CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Mudah Memahami Fenomena Geosfer dan Objek Material Geografi

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer. Lantas apa yang dimaksud dengan fenomena geosfer? Yuk kita bahas!

Photo by Artem Balekein on Pexels

Banyak nih yang beranggapan bahwasannya geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Yah tidak salah sih, tapi ada yang lebih benar nih sobat pintar, menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI) (1998) geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan menggunakan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

Dalam kajian ilmu geografi, terdapat dua objek yakni objek material dan objek formal. Objek material adalah objek yang berkaitan dengan gejala atau fenomena geosfer, sedangkan objek formal merupakan pendekatan yang digunakan untuk memahami objek material.

Oke kita bahas satu persatu, apasih sebenarnya geosfer dan objek material geografi? Apa saja unsur-unsurnya?

Pengertian Geosfer


Photo by Pixabay on Pexels

Objek material geografi meliputi seluruh aspek geosfer. Geosfer adalah lapisan yang terdapat di permukaan yang dan di bawah permukaan bumi. Lapisan tersebut mempengaruhi kehidupan di bumi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Fenomena geosfer meliputi lima unsur yakni Biosfer,  Litosfer, Hidrosfer, Antroposfer, Atmosfer. Kalian bisa menghafalkan memakai singkatan berikut “BILI HIANAT”. lapisan-lapisan ini memang tampak terpisah-terpisah satu sama lain. Namun, jika dilihat secara mendalam, lapisan-lapisan tersebut saling berhubungan dan berinteraksi lho. oke sobat pintar kita bahas satu-persatu unsurnya yuk!

Biosfer (Lapisan Hewan dan Tumbuhan)


Photo by Adriaan Greyling on Pexels

Lapisan biosfer mencakup daratan, udara, dan air, yang mempengaruhi proses biotik. Biosfer juga bisa diartikan sebagai sistem ekologi global yang menyatukan makhluk hidup. Beberapa fenomena pada biosfer, seperti persebaran flora dan fauna, persebaran konsumsi bahan pangan, pelestarian lingkungan, konservasi lingkungan dan lain sebagainya.

Litosfer (Lapisan Kulit Bumi)


Photo by Adhista Row on Pexels

Litosfer adalah lapisan batuan yang membentuk bentang alam seperti pegunungan, plato, dataran rendah, dan lapisan tanah.

Hidrosfer (Lapisan Air)


Photo by Darina Cico on Pexels

Hidrosfer merupakan bagian dari permukaan bumi yang terdiri dari lapisan air. Hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air serta spere yang berarti lapisan. Beberapa element dari hidrosfer bumi antara lain adalah sungai, danau, laut, gletser, air tanah, serta uap air yang berada di lapisan udara.

aplikasi bahas soal geografi
 

Antroposfer (Lapisan Manusia)


Photo by Kaque Rocha on Pexels

Antroposfer adalah lapisan manusia yang menjadi tema sentral. Fenomena geosfer pada antroposfer dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti keragaman adat dan budaya, industrialisasi, dan dinamika kependudukan.

Atmosfer (Lapisan Udara)


Photo by Pixabay on Pexels

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Lingkup atmosfer termasuk unsur-unsur iklim dan cuaca seperti hujan, angin, angin, kelembapan, penyinaran matahari, dan suhu.

Bagaimana sobat pintar, sudah faham apa yang dipelajari geografi? Jadi 5 unsur fenomena geosfer itulah yang menjadi objek kajian dalam ilmu geografi.  Gimana sobat, Geografi menyenangkan bukan?

Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya. Belajar Pintar bersama Aku Pintar!

Aplikasi Bahas Soal Geografi
 

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog