CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif yang Menarik

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif yang Menarik

Photo by Krle  on Unsplash

Halo Sobat Pintar! apakah kalian kebingungan dalam membuat teks pidato yang baik dan menarik? Berikut merupakan pembahasan mengenai cara membuat teks pidato! Semoga bisa membantu sobat semua!

Pengertian dan Tujuan Teks Pidato

 

Apa yang terlintas di benak sobat pintar ketika mendengar atau melihat kata “Pidato”? tampil di depan orang banyak? Orasi? Atau mungkin kalian pernah diberi tugas atau kesempatan berpidato? Sebelumnya, apakah kamu tahu pengertian dari pidato itu sendiri? Pengertian pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan sebuah gambaran tentang sebuah hal. Umumnya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi dan pernyataan terkait hal-hal atau peristiwa penting serta patut untuk diperbincangkan. Lalu pengertian teks pidato adalah sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu hal yang nantinya akan disampaikan di depan umum. Tujuan dari pidato adalah untuk memengaruhi pendengar terhadap isi teks pidato yang disampaikan.

Salah satu jenis dari pidato adalah pidato persuasif. Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan menghimbau atau mengajak masyarakat untuk berbuat suatu hal yang berguna bagi kehidupan. Pidato persuasif merupakan satu di antara cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif.

 

Struktur Teks Pidato

 

Teks pidato sebenarnya memiliki struktur teks yang sama dari berbagai jenis pidato. Struktur teks pidato sebagai berikut:

1. Pendahuluan atau Pembukaan

Berisi gambaran umum dan maksud pidato secara keseluruhan agar menarik perhatian audiens. Di dalam pendahuluan terdapat 4 bagian, yaitu; salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan pengantar ke topik utama.

2. Isi

Berisikan inti dari materi pidato yang akan disampaikan. Di dalamnya tercantumkan maksud, tujuan, dan juga rencana yang ingin disampaikan untuk audiens. Pada bagian isi juga berisikan informasi-informasi penting yang ingin disampaikan

3. Penutup

Bagian akhir ini berisikan ringkasan atau kesimpulan singkat, permintaanmaaf jika ada salah kata, dan juga salam penutup.

 

Cara Membuat Teks Pidato

 

Sobat pintar, pernahkah terpikirkan bagaimana cara membuat teks pidato yang menarik? Dalam membuat teks pidato hendaknya ditulis dengan ejaan yang benar sesuai dengan EYD. Berguna agar tulisan mudah untuk dibaca, dipahami, dan dimengerti. Gunakan bahasa yang baku dan logis atau gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih lengkapnya secara runtut, berikut merupakan cara membuat teks pidato:

1. Tentukan Topik

Sebelum memulai lebih dalam, sobat harus mengawali dengan penentuan topik yang ingin disampaikan. Sobat bisa memilih topik yang ingin disampaikan tetapi harus juga mempelajari topik yang akan dipilih. Lakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang topik tersebut. Dan pastikan kamu menggunakan referensi dari sumber yang terpercaya.

2. Tentukan Tujuan Pidato

Sobat, menentukan tujuan pidato sangat penting dalam membuat teks pidato. Sobat harus bisa mengetahui harapan sobat dari respon para audiens. Harus terdapat 3 unsur dalam menentukan tujuan pidato, yaitu; memberitahukan (informatif), mempengaruhi (persuasif), dan menghibur (rekreatif). Misalnya tujuan pidato berfungsi sebagai ajakan melakukan kebaikan, mengajak ini tentunya tidak dengan paksaan, melainkan sangat dianjurkan dengan kedamaian dan sukarela, juga keikhlasan.

3. Pahami Audiens

Cara membuat teks pidato selanjutnya yaitu sobat harus bisa memahami audiens untuk pidato yang tepat sasaran. Tema atau topik pidato sobat harus sesuai dan relevan dengan golongan audiens yang kalian tuju. Jangan sampai misalnya sobat membuat teks pidato mengenai hukum HAM ke audiens yang anak Sekolah Dasar, itu tidak tepat sasaran.

4. Teks Pidato Jangan Terlalu Panjang dan Terlalu Pendek

Cara membuat teks pidato selanjutnya adalah dalam membuat teks pidato, sobat jangan terlalu panjang dan kompleks tetapi jangan juga terlalu pendek. Jangan terlalu panjang dan berisikan banyak poin malah akan membuat audiens bosan dan juga kesulitan meresap inti materi dari pidato sobat. Jangan juga terlalu pendek karena dikhawatirkan tidak akan sampai pada maksud isi teks pidato

5. Mengembangkan Naskah Pidato

Langkah terakhir dalam cara membuat teks pidato adalah mengembangkan naskah pidato. Setelah melakukan beberapa langkah di atas, kamu sudah bisa memulai untuk menuliskan naskah pidato. Kamu bisa mengembangkan naskah pidato sesuai dengan struktur pidato dan poin-poin penting yang kamu dapatkan dari langkah sebelumnya.

 

Contoh Teks Pidato

 

Berikut adalah contoh teks pidato persuasif dengan tema ajakan untuk mulai membaca buku:

1. Salam Pembuka:

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan menjadi makhluk yang dirahmati Tuhan Yang Maha Esa. Apakah diantara kalian sudah ada yang mengenal saya? Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengenal, namun bagi kalian yang belum izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri.

Pendahuluan:

Nama saya Novia Intan, saya adalah pegawai swasta yang sudah berkecimpung dalam bidang tulis menulis lebih dari 10 tahun lamanya. Maka dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas pentingnya membaca buku di era gawai serba digital seperti sekarang ini. Dimulai dari semenjak pandemic Covid-19 membuat kebiasaan kita menjadi berubah. Penggunaan gawai semakin bertambah, namun sayangnya tidak diimbangi dengan meningkatkan jumlah minat baca buku.

2. Isi:

Sangat disayangkan, di jaman serba mudah seperti sekarang ini, anak muda cenderung lebih suka aktif di media social ketimbang membaca buku. Hal tersebut dilansir dari data Dikti menyebutkan bahwa tingkat literasi Indonesia berada di urutan 3 terbawah di ASEAN. Dengan jumlah penduduk yang banyak seperti ini, sangat disayangkan jika generasinya muda hanya diperbudak oleh media social. Padahal ada banyak cara membaca buku walau menggunakan gawai. Ada banyak manfaat membaca buku diantaranya: Memperkuat otak. Para peneliti menyebut, kegiatan membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks dalam otak. Saat kemampuan membaca buku Anda bertambah, jaringan-jaringan itu akan menjadi lebih kuat dengan sendirinya. Meningkatkan kemampuan berempati Sejumlah penelitian menemukan, orang yang gemar membaca buku fiksi sastra punya kemampuan yang tinggi untuk berempati dan memahami perasaan orang lain. Menambah kemampuan berbahasa Kehadiran ribuan kosakata itu membuat kebiasaan membaca buku secara bertahap mampu mengembangkan kemampuan seseorang dalam berbahasa. Penting untuk dicatat, kemampuan untuk berbahasa menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan. Sebuah jajak pendapat menemukan, 69 persen perusahaan akan mempekerjakan karyawan dengan keterampilan berbahasa yang mumpuni. Mencegah penurunan fungsi kognitif Beberapa studi mempelajari hubungan antara kebiasaan membaca buku dan penurunan fungsi kognitif pada orang lanjut usia. Hasilnya, fungsi kognitif pada lansia yang rajin membaca buku cenderung meningkat.

3. Penutup:

Teman-teman yang berbahagia, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku. Saya berharap, mulai hari ini kita bisa saling mengingatkan dan mempraktikkan untuk mulai membaca buku walau hanya 1 lembar saja. Dengan begitu, generasi muda Indonesia akan lebih kaya ilmu dan wawasan yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Nah, itulah cara membuat teks pidato yang menarik dengan penjelasan mengenai pengertian pidato, teks pidato, dan struktur pidato. Semoga dapat memudahkan sobat dalam membuat teks pidato!

Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

 

Writer: Muhammad Abyan Ashshidqi

Editor: Nur Lailatul Maghfiroh


10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog