memiliki pemahaman yang baik akan pelajaran yang diberikan dan akan meningkatkan semangatnya dalam belajar.

4. Atur waktu belajar

Cara menghilangkan rasa malas belajar berikutnya adalah dengan mengatur waktu belajar yang efektif.  Belajar secara terus menerus akan menguras tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, Guru Pintar  harus merancang pembelajaran dengan baik. Atur waktu untuk menjelaskan konsep dan mengerjakan tugas. Selingi dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang dapat menurunkan ketegangan.

5. Peka terhadap kondisi fisik dan psikis siswa

Kondisi fisik dan psikis siswa sangat berpengaruh dalam belajar. Saat siswa dalam kondisi fisik dan psikis yang segar, bebas dari rasa lelah, mengantuk, rasa lapar, gangguan penyakit, rasa marah dan sebagainya, maka mereka akan lebih siap untuk belajar. Misalnya, siswa dalam keadaan lesu dan tidak bersemangat karena terlalu lelah karena baru selesai upacara. Maka Guru Pintar boleh memberi waktu sejenak untuk beristirahat supaya fresh kembali.

6. Berikan reward

Mengatasi kemalasan dalam belajar siswa dapat dilakukan dengan memberikan reward. Jika siswa merasa usahanya diakui dan dihargai, semangat belajarnya secara otomatis akan meningkat. Misalnya, jika siswa mengerjakan tugas tepat waktu, maka mereka akan mendapatkan poin atau bintang. Siswa yang memperoleh poin atau bintang dengan jumlah banyak, mereka dapat menjadi ketua kelompok atau asisten guru. Jadi reward tidak harus selalu berwujud benda ya.

Mudah-mudahan tips di atas berguna untuk mengatasi kemalasan dalam belajar dan dapat memberikan motivasi untuk anak dalam belajar dan terlibat aktif di kelas. Selamat mencoba!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog