redesain-navbar Portlet

null

Blog

Coba: Minimal 1 dari 6 Kegiatan Ini

Mengembangkan potensi diri dapat terus dikerjakan dan ditingkatkan dari waktu kewaktu.

Coba Kegiatan Ini, image via bookriot.com

Masih dibulan Januari ditahun ini, artinya kita masih punya 11 bulan kedepan untuk diisi dengan berbagai kegiatan positif. Sudah ada rencana apa, Sobat? Bukan resolusi, tapi tak ada salahnya mempertimbangkan enam kegiatan berikut untuk dikerjakan ditahun ini.

 

1. Menabung

Bagi sebagian orang, menabung memang bukan perkara yang sulit. Sayangnya, masih ada sebagian lagi orang yang merasa bahwa menabung adalah hal yang nyaris mustahil dikerjakan. Pernah menjumpai orang yang seperti ini, Sobat?

Jangan dibayangkan bahwa kita harus menyisihkan sejumlah besar uang untuk ditabung. Saving is impossible to do if we think this way. Menabung bukan target, melainkan kebiasaan. Maka, jadikan kebiasaan untuk kita menyisihkan sebagian uang saku – mungkin awalnya di kaleng bekas permen.

Seiring waktu, kebiasaan kita menyisihkan uang saku akan bergeser. Kelak saat sudah hidup mandiri, barulah kita akan menyadari bagaimana tabungan menjadi penopang utama disaat genting dan tak terduga. Maka, menabung menjadi kebutuhan. Bukan lagi menyisihkan, tapi justru kita akan mengalokasikan dana yang cukup untuk tabungan.

 

2. Menjadi Relawan

Tentunya kita tak mengharap terjadi bencana, di manapun. Tapi tak ada salahnya bila kita bergabung dengan komunitas relawan yang ada disekitar kita. Because when the time calls, we'll be ready to join the force.

Menjadi relawan bukan hanya membantu sesama yang sedang kesusahan ditimpa bencana. Justru dengan menjadi relawan, kita belajar banyak hal tentang hidup dan kehidupan – bahwa tak selamanya segala sesuatunya selalu tentang kita, bahwa ada banyak hal yang sebenarnya amat sangat patut disyukuri dalam hidup kita, dan masih banyak lagi.

Bahkan bisa jadi, berhadapan dengan bencana secara langsung membuat kita menimbang ulang tentang apa yang penting dalam hidup. We'll never know what we'll have learned.

 

3. Membaca Buku, Minimal Satu Setiap Pekan

Bagi penyuka buku, memegang buku cetak dalam genggaman tangan memberi sensasi kepuasan tersendiri. Well, if you're not a fan, it's hard to understand the feeling. Namun tetap saja, tak perlu menjadikannya alasan untuk tidak membaca buku.

Saat ini kita sudah bisa mengakses ebook. Kalaupun kurang suka membaca, kita masih bisa menggunakan audiobook. Jadi, tak ada alasan untuk tidak tahu isi buku, bukan?

Membaca buku melatih kita untuk menyelesaikan sesuatu yang kita mulai. Buku juga disusun sedemikian rupa sehingga membacanya membuat kita terbiasa untuk berpikir secara sistematis dan testruktur. Tak perlu memulai membaca buku bertopik berat. Coba dulu buku-buku dengan topik yang disukai – bahkan fiksi sekalipun.

 

4. Belajar Bahasa Asing

Ada berapa bahasa asing yang sudah Sobat kuasai? Belajar bahasa asing bukan hanya tentang meningkatkan kualitas diri kita – bukan sekedar keren-kerenan kalau ditanya atau diwawancara.

Bahasa adalah salah satu produk budaya. Belajar bahasa berarti kita juga mempelajari budayanya. Mengetahui bahwa ada orang lain dengan budayanya saja sudah cukup membuat kita melihat bahwa tak ada manusia yang sama persis di dunia. Memahami perbedaan ini saja sudah membuat kita mampu lebih mudah menerima orang lain yang berbeda.

Belajar bahasa yang berbeda dari bahasa ibu kita juga dapat memicu pola pikir dan sudut pandang yang berbeda. Inilah justru yang sungguh-sungguh mampu meningkatkan kualitas diri kita. Jadi, siap belajar bahasa asing apa ditahun ini, Sobat?

 

5. Mengikuti Pertukaran Pelajar

Bila ada peluang untuk mengikuti pertukaran pelajar atau mahasiswa, coba saja mendaftar – dan mengikuti proses seleksinya bila ada. Sesingkat apapun waktu pertukaran tersebut, kita akan memperoleh pengalaman berharga dalam hidup.

Seperti belajar bahasa asing, mengikuti pertukaran belajar membuat kita bertemu dan berbaur dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Kita berhadapan langsung dengan perbedaan, belajar berinteraksi dengannya, dan menerima perbedaan tersebut. Kita pun terlatih untuk berpikir dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Memang ada konsekuensi akademis yang mungkin harus kita tanggung – misalnya, lulus sekolah atau kuliah lebih lambat ketimbang teman-teman yang lain. But student exchange is surely worth the price we pay.

 

6. Bepergian ke Tempat Baru

Tak ada kesempatan mengikuti pertukaran pelajar atau mahasiswa? It's okay. Tak perlu berkecil hati, Sobat. Indonesia ini sangat luas, jadi jelajahilah! Jangankan pulau atau suku, setiap kota di Indonesia saja sudah berbeda kebiasaan, adat istiadat, dan segala sesuatunya tentang masyarakat setempat.

Untuk alasan keamanan, memang lebih baik Sobat Pintar yang perempuan bepergian bersama keluarga. Tapi tak ada salahnya juga bepergian bersama teman dan sahabat karena sensasinya pasti berbeda.

But if you're confident enough, go and travel alone! Percaya diri bukan dalam arti sekedar berani dan nekat ya, Sobat. Bepergian seorang diri memerlukan persiapan yang matang. You'll rely on yourself in a place you know nothing about. Pastikan semua faktor dan variabel sudah dipertimbangkan dengan masak bila Sobat akan bepergian sendirian.

 

Dari keenam kegiatan diatas, adakah yang menarik dan ingin Sobat kerjakan ditahun ini? One thing at a time, Sobat. Perubahan tak harus selalu besar, tapi kita bisa memulainya dengan sesuatu yang terasa lebih mudah dikerjakan – dan dijalani. Seiring dengan bergulirnya waktu, kita akan lebih siap dengan hal-hal yang lebih besar nantinya.

1
530

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
ya
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp