redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Mengajar Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Jurus mengajar yang asyik dan efektif

Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Cara mengajar guru menjadi salah satu faktor berhasilnya sebuah proses belajar dan mengajar. mengetahui cara menyampaikan materi agar mudah dipahami dan metode mengajar yang menyenangkan menjadi sebuah keharusan bagi seorang guru yang baik. Mengajar tidak hanya harus bermakna tetapi tetap harus asyik dan juga menyenangkan. Oleh karena itu Guru Pintar harus mengetahui metode mengajar anak sekolah yang baik itu seperti apa dan bagaimana menerapkannya.

Metode mengajar yang menyenangkan membuat siswa tidak cepat bosan. Siswa akan termotivasi dan bersemangat dalam belajar jika Guru Pintar mampu mengajar dengan asyik dan juga efektif. Jurus apa saja yang dapat Guru Pintar terapkan supaya kelas tidak membosankan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jaga Interaksi


Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Cara mengajar yang efektif diantaranya dengan selalu menjaga interaksi yang baik antara Guru Pintar dengan siswa dan siswa dengan siswa lainnya.  Interaksi yang berjalan dengan lancar di kelas dapat membuat siswa merasa menjadi bagian kelas sehingga aman dan nyaman dalam Ketika terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Memastikan semua siswa terlibat adalah salah satu indikator apakah interaksi di dalam kelas berjalan dengan baik. Meskipun tidak semua siswa memiliki karakter yang sama, Guru Pintar wajib menjaga supaya kelas tidak didominasi oleh siswa yang itu-itu saja. Kemampuan berinteraksi di dalam kelas dapat menumbuhkan rasa percaya siswa dan memantik keberanian mereka untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya.

Interaksi di dalam kelas akan membuat semua lebih fokus karena tidak ada yang merasa diabaikan. Selain itu siswa juga dapat berlatih bagaimana cara berbicara, bertanya, dan mengemukakan pendapat. Keuntungan lainnya adalah siswa juga belajar bagaimana cara mendengarkan orang lain. Hal ini dapat menjadi bekal siswa saat berinteraksi di dalam masyarakat.

2. Gunakan Teknologi

Saat ini sudah tidak lazim lagi jika seorang guru mengajar hanya dengan papan tulis dan spidol saja. Cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan adalah dengan menggunakan teknologi yang sudah akrab dengan siswa-siswa saat ini. Guru pintar tidak boleh beranggapan bahwa teknologi hanya dapat dimanfaatkan saat mengajar online saja. Saat mengajar offline atau tatap muka pun, teknologi dapat dijadikan alat atau media membuat suasana belajar anti boring.

Contoh teknologi yang dapat Guru pintar gunakan untuk mengajar diantaranya adalah smartboard, projector, aplikasi pembelajaran, dan lain sebagainya. Nah, karena hal ini Guru Pintar harus selalu update jangan menjadi guru yang gaptek, ya.

3. Suasana Belajar yang Menyenangkan

Tips mengajar menyenangkan yang harus Guru Pintar ketahui adalah bagaimana membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Suasana belajar yang menyenangkan dapat dibangun dari lingkungan kelas maupun cara mengajar Guru pintar. Menghias kelas dengan dekorasi-dekorasi unik sesuai tema pelajaran, mengubah tata letak meja dan kursi, dan menampilkan karya-karya siswa merupakan cara-cara membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Suasana kelas monoton membuat siswa merasa tidak betah saat belajar. Rasa bosan siswa dapat menyebabkan turunnya motivasi dan semangat belajarnya.

Jurus lain yang dapat Guru Pintar lakukan untuk membuat suasana belajar menjadi seru adalah dengan mengaplikasikan gimmick pembelajaran. Buat siswa selalu merasa penasaran pada kelas-kelas yang Guru Pintar ajarkan.

4. Menjadi Guru yang Menyenangkan

Bagaimana pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan jika gurunya tidak menyenangkan, muka selalu ditekuk dan jarang senyum. Boleh lho sesekali Guru pintar memunculkan sisi humorisnya supaya uasana belajar tidak terlalu tegang. Dengan demikian siswa akan dapat belajar dengan nyaman dan menikmati proses pembelajaran. Guru Pintar tidak perlu pandai melawak seperti pelawak-pelawak yang ada di TV. Cukup dengan menampilkan wajah dan pembawaan yang ramah, sesekali melontarkan jokes-jokes ringan saja sudah cukup untuk mengambil hati siswa.

Menjadi guru yang menyenangkan buka berarti abai terhadap aturan, ya. Bersikap tegas juga tetap diperlukan. Jika siswa merasa nyaman saat belajar akan membuat siswa betah belajar.

5. Tidak Pilih Kasih

Cara mengajar menyenangkan dan tidak membuat bosan
Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Semua siswa ingin mendapatkan perhatian dari gurunya. Tidak jarang, tanpa disadari Guru Pintar hanya fokus pada siswa yang pintar dan aktif dan mengabaikan siswa yang pendiam di kelas. Meskipun tidak disampaikan, siswa yang merasa terabaikan akan memiliki perasaan kecewa terhadap gurunya. Hal ini dapat membuat motivasi belajar siswa menurun lho. Jangan sampai hal ini terjadi di kelas Guru Pinta, ya.

Menggunakan sapaan-sapaan yang lebih personal akan membuat semua siswa di perhatikan. Menunjuk siswa secara adil dan merata juga dapat menumbuhkan sense of belonging siswa pada pembelajaran sehingga mereka terpacu untuk ikut aktif berpartisipasi dalam proses belajar.

Kelas yang Bahagia dan menyenangkan berawal dari guru yang juga Bahagia dan mnyenangkan. So, Guru Pintar, love what you do and do what you love!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet