APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Membuat Video Pembelajaran Menarik Dari HP

Langkah-langkah membuat video pembelajaran yang mudah dan murah

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Video pembelajaran saat ini telah menjadi salah satu media pembelajaran yang populer dan paling banyak digunakan oleh para guru sebagai penunjang saat mengajar. Hal ini dikarenakan  video pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan dianggap sebagai media yang menarik dan interaktif. Saat pandemi dan siswa harus belajar secara online, video menjadi salah satu media yang penting untuk menyampaikan materi selain media yang bersifat digital lainnya. Tetapi apakah mudah membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif?  Sebelum membahas masalh tersebut, mari kita simak ulasan berikut ini!

Pengertian Video Pembelajaran

membuat Video Pembelajaran dengan Hp
Foto oleh Annushka Ahuja dari Pexels

Apa itu video pembelajaran? Video pembelajaran adalah sebuah media pembelajaran yang menggabungkan antara audio dan visual untuk menyampaikan suatu topik pelajaran. Terdapat berbagai macam format video pembelajaran yang dapat Guru Pintar gunakan. Ada video pembelajaran yang menampilkan Guru Pintar saat  menjelaskan materi pelajaran, ada pula video yang hanya menggunakan foto atau teks bergerak untuk menjelaskan materi terkait, atau campuran keduanya.

Apakah semua guru bisa membuat video pembelajaran? Tentu saja! Saat ini untuk membuat video pembelajaran, Guru Pintar tidak perlu menjadi ahli multimedia. Hanya bermodal HP saja, Guru Pintar sudah dapat memproduksi video pembelajaran yang menarik dan dapat menunjang pembelajaran tentunya. Hal ini semakin dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi yang user friendly sehingga mudah dioperasikan oleh siapa saja. 

Mengapa video pembelajaran dinilai efektif dalam membantu guru menyampaikan materi pelajaran? Berikut ini alasannya:

1. Materi ringkas, setiap topik dalam video pembelajaran dapat disajikan dalam unit-unit kecil dan sesi-sesi pendek.

2. Penyampaian yang interaktif sehingga meningkatkan engagement siswa.

3. Audiovisual menarik, informasi dapat disampaikan melalui konten grafis seperti gambar, animasi, infografis, dan sebagainya.

Saat ini, video animasi pembelajaran atau video pembelajaran lainnya sangat banyak ditemukan dan bahkan dapat diunduh secara gratis. Tetapi akan lebih baik jika Guru Pintar dapat membuat sendiri video pelajaran yang akan diajarkan karena pasti akan sesuai dengan kondisi kelas yang Guru Pintar ajarkan. Video yang dibuat sendiri oleh guru, akan membuat siswa lebih tertarik dan merasa lebih dekat dengan gurunya daripada video yang diunduh dari youtube atau website lainnya.

Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan HP


Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Meskipun terkesan rumit, ternyata ada cara mudah dan murah membuat video pembelajaran. Guru Pintar tidak perlu memiliki peralatan canggih. Bahkan dengan HP saja, Guru Pintar sudah dapat menciptakan video pembelajaran untuk siswa-siswa tercinta. Bagaimana caranya?

1. Tentukan tema/topik pembelajaran

Cara membuat video pembelajaran yang pertama adalah dengan menentukan tema atau topik materi yang akan diajarkan. Gunakan silabus atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai acuan dalam membuat video pembelajaran. Jangan sampai video yang dibuat melenceng dengan tema sehingga menjadi media yang tidak efektif dalam kegiatan belajar mengajar. 

2. Merencanakan Konsep Video

Cara membuat video pembelajaran di HP berikutnya adalah merencanakan konsep video yang akan dibuat. Dalam tahap ini Guru Pintar harus melakukan identifikasi seperti apa video yang ingin dibuat, bagaimana target audiens-nya, bagaimana cara pengambilan gambarnya, berapa lama durasi videonya, di mana tempat pengambilan gambarnya, aplikasi apa yang akan digunakan, dan lain sebagainya. 

3. Membuat Storyboard

Panduan dalam membuat video dikenal dengan storyboard. Di dalam storyboard Guru Pintar dapat mencantumkan skenario dari video yang akan dibuat, siapa tokohnya, bagaimana dialognya, cara pengambilan gambarnya, properti yang dibutuhkan dan lain sebagainya. Biasanya storyboard berbentuk gambar. Tetapi Guru Pintar tidak perlu risau jika tidak pandai menggambar. Storyboard yang Guru Pintar butuhkan sifatnya sederhana saja. Guru Pintar dapat membuatnya dalam bentuk tabel-tabel yang memuat semua komponen acuan dalam pengambilan gambar.

4. Proses Pembuatan Video

Setelah mempersiapkan Storyboard, peralatan, dan juga properti yang dibutuhkan sudah siap, kini tiba saatnya untuk melakukan proses perekaman atau pembuatan video tersebut. Ada hal penting yang harus Guru Pintar perhatikan ketika membuat video, misalnya pencahayaan, angle pengambilan gambar, hingga latar pengambilan gambar.

5. Proses Mengolah dan Mengedit Video

Tahap terakhir dari proses pembuatan video adalah mengolah dan mengedit video. Terkadang dalam membuat video, Guru Pintar mengambil gambar atau merekam secara terpisah-pisah. Nah, dalam tahap inilah Guru Pintar menggabungkan video-video rekaman yang berhasil diambil menjadi satu kesatuan video pembelajaran yang menarik. Guru pintar dapat memanfaatkan aplikasi membuat video pembelajaran yang kini sangat mudah ditemukan. Jika merasa belum familiar, sisihkan waktu sebentar untuk mempelajari bagaimana cara kerja aplikasi yang dipilih tersebut. Kini banyak beredar tutorial membuat video pembelajaran dan juga cara membuat video animasi pembelajaran di dunia maya. Jadi tidak ada alasan untuk berkata tidak bisa, ya.

 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog