PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.ccny.cuny.edu

8 Negara Ini Pilihan Favorit Pelajar Indonesia untuk Kuliah

Tips Kuliah

Kenapa kuliah di dalam negeri kalau kamu bisa kuliah di luar negeri? Sekalipun tak terlahir dari keluarga macam Crazy Rich Asians, kamu masih bisa nyari beasiswa. Dan biasanya negara mana aja sih, yang jadi tujuan kebanyakan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya? Inilah negara-negara yang paling sering dipilih pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri.

 

1. Inggris

Siapa sih, yang masih mempertanyakan kualitas Cambridge University atau Oxford University? Menurut Times Higher Education, tiga dari 10 perguruan tinggi terbaik dunia berada di Inggris. Setiap tahun, sekitar 2.000 mahasiswa berangkat untuk kuliah di Inggris.

 

2. Jerman

Kamu yang ingin kuliah dijurusan teknik pasti mengenal Jerman. Abisnya, negara ini memang terkenal akan kemajuan ilmu teknologinya. Ludwig Maximillian University of Munic dan Heidelberg University hanya dua dari sekian banyak perguruan tinggi yang menawarkan perkuliahan tanpa biaya selangit di Jerman.

 

3. Malaysia

Negara tetangga kita ini sering jadi pilihan kuliah di luar negeri karena kemiripan kultur dan bahasanya. Diantara perguruan tinggi dengan reputasi jempolan di Malaysia ialah University Sains Malaya dan University Malaya. Disamping itu, banyak branch perguruan tinggi berkelas dunia yang bisa jadi pilihan kuliah juga di negara ini.

 

4. Singapura

Perpaduan lifestyle Barat dan Timur menjadi daya tarik Singapura bagi calon mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Namun lebih dari itu, sistem pendidikan negara ini memang cukup maju, bahkan mungkin terbaik, di Asia. Nanyang Technology University dan National University of Singapore adalah buktinya.

 

5. Jepang

Selain terkenal akan pendidikan sains dan teknologinya, Jepang juga memiliki lingkungan dan budaya belajar yang sangat mendukung. Osaka University, Kyoto University, dan University of Tokyo adalah perguruan tinggi terkemuka yang menjadi impian bahkan mahasiswa Jepang sendiri.

 

6. Amerika Serikat

Yale dan Harvard adalah dua perguruan tinggi di Amerika Serikat yang sudah melegenda sekian lama. Namun masih ada pula California Institute of Technology, Standford University, atau Massachusetts Institute of Technology yang bisa jadi pilihan kuliah. Nah, bingung gak tuh, mau kuliah di mana?

 

7. Australia

Australia juga banyak diminati pelajar Indonesia karena jaraknya yang dekat. Setiap tahun ada 8.000 hingga 10.000 mahasiswa Indonesia yang datang di Australia. Kualitas pendidikan kelas dunia di negara benua ini tercermin di University of Sydney, University of Queensland, University of Melbourne, maupun Australia National University.

 

8. Perancis

École Normale Supérieure, École Polytechnique, dan Sorbonne University adalah perguruan tinggi terbaik di Perancis. Syarat wajib untuk menjadi mahasiswa di sini adalah kamu lancar menggunakan Bahasa Perancis karena tak ada perkuliahan berbahasa Inggris. Siap?

 

Melanjutkan pendidikan di luar negeri sebenarnya lebih dari kualitas pendidikan yang baik. Tinggal di negeri orang dengan segala sesuatu yang berbeda selama sekian waktu juga merupakan pembelajaran hidup yang berharga – setidaknya kamu akan lebih mandiri. Tapi memang, kalau kamu mengejar pendidikan teknologi yang maju, langkahkan kakimu ke luar negeri dan bukalah wawasanmu seluas-luasnya.

Lebih masukan Blog

Beasiswa MEXT untuk Special Training College Students: Senshu

Monbukagakusho , siapa sih yang nggak tau tentang beasiswa yang diberikan oleh Kementerian...

5 Faktor Penyebab Mahasiswa Drop Out Kuliah

Kuliah dan berstatus sebagai mahasiswa mungkin nggak cuma impianmu semata, tapi juga harapan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru