redesain-navbar Portlet

Blog

photo via youthvillage.co.zw

EEU 2019: 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Dunia Kampus

Menggunakan akreditasi BAN-PT sebagai acuan memilih perguruan tinggi adalah salah satu cara yang cerdas. Tapi selalu ada seribu cara menuju Roma, bukan? Jadi, sebenarnya ada beberapa kriteria yang bisa kamu terapkan untuk memilih perguruan tinggi terbaik, dan salah satu diantaranya adalah Word University Rankings yang dirilis oleh The Times Higher Education (THE).

Untuk tahun 2019 ini, terdapat lima perguruan tinggi di Indonesia (seluruhnya PTN) yang menjadi bagian dari Emerging Economies University (EEU) Rankings-nya The Times Higher Education. Apa saja PTN-PTN tersebut?

 

1. Universitas Indonesia

PTN ini memang layak dinobatkan sebagai yang terbaik di Indonesia. Buktinya, pada daftar peringkat universitas di negara-negara berkembang tahun ini, UI berada dalam 100 besar – tepatnya pada peringkat ke-82. Peringkat UI ini dapat disandingkan dengan Beijing Institute of Technology.

 

2. Institut Teknologi Bandung

PTN runner up dalam daftar peringkat universitas negara-negara berkembang menurut The Times Higher Education adalah ITB. Mengacu pada kriteria THE, yaitu performa pengajaran, penelitian, transfer keilmuan, dan jaringan internasional, sepertinya tak ada yang bisa dikeluhkan dari ITB untuk seluruh kriteria tersebut. Berada diposisi ke-146, ITB setara dengan Nianjing Agricultural University.

 

3. Institut Pertanian Bogor

IPB juga menjadi bagian dari 442 universitas dari 43 negara dalam daftar universitas negara-negara berkembang tahun 2019 versi The Times Higher Education. Berawal sebagai Fakultas Pertanian dari UI, IPB berdiri sendiri sejak tahun 1963. Tak heran ya, kalau PTN inipun mengikuti jejak langkah UI dalam kualitas akademik.

 

4. Universitas Gadjah Mada

Meskipun masih berada dalam daftar 300 EEU 2019, peringkat UGM jatuh dari kisaran 201-250 pada tahun 2017 kemarin. Ditingkat ASEAN, peringkat UGM-pun turun dua tingkat menjadi yang ke-21. Hal yang sama terjadi pada IPB walaupun peringkat ASEAN-nya masih tetap berada pada urutan ke-18.

 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Peringkat terakhir dalam lima besar perguruan tinggi di Indonesia yang masuk daftar EEU 2019 The Times Higher Education adalah ITS. PTN yang berlokasi di Kota Surabaya ini memiliki reputasi gemilang dibidang sains, engineering, dan vokasi.

 

Tanpa masuk kedalam daftar peringkat EEU-nya The Times Higher Education sekalipun, kelima PTN ini tetap yang paling moncer di seluruh penjuru Nusantara. Tapi bagaimana perbandingannya dengan perguruan tinggi lain di Asia?

Tak jauh-jauh, di negara tetangga Malaysia, tiga perguruan tingginya masuk kedalam 100 besar EEU 2019 – yak, punya kita cuma satu: UI. Ketiga perguruan tinggi di Malaysia tersebut adalah University of Malaya (ke-18), Universiti Teknologi Petronas (ke-60), dan Universiti Teknologi Malaysia (ke-86). Thailand menyertakan satu saja perguruan tingginya kedalam 100 besar, yaitu Mahidol University (ke-68).

Siapa yang berada pada top three EEU 2019 The Times Higher Education? Seluruhnya universitas dari Cina, berturut-turut adalah Tsinghua University, Peking University, dan Zhejiang University.

Lebih masukan Blog

Jadi Anak Kos, Siapa Takut?

Tinggal terpisah dari orang tua bisa jadi pengalaman yang menakutkan bagi siapapun. Wajar...

Ingin Kamarmu Rapi? Ikuti 6 Tips Praktis Ini

Hayoo tunjuk tangan, siapa yang kamarnya rapi! Tahukah kamu, ruangan yang berantakan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line