redesain-navbar Portlet

Blog

photo via gakutomo.com

Gakubu, Beasiswa untuk Kuliah S1 di Jepang

Tips Beasiswa

Salah satu tipe Monbukagakusho,atau sering juga disebut MEXT, adalah Gakubu.Beasiswa undergraduate level ini ditujukan khusus untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan Strata 1 di Jepang. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang beasiswa dari pemerintah Jepang ini.

 

Undergraduate Programnya Monbukagakusho, Beasiswa Ini untuk Siapa?

Gakubu dikenal juga sebagai Undergraduate Program, Undergraduate Student,atau Undergraduate University Students karena beasiswa ini ditawarkan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 di perguruan tinggi – di Jepang, tentunya. Untuk menjadi aplikan GAKUBU, kamu disyaratkan berusia minimal 17 dan maksimal 24 tahun pada tahun keberangkatan – biasanya pada bulan April. Kamu juga harus sudah lulus SMA/ SMK, yang berarti telah menyelesaikan pendidikan formal selama 12 tahun.

 

Berapa Lama Masa Studi yang Ditanggung oleh Beasiswa Ini?

Lama studi dengan Gakubu di Jepang adalah lima tahun. Terkecuali untuk untuk jurusan Medis, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Sains Veteriner, masa studi yang diizinkan adalah tujuh tahun. Jangka waktu ini sudah termasuk pelatihan Bahasa Jepang selama satu tahun yang biasanya dilakukan di Osaka University dan Tokyo University of Foreign Studies.

Selain memperdalam keterampilan Bahasa Jepang, kamu juga akan belajar tentang Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Sosial bila pilihan jurusanmu berada dalam rumpun IPS. Jika kamu memilih bidang studi IPA, ada tambahan Biologi, Kimia, dan Fisika yang wajib kamu pelajari juga.

 

Jurusan atau Bidang Studi Apa yang Ditanggung oleh Beasiswa Ini?

Rumpun IPS terbagi kedalam IPS A dan B. Kelompok IPS A terdiri dari Jurusan Hukum, Politik, Pendidikan, Sosiologi, Sastra, Sejarah, Bahasa Jepang, dan lain-lain. Kelompok IPS B adalah Jurusan Ekonomi dan Administrasi Bisnis.

Untuk rumpun IPA, terdapat tiga kelompok. Kelompok IPA A terdiri dari Jurusan Sains (Matematika, Fisika, Kimia), Listrik (Elektronika, Teknik Elektronika, Teknik Informasi), Mesin (Teknik Mesin, Arsitektur Kapal), Arsitektur dan Teknik Sipil (Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Kimia (Kimia Terapan, Teknik Kimia, Kimia Industri, Teknik Tekstil), Teknik Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Maritim, Bioteknologi. Kelompok IPA B terdiri dari Jurusan Pertanian (Pertanian, Kimia Pertanian, Teknik Pertanian, Ilmu Hewan, Medis Veteriner, Kehutanan, Ilmu Makanan, Perikanan), Higiene (Farmasi, Higiene, Keperawatan), Sains (Biologi). Terakhir, kelompok IPA C terdiri dari Medis dan Kedokteran Gigi.

Kamu yang dari kelas IPA bisa memilih jurusan IPA dan IPS. Sedangkan kamu yang berasal dari kelas IPS atau Bahasa hanya bisa memilih jurusan atau program studi IPS. Ini berlaku juga buat kamu yang belajar di SMK – sesuaikan pilihan jurusan dengan rumpun bidangmu saat ini.

Setiap aplikan dapat memilih satu hingga tiga jurusan. Jika pilihan pertamamu berada dalam kelompok IPA A, pilihan kedua dan ketiga dalam kelompok IPA A juga. Peraturan ini juga berlaku untuk pilihan kelompok IPA B. Bila pilihan pertamamu didalam kelompok IPA C, pilihan kedua dan ketiga hanya dari kelompok IPA C dan IPA B. Aturan ini tidak berlaku untuk kelompok IPS A maupun IPS B.

 

Apa Saja Fasilitas yang Diberikan oleh Beasiswa Ini?

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu akan bersaing dengan calon mahasiswa dari 100 negara lain di dunia. Gakubu sendiri diberikan pada 460 awardee atau penerima beasiswa setiap tahunnya.

Tunjangan yang diberikan setiap bulan sebesar ¥117.000 hingga ¥120.000, tersedia tiket pesawat untuk pulang pergi Indonesia-Jepang, dan bebas biaya pengurusan visa. Beasiswa ini tak bersifat mengikat, yang berarti tak ada ikatan dinas.

 

Bagaimana Persiapan untuk Mengajukan Beasiswa Ini?

Keseluruhan proses seleksi Gakubu membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Masa pendaftaran biasanya berkisar dibulan April hingga Mei untuk keberangkatan tahun berikutnya. Selama tahun sebelum berangkat, kamu akan melalui tahap seleksi dokumen dibulan Juni, ujian tulis dipertengahan bulan Juli, pengumuman ujian tulis diakhir bulan Juli, wawancara diawal bulan Agustus, pengumuman wawancara dipertengahan bulan Agustus, dan pengumuman final dibulan Januari tahun berikutnya – tahun yang sama untuk keberangkatan. Jadwal keberangkatan ke Jepang sendiri biasanya sekitar bulan April.

Berminat untuk mengajukan beasiswa ini? Nilai Ujian Nasional-mu harus nyampe minimal 84. Kalau kamu mau kuliah dijurusan IPS, nilaimu masih boleh kurang dari 84 asalkan kamu punya sertifikat JLPT (Japanese Languange Proficiency Test)minimal level N3. Tapi kalau pilihan jurusanmu IPA, sertifikat JLPT nggak bakalan ngaruh – nilai Ujian Nasional-mu tetep nggak boleh kurang dari 84.

Prosedur pendaftaran awal dilakukan secara onlinewebsitenya dapat diakses setelah pendaftaran dibuka. Dalam lima menit, kamu akan menerima email konfirmasi dan nomor ujian. Dokumen yang perlu disiapkan antara lain print out nomor ujian dan application form (dalam Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris), pasfoto, fotokopi terlegalisir Surat Hasil Ujian Nasional (atau SHUN Sementara), fotokopi terlegalisir ijazah (bila terpisah dari SHUN), dan surat rekomendasi dari guru atau Kepala Sekolah. Bila kamu punya sertifikat JLPT, sertakan pula dalam amplop yang kemudian dikirimkan ke Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H. Thamrin no 24 Jakarta 10350.

Cek nomor ujianmu pada situs Kedubes Jepang. Bila lolos seleksi dokumen, kamu akan mengikuti ujian tulis Bahasa Inggris, Matematika, dengan Kimia dan Fisika untuk IPA A, dengan Biologi untuk IPA B dan C, dengan Bahasa Jepang untuk IPS A dan B. Bila wawancara dilakukan di Jakarta saja, ujian tulis dilakukan di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar.

Perlu info lebih lanjut? Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang bisa dihubungi via email di beasiswa@dj.mofa.go.jp.

Lebih masukan Blog

Kosen, Beasiswa Monbukagakusho untuk Pelajar IPA

Hai anak IPA! Mau ngelanjutin pendidikanmu di Jepang? Ada beasiswa dari pemerintah Jepang...

Beasiswa MEXT untuk Special Training College Students: Senshu

Monbukagakusho , siapa sih yang nggak tau tentang beasiswa yang diberikan oleh Kementerian...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka