PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via news.gogotohoku.jp

Beasiswa MEXT untuk Special Training College Students: Senshu

Tips Beasiswa

Monbukagakusho, siapa sih yang nggak tau tentang beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi (Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology/ MEXT) pemerintah Jepang ini? Monbukagakusho memang cukup terkenal, apalagi buat pemburu beasiswa S1 dan S2 di luar negeri. Tapi Monbukagakusho juga menawarkan beasiswa untuk program belajar selama dua tahun, lho.

 

Senshu, MEXT Scholarship untuk Special Training College Students

Senshu adalah tipe Monbukagakusho, atau yang juga dikenal sebagai MEXT,untuk program belajar mahasiswa internasional di Jepang selama dua tahun. Dalam sistem pendidikan Jepang, program belajar dua tahun ini disebut Senshu Gakko – atau Specialized Training College dalam Bahasa Inggris.

Senshu Gakko sendiri merupakan sekolah yang mengajarkan keahlian khusus dalam bidang tertentu. Alumni sekolah ini diharapkan dapat mendukung berbagai industri yang berpotensi untuk berkembang pesat dipasar dunia. Tak harus bekerja, alumni Senshu Gakko bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan kejenjang S1 dan langsung berstatus sebagai mahasiswa tingkat tiga.

Sebelum nantinya kuliah di Special Training College, calon mahasiswa penerima beasiswa akan menjalani pelatihan Bahasa Jepang selama satu tahun di Japan Student Services Organization atau Osaka Japanese Language Education Center sebagai institusi administratif independen (Bunka Institute of Language). Jadi, total masa studi di Jepang adalah tiga tahun.

 

Pilihan Jurusan dan Program Studi Senshu

Kamu tertarik untuk apply beasiswa ini? Lihat dulu pilihan jurusan dan program studi yang ditawarkannya: Teknologi (Teknik Sipil dan Arsitektur, Teknik Listrik dan Elektronika, Teknik Mesin, Komunikasi Nirkabel, Komputer, Pemrosesan Informasi), Personal Care dan Nutrisi (Nutrisi, Cooking and Confectionery, Bakery, Kosmetologi dan Barber), Pendidikan dan Welfare (Pelatihan Guru Keperawatan, Nursing Welfare), Bisnis (Manajemen, Akuntansi dan Pembukuan, Bisnis, Komersial, Travel), Fesyen dan Ekonomi Keluarga (Dressmaking Jepang/ Barat), Budaya dan Pendidikan Umum (Musik, Film dan Video, Animasi, Manga dan Ilustrasi, Seni, Desain, Fotografi, Penerjemahan).

Kamu boleh memilih dua pilihan program studi pada satu jurusan saja. Misalnya, jika memilih Jurusan Teknologi, kamu bisa memilih Program Studi Komputer atau Teknik Mesin. Jika memilih Jurusan Budaya dan Pendidikan Umum, kamu bisa memilih Program Studi Musik atau Desain.

 

Eligibilitas untuk Mengajukan Senshu

Lantas, apakah kamu memenuhi syarat untuk mengajukan beasiswa ini? Pertama-tama, kamu dianggap memenuhi syarat bila telah berstatus sebagai lulusan SMA/ SMK. Usia yang disyaratkan berada dikisaran 17 hingga 24 tahun pada saat keberangkatan ke Jepang. Kemudian, nilai rata-rata Ujian Nasional-mu minimal 80 – seandainyapun nilaimu masih kurang dari 80, kamu masih boleh mendaftar asalkan memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 4 (N4).

 

Fasilitas Penerima Beasiswa Senshu

Senshu menanggung biaya kuliah dan kursus bahasa sebelum perkuliahan serta tiket pesawat pulang pergi Jepang-Indonesia. Tunjangan yang diterima penerima beasiswa atau awardee sejumlah ¥17.000 sampai ¥120.000 per bulan. Bila nantinya kamu lolos seleksi dan harus mengurus visa, pemerintah Jepang menggratiskan pengurusan visa pelajar – asyik, kan?

 

Jadwal Proses Pengajuan Beasiswa Senshu

Dan kapankah seleksi beasiswa ini dilakukan? Biasanya masa pendaftaran Senshu dijadwalkan pada bulan April hingga Mei. Dalam bulan-bulan ini, kamu harus melakukan registrasi online, kemudian print out nomor ujian dan konfirmasi pendaftaran yang kamu terima via email. Dokumen yang harus kamu kirimkan ke Bagian Informasi dan Kebudayaan Kedubes Jepang di Jakarta adalah print out tersebut, pasfoto, fotokopi teregalisir SHUN atau SHUN Sementara, fotokopi teregalisir ijazah (bila terpisah dari SHUN), surat rekomendasi terlegalisir dari Kepala Sekolah atau guru, dan fotokopi sertifikat JLPT jika ada.

Pengumuman berkas yang lolos seleksi dijadwalkan pada bulan Juni, kemudian ujian tulis diadakan pada pertengahan bulan Juli di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar. Ujian tulis mencakup matapelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Inggris. Pengumuman hasil ujian tulis diadakan pada akhir bulan Juli, menyusul wawancara pada awal bulan Agustus di Jakarta. Pengumuman hasil wawancara terjadwal pada pertengahan Agustus.

Proses berikutnya adalah secondary screening, dimana seluruh peserta dari 49 negara bersaing untuk masuk dalam kuota 90 awardees. Pengumuman final awardee dilakukan pada bulan Desember, dan keberangkatan ke Jepang biasanya pada bulan April pada tahun berikutnya.

 

Jika kamu menginginkan beasiswa ini, persiapkan diri sedari sekarang. Periksa jadwalnya secara teratur pada laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, www.id.emb-japan.go.jp.

Lebih masukan Blog

Gakubu, Beasiswa untuk Kuliah S1 di Jepang

Salah satu tipe Monbukagakusho ,atau sering juga disebut MEXT, adalah Gakubu .Beasiswa ...

8 Negara Ini Pilihan Favorit Pelajar Indonesia untuk Kuliah

Kenapa kuliah di dalam negeri kalau kamu bisa kuliah di luar negeri? Sekalipun tak terlahir...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru