redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.steampoweredclassroom.com

DIY: 4 Ide Kreasi dengan Alat Tulismu

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Kamu orangnya nggak bisa diam dan suka bikin-bikin sesuatu dengan kedua tanganmu? Atau, justru baru mencoba membuat sesuatu yang sederhana? Kalau begitu, ide-ide kreasi ini akan membuatmu cukup sibuk. Gampang kok, kamu cuma butuh pelengkapan tulis-menulis biasa – segala stationary yang mudah ditemukan.

 

1. Cover Buku Catatan yang Personal

Kenapa punya buku catatan biasa saja kalau kamu bisa membuatnya tampil beda? Ada banyak cara yang bisa dicoba, misalnya dengan nyari gambar-gambar yang kamu sukai secara online kemudian di-print. Bisa kamu bikin sampul, atau cetak di percetakan profesional untuk langsung dibuat glossy cover atau hard cover buku catatan.

Mau yang lebih sederhana? Coba pilih salah satu bukumu dengan cover polos, kemudian tutup dengan lakban, sisakan sebuah space di tengah berbentuk kotak atau segitiga. Trus isi space kosong itu dengan coretan-coretanmu – nggak kudu mahir menggambar untuk melakukannya! Setelah selesai, lepaskan semua lakban. Voila! Kamu punya hasil karya kontemporer di cover buku catatanmu.

Ada lagi ide yang lebih sederhana, tapi tetap keren. Punya selembar peta di rumah? Hari gini, kita lebih menggunakan GPS daripada peta kertas, bukan? Nah, manfaatin deh peta kertas itu untuk sampul buku catatanmu. Keren, kan?

Atau, kalau kamu kurang ahli dalam seni bungkus-membungkus, coba gunakan selotip bergambar – mudah banget ditemukan di toko-toko stationary. Tempelkan saja seloptip itu secara horizontal atau vertikal di cover buku catatanmu. Semakin beragam pola gambar selotipnya, semakin banyak ragam warnanya, maka semakin meriah dan menarik pula buku catatanmu nantinya. Supaya lebih rapi, bikin frame dibagian tepi dengan satu baris selotip lagi.

Jika kamu bisa menjahit, bukan ide buruk kok kalau mau ngejahit sampul berbahan kain. Lagipula, kamu bisa memilih motif dan jenis kainnya, misalnya brokat untuk tampilan yang lebih 'mahal.' Untuk kain berbahan denim atau kanvas, kamu bisa menambahkan saku-saku kecil sebagai tempat penyimpanan alat-alat tulismu.

 

2. Kotak Pensil Unik

Kamu juga bisa berkreasi dengan kotak atau pouch pensil. Nggak perlu bakat ngelukis, kamu bisa menggunakan pen warna dan membuat bentuk-bentuk geometris warna warni pada pouch pensil berbahan kain polos.

Kalau punya kepedulian yang tinggi pada lingkungan, kamu bisa nyoba mendaur ulangbotol plastik bekas. Potong bagian tengahnya, kemudian rekatkan zipper dengan lem pada kedua sisinya. Again, kamu bisa menghias kotak pensil recycle ini dengan warna-warni kreasimu sendiri.

Kamu juga bisa membuat tempat pensil untuk menampung alat-alat tulismu di meja – semacam desk organizer, gitu. Kotak pensil itu bisa dibuat dari kayu bekas, kaset bekas (tau kaset, kan?), lensa kamera bekas, disket bekas (tau disket juga, kan?), kaleng krimer kental manis bekas, karton tisu gulung, botol selai bekas, atau benda-benda lain berbentuk kotak maupun silinder di sekitar rumah.

 

3. Pembatas Buku Warna-Warni

Untuk membuat pembatas buku yang menarik, jangan batasi kreasimu dan terus perkaya ide-ide yang muncul dalam benakmu. Misalnya, kamu bisa membuat berbagai bentuk dari karton, kemudian membungkusnya dengan kertas kado, dengan sentuhan akhir benang warna-warni di salah satu ujungnya.

Bila kamu berbakat menggambar atau lebih suka mewarnai, goresan tanganmu akan membuat pembatas buku buatanmu jauh lebih istimewa dibanding motif kertas kado. Kamu juga bisa menambahkan quotes yang menggugah semangat untuk menjadi lebih positif, lebih bersemangat sekolah atau kuliah, dan lebih enjoy membaca buku.

 

4. Paper Board dengan Ragam Hiasan

Iya, kamu bisa membeli paper board di semua toko stationary – tinggal pake! Tapi kalau mau berbeda, atau ingin membuatmu lebih bersemangat saat menggunakannya, tak ada salahnya menghias paper board-mu. Coba comot salah satu ide diatas: mungkin dengan selotip warna atau dengan peta kertas.

Yang penting, karena paper board ini akan digunakan sebagai alas menulis, pastikan bagian permukaannya rata. Kan nggak lucu kalau paper board-mu cantik dengan selotip warna-warni, tapi permukaanya naik turun macam polisi tidur berjajar. Gimana mau dipake nulis, coba?

 

Berkreasi, membuat sesuatu dengan kedua tanganmu sendiri dapat membuatmu merasa lebih percaya diri – bahwa kamu bisa melakukannya! Nggak kudu rumit, lakukan dan awali saja dari ide-ide sederhana diatas. Kedepannya, kamu bisa mengembangkan kreativitasmu, baik pada segi ornamennya maupun variasi barangnya – misalnya, partisi laci dari karton, melengkapi buku catatanmu dengan saku-saku stationary dari karet elastik, travel roll untuk perlengkapan lukis, dan lain sebagainya.

Masih nggak pede? Cobalah kunjungi toko stationary dan lihat pernak-pernik apa saja yang bisa kamu mix match. Toko kue, gift shop, bahkan homeware store juga menyediakan pernak-pernik yang tak kalah menariknya. Psstt... siapa tahu kamu bisa memulai bisnis dari barang-barang yang akrab denganmu setiap hari ini.

Lebih masukan Blog

4 Tips Sederhana Menghilangkan Iri Hati – Agar Kamu Lebih Bahagia

Ngiri sama orang lain tuh terlalu, teramat, sangat mudah dilakukan. Berunding bersama ...

Depresi – Tak Terlihat tapi Nyata

Pernah terpikir mau bunuh diri? Ugh , kok serem ! Eh , enggak juga, lho . Justru ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka