CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Mudah Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf Lengkap Beserta Contoh

Menentukan ide pokok dalam paragraf

Photo by medium on Pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf didefinisikan menjadi bagian sebuah karangan atau tulisan yg penulisannya dimulai menggunakan garis atau alinea baru. 

Dalam perkembangannya, ide pokok dikenal pula sebagai gagasan pokok atau pikiran utama. Kehadiran ide pokok pada sebuah paragraf sangat krusial guna memberikan informasi pada pembaca mengenai pokok pikiran yang akan dibahas.

Paragraf berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami sebuah informasi pada suatu karangan atau tulisan. Ide pokok sanggup memberitahu pembaca tentang apa yg sedang diperbincangkan pada sebuah paragraf. Fungsi lain dari ide pokok adalah membantu mengembangkan suatu alur tulisan menggunakan gagasan penjelas.

Dalam sebuah paragraf, umumnya hanya akan ditemukan satu ide pokok dan letak ide pokok masih ada pada kalimat utama. Satu hal yg perlu diingat adalah, kalimat utama tidak sama dengan kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di awal (deduktif), akhir (induktif), atau bahkan awal dan akhir (campuran) paragraf.

Ide pokok pada satu paragraf tak jarang bersifat tersurat. Sedangkan, ide pokok dalam satu tulisan penuh, akan dapat diketahui secara tersirat setelah mengumpulkan semua ide pokok masing-masing paragraf. Ide pokok akan diikuti dengan gagasan pendukung yang berisi penjelasan dan tambahan informasi mengenai suatu ide pokok.

Adapun ciri-ciri ide pokok antara lain:

  • Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan.
  • Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
  • Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.

Lalu, bagaimana cara menentukan ide pokok dalam paragraf?

1. Mengenali jenis-jenis paragraf

Cara pertama yang bisa sobat pakai untuk menentukan ide pokok, yakni dengan mengenali jenis-jenis paragraf. Caranya sobat harus bisa mengenali terlebih dahulu jenis paragrafnya, apakah termasuk jenis paragraf induktif, deduktif, atau campuran. Mengenali jenis paragraf akan membantu Sobat dalam menemukan ide pokok dengan cepat.

2. Mencari kalimat utama dalam paragraf

Mengetahui letak kalimat utama. Ciri yang paling menonjol dari kalimat utama adalah berisi informasi yang paling umum. Ide pokok akan terkandung dalam kalimat utama sehingga jika sobat telah menemukan letak kalimat utamanya, Sobat pintar juga akan menemukan ide pokok paragraf tersebut. Berikut ciri-ciri kalimat utama.
-Kalimat utama tersebut berupa pernyataan umum yang akan diperjelas pada kalimat lain.
-Kalimat utama itu bisa berada di awal atau akhir paragraf
-Kalimat utamanya tidak mengandung kata-kata acuan. contohnya: itu,tersebut, dan lain sebagainya.
-Biasanya kalimat utamanya mengandung kata kunci contohnya: merupakan, adalah, sebagai, dengan, dan lain sebagainya.

3. Fokus membaca

Biasakan membaca kalimat demi kalimat yang ada dalam paragraf tersebut dengan cermat. Tentukan topik yang menjadi pembahasan utama dalam paragraf. Dengan begitu, sobat dapat menentukan mana kalimat umum dan mana kalimat penjelas.

4. Kesimpulan paragraf

Sobat bisa menentukan ide pokok dengan cara melihat kalimat simpulan yang berada dalam paragraf tersebut, misalnya terdapat kata jadi, dengan demikian, oleh karena itu, oleh sebab itu, dan lain sebagainya. Jika terdapat kata simpulan, kalimat tersebut mengandung ide pokok.

Contoh menentukan Ide Pokok

1. Contoh ide pokok dalam paragraf deduktif

Membuat diri bahagia banyak caranya dan mudah dilakukan. Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Tersenyum mampu meningkatkan imunitas tubuh dan membuat pikiran menjadi rileks. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Pikirkanlah hal-hal yang positif, termasuk kenangan-kenangan yang membahagiakan. Ingat bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.
Ide pokok: cara bahagia.
Kalimat utama: cara membuat diri bahagia ada banyak dan mudah dilakukan (deduktif)
Kalimat penjelas: Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingatlah bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

 

2. Contoh ide pokok dalam paragraf induktif

Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus menyelesaikannya. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan. Jangan lupa untuk selalu berdoa atau bermeditasi sesekali guna menjernihkan pikiran dari segala masalah yang saat ini dihadapi. Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah.
Ide pokok: cara mengatasi kesedihan.
Kalimat utama: Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah (induktif).
Kalimat penjelas: Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan.

Nah, segitu dulu ya sobat informasi mengenai cara menentukan ide pokok kali ini. Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, ya!

Writer: Nabilla Salsa Billa Rahma Syifa
Editor: Khusnia

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog