redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cerahkan Masa Depanmu: 5 Profesi Unggulan 2020

Seiring perkembangan teknologi, terjadi pergeseran profesi yang dibutuhkan.

Profesi Unggulan, image via www.tlnt.com

Sobat Pintar tahu bank terbesar di Indonesia? Okay, bagaimana kalau bank terbesar di Eropa?

HSBC adalah bank terbesar di Eropa, per Desember 2018. Di dunia, HSBC menduduki peringkat sebagai ke-7 terbesar pada tahun yang sama. Bukan, kita tidak sedang membahas tentang HSBC-nya. Tapi menarik bahwa bank sebesar ini memiliki rekomendasi profesi yang dianggap menjanjikan pada tahun ini. Apa saja?

 

1. Desainer Produk

Pada masa perkembangan AI dan machine learning seperti sekarang ini, salah satu skill yang dapat kita tonjolkan adalah kreativitas. Katakanlah, mesin mampu belajar banyak hal baru dengan cepat. Tapi jika sudah menyinggung ranah kreativitas, kita sebagai manusia seharusnya mampu lebih unggul.

Itulah sebabnya demand akan Desainer Produk takkan dapat tergantikan oleh mesin. Kedepannya, profesi ini tak hanya dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur, tapi Desainer Produk juga memiliki peluang besar untuk bekerja secara mandiri, khususnya dibidang desain.

Bila Sobat Pintar ingin mendalami Desain Produk, ITS layak untuk dipertimbangkan. Hingga kini, ITS-lah satu-satunya PTN yang membuka Jurusan Desain Produk Industri.

 

2. Specialized Sales Representatives

Masih menurut HSBC, sales merupakan salah satu profesi yang menjanjikan tahun ini. Bila dikaitkan dengan rekomendasi QS World University Rangkings, spesialisasi sales dengan media sosial sepertinya memiliki ruang tersendiri dimasa mendatang.

Latarbelakang akademik Manajemen bisa menopang kelangsungan profesi sales. Tapi dibidang industri kreatif, cakupan keilmuannya lebih luas – salah satunya, Desain Komunikasi Visual.

 

3. Insinyur dan Arsitek

World Economic Forum 2016 merekomendasikan tiga bidang menjanjikan hingga 2020 ini: robotika, nanoteknologi, dan biokimia. Tentunya, profesi insinyur atau engineer yang akan banyak dibutuhkan dihari depan takkan jauh-jauh dari ketiga bidang tersebut. Sobat Pintar sudah mengenal ketiganya?

Beberapa SMK tak asing dengan Jurusan Robotika. Sementara ditingkat pendidikan tinggi, Binus memiliki program joint venture dengan ASO College, sebuah sekolah robotik di Jepang. Binus ASO School of Engineering (BASE) sejauh ini diketahui sebagai satu-satunya sekolah robotik di Indonesia.

Nanoteknologi bukan hanya ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan teknologi dengan skala sepermilyar meter (nanometer). Belajar tentang nanoteknologi artinya kita belajar untuk memanipulasi, memanfaatkan, dan menciptakan teknologi baru. Dibidang kesehatan, misalnya, nanoteknologi telah digunakan dalam pengobatan kanker.

Tentang nanoteknologi, kita pun mempelajarinya di Jurusan Teknik Kimia. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk belajar nanoteknologi. Sedangkan biokimia, baru ada satu Jurusan Biokimia di PTN, yaitu di IPB.

 

4. Ahli Matematika dan Komputer

Sobat Pintar terinspirasi oleh Kak Jerome Polin? Tak harus kuliah ke Waseda University untuk belajar Matematika, Sobat. Di dalam negeri, jurusan ini sudah bertebaran dibanyak PTN, seperti di UI, ITS, UGM, IPB, UB, Undip, Unpad, UNJ, Unair, UM dan masih banyak lagi.

Tak harus Matematika, Jurusan Aktuaria juga boleh dipertimbangkan, Sobat. QS World University Rankings menganggap profesi Aktuaris cukup menjanjikan. Pada tahun ini saja, diperkirakan profesi Aktuaris meningkat 10%. Jurusan Aktuaria sendiri terdapat di ITS (Sains Aktuaria), UI, Unpad (Ilmu Aktuaria), dan IPB.

Bagaimana dengan jurusan tentang komputer? Berkaitan dengan Teknik Informasi dan Komputer (TIK), Cyber Security merupakan profesi yang dianggap penting oleh QS World University Rangkings. Untuk kuliahnya, banyak jurusan komputer yang boleh kita pertimbangkan, seperti Ilmu Komputer, Sistem dan Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Teknik Informati, ataupun Sistem Informasi.

 

5. Data Analyst

Sejak empat tahun lalu, World Economic Forum sudah meramalkan profesi analis data menjadi profesi yang paling menjanjikan pada 2020 – dan mungkin kedepan. Seorang analis data dibutuhkan seiring dengan perkembangan AI, teknologi robotika, machine learning, bioteknologi, dan nanoteknologi.

Interpretasi dan pengolahan data memerlukan sosok analis yang mampu mengolah data menjadi informasi yang lebih terstruktur. Diperkirakan hingga 2024, profesi analis data tumbuh hingga 20,9%.

Do you want to be a data analyst and deal with big data, Sobat? Kuliah Matematika bisa menjadi pijakan awal menuju profesi idamanmu ini karena membekalimu dengan pola pemikiran yang analitis dan struktural. Teknik Informatika maupun jurusan lain juga bisa membekalimu dengan literasi teknologi dalam pengolahan data.

 

Now, do you have a clearer picture in your head regarding your future? Bila tak satupun profesi diatas yang menarik buatmu, tak perlu buru-buru memandang masa depan dengan lebih kecut, Sobat. Temukan saja bidang dan profesi yang paling tepat untukmu – salah satu caranya, dengan mengerjakan Tes Minat Bakat.

400

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp