redesain-navbar Portlet

Blog

Tips Belajar Cepat, image via www.collegeraptor.com

Coba Ini: 5 Tips Belajar Cepat

Belajar tak harus lama, tapi cukup manfaatkan waktu dengan efisien.

Sobat Pintar punya hobi belajar? Kalau jawabanmu iya, rasa-rasanya sulit dipercaya. Eh, tapi boleh juga lho kalau hobimu belajar. Sayangnya, masih banyak diantara kita yang melakukannya dengan berat hati. Belajar bukanlah sesuatu yang menyenangkan, jadi sebaiknya dikerjakan secepat mungkin.

Kira-kira, bisa atau tidak ya, kita belajar dengan cepat tapi tetap memahami materinya? Bisa, kok. Nah, ini tipsnya.

 

1. Jangan Ragu Bertanya

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika guru atau dosen sedang menyampaikan materi pelajaran atau kuliah. Bukan hanya mendengarkan dengan seksama, tapi segera acungkan tangan dan tanyakan bagian-bagian yang kurang dipahami. Dengan begitu, kita tidak banyak membuang waktu setelah kelas usai.

Bila menahan diri bertanya karena malu, sungkan, atau berbagai alasan lainnya, konsekuensi yang harus dihadapi adalah kita harus mau meluangkan waktu mencari dan membaca referensi lain demi memahami bagian yang sulit tersebut. Bagaimana kalau ternyata bagian tersebut nanti diujikan dan ternyata jawabanmu masih salah?

 

2. Bantu dan Ajari Teman

Manfaat dari mengajar adalah kita semakin memahami apa yang diajarkan tersebut. Pasalnya, kita harus mengulang-ulang materi yang sama pada orang yang berbeda. Boleh jadi, kita akan menerima tanggapan atau pertanyaan yang berbeda pula. Alhasil, kita pun 'terpaksa' mencari tahu lebih jauh untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul.

Ada dua manfaat yang bisa kita peroleh dengan membantu teman belajar, Sobat. Pertama, kita mengulang materi pelajaran atau kuliah. Kedua, kita dapat mengembangkan materi tersebut – lebih dari yang sudah disampaikan oleh guru atau dosen.

 

3. Mencatat Manual

Laptop dan ponsel memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita saat ini. Dan kesannya memang cepat, tinggal gunakan kamera ponsel untuk menyalin catatan di papan tulis atau ketik dengan laptop. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, Sobat. Dikemudian hari kita harus mengaduk-aduk file dan mencari-cari materi tersebut.

Sebaliknya, sambil mencatat (menulis tangan), otak kita merekam apa yang kita tulis dengan lebih baik. Sembari mencatat, kita mampu mendengarkan dengan lebih seksama sehingga otak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna dan mengidentifikasi konsep-konsep yang penting.

Lebih baik lagi bila Sobat dapat membuat peta konsep untuk menjabarkan keterkaitan antar konsep. Selain melatih kita membuat catatan yang efisien, peta konsep juga melatih kita untuk menganalisis dan berpikir lebih kritis.

 

4. Lakukan Percobaan

Pernahkah guru Fisikamu mempraktekkan suatu teori Fisika di kelas? Bila jawabanmu iya, bagaimana kesanmu atas materi Fisika pada hari itu? Pasti jawabamu adalah mudah dipahami, menyenangkan, dan membekas dalam ingatan.

Begitulah belajar. You don't have to sit for hours trying to memorize theories. Bila memungkinkan – khususnya pada pelajaran-pelajaran sains, lakukan percobaan agar belajarmu jadi lebih menyenangkan, materinya mudah dipahami, dan tetap tinggal dalam memorimu bahkan setelah bertahun-tahun kemudian.

 

5. Temukan Suasana Belajarmu

Ada sebagian kita yang lebih suka belajar dalam keheningan. Ada juga mereka yang baru bisa memahami materi bila dibantu dengan suara ritmik yang teratur seperti musik. Each of us is very unique in our own special ways. Maka, temukan suasana belajar yang paling tepat bagi dirimu sendiri, Sobat!

Bagaimana kalau suasana itu sulit dijumpai? Misalnya, Sobat membutuhkan suasana yang tenang untuk belajar, tapi di rumah ada adik-adik yang selalu ramai bermain. Then, create your own study space! Misalnya, atur waktu belajarmu setelah adik-adikmu tidur atau tutup pintu kamarmu seolah-olah Sobat sudah tidur sehingga tidak ada gangguan.

 

Hopefully, some of the above tips work for you. Yang penting, jangan lagi anggap belajar itu sesuatu yang membebani karena harus dikerjakan selama berjam-jam. Asalkan cerdas menyiasatinya, kita bisa membuat belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Bukankah saat melakukan sesuatu yang menyenangkan kita merasa waktu cepat berlalu?

Lebih masukan Blog

5 Jurusan Kesehatan Populer – Selain Kedokteran

Pendidikan Dokter adalah jurusan kesehatan yang selalu menjadi favorit SBMPTN dari tahun...

3 Jalan Atasi Stres Karena Belajar

Sudah dibaca berulang-ulang, sampai kembali lagi kehalaman sebelumnya berkali-kali, kenapa...

Menambah Komentar

EI
Ervnarmy Ina 11 Hari Lalu
Tips nya sangat membantu
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka