APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Di Mana Kuliah Aktuaria? 5 PTN Ini Jawabannya

Jurusan Aktuaria

photo via tavistocktutors.com

Sebenarnya, Aktuaria adalah jurusan atau program studi yang sudah lama eksis di luar negeri. Tapi di Indonesia, bahkan dalam tiga tahun terakhir, gaungnya masih samar. Kemenristekdikti sendiri bertujuan mengembangkan dunia Aktuaria dengan menugaskan pilot project Jurusan atau Program Studi Aktuaria pada sembilan perguruan tinggi, lima diantaranya adalah perguruan tinggi negeri ini.

 

1. Institut Pertanian Bogor

Aktuaria IPB berada di FMIPA, baru menerima mahasiswa baru pada 2017 kemarin. Mahasiswa Aktuaria IPB dikenal kuat dalam bidang Matematika, terutama dalam menduga risiko, memproyeksikan nilai akumulasi cash flow, menghitung present value, dan memahami teori Aktuaria. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa Aktuaria IPB, sebaiknya jangan hanya berharap pada SBMPTN – pertimbangkan pula peluangmu melalui jalur SNMPTN.

 

2. Universitas Indonesia

FMIPA UI juga punya Jurusan Aktuaria. Selain jalur tes, Aktuaria UI menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi pula. Misalnya kamu memenangi Olimpiade Sains, gunakan prestasimu itu untuk mengikuti seleksi masuk di Aktuaria UI. Mahasiswa Aktuaria UI tak hanya dapat menerapkan Ilmu Aktuaria pada industri keuangan dan asuransi, tapi juga cakap dalam matauji profesi Ajun Aktuaris oleh PAI.

 

3. Institut Teknologi Bandung

Meskipun ITB telah memiliki program magister Aktuaria sejak 1998, program sarjananya baru dibuka tahun ini. Untuk angkatan pertamanya, FMIPA ITB menerima 50 mahasiswa Aktuaria. Jika selama tahun berjalan ini permintaan dan kebutuhan akan calon Aktuaris masih meningkat, bisa jadi tahun depan akan ada peningkatan pula dalam penerimaan mahasiswa baru Aktuaria ITB.

 

4. Universitas Gadjah Mada

Usia Aktuaria UGM sama dengan Aktuaria ITB, baru dibuka pada tahun akademik 2018/2019. UGM sendiri punya kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk menghasilkan 1000 Aktuaris. Kerjasama tersebut tak hanya berupa penyelenggaraan program perkuliahan Aktuaria, tapi juga ujian profesi dan sertifikasi Aktuaris.

 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Bukan FMIPA, Aktuaria ITS berada di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD). Kerennya, ITS bekerjasama dengan University of Waterloo dalam dalam penyusunan kurikulum Aktuarianya. Bukan itu saja keunggulan Aktuaria ITS, tapi juga bahwa sains bidang ilmu ini diperuntukkan asuransi bencana, asuransi syariah, dan asuransi kelautan. Jika menjadi mahasiswa Aktuaria ITS tahun depan, maka kamu akan menjadi angkatan kedua di alma mater ini.

 

Sementara itu, empat perguruan tinggi swasta yang menyediakan Jurusan Aktuaria adalah Surya University, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Pelita Harapan. Aktuaria di kampus mana nih, yang kamu incar?

1230

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
aktuaria
00
aktuaria ugm 2021 aamiin
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog