redesain-navbar Portlet

Blog

photo via mamikos.com

Ganti Pilihanmu: 4 Jurusan Baru 2018

Jurusan Kuliah Baru

Mantap dengan pilihan jurusan kuliahmu? Yakin? Bagaimana kalau ada pilihan baru? Iya, sebenarnya ada jurusan baru yang mulai dibuka pada 2018. Bukannya bermaksud mengubah pendirianmu, tapi siapa tahu jurusan-jurusan baru ini sebenarnya menawarkan sesuatu yang selama ini kamu cari.

 

1. Aktuaria

Asal kamu tahu aja, negara kita saat ini masih kekurangan tenaga Aktuaris. Makanya, pembukaan jurusan Aktuaria ditingkat pendidikan tinggi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan tenaga Aktuaris yang profesional. Aktuaria menghadapkanmu pada matakuliah-matakuliah yang sarat dengan hitung-menghitung, seperti Pemrograman Komputer, Keuangan, Peluang, Statistik, Matematika, dan Akuntansi. Pendalaman ilmu dibidang-bidang tersebut memang ditujukan untuk mencetakmu menjadi seorang Aktuaris yang dapat mempelajari dan mengelola risiko keuangan yang mungkin terjadi dimasa mendatang.

Bisa nebak bidang pekerjaan apa yang terkait dengan risiko masa depan? Yup, seorang Aktuaris memiliki kecakapan untuk bekerja dan menangani asuransi jiwa, manajemen risiko, tunjangan karyawan, dan masih banyak lagi.

Kamu tertarik? Coba periksa peluangmu untuk kuliah Aktuaria di Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gadjah Mada. Sebelumnya, UI sendiri sudah punya program D3 Aktuaria. Sedangkan Unpad dan UGM masing-masing telah menjadikan Aktuaria sebagai peminatan Jurusan Statistika dan sebagai matakuliah di Jurusan Matematika. Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga membuka Jurusan Sains Aktuaria. Bukankah ini bisa jadi alternatif menarik buatmu?

 

2. Bisnis Digital

Menjadi mahasiswa Bisnis Digital berarti harus siap mempelajari ilmu lintas jurusan, tepatnya bisnis, Hukum Informasi Teknologi dan Informatika, dan tentunya teknologi. Jurusan jaman now ini mempersiapkanmu untuk menguasai Artificial Intelligence, big data, market place, startup digital, dan berbagai pembelajaran bisnis yang menggunakan teknologi digital – semua yang kamu butuhkan untuk menjadi businessman masa depan. Keren banget, kan?

Dan Universitas Padjadjaran adalah yang pertama membuka jurusan ini ditingkat pendidikan tinggi. Bahkan, Unpad juga siap bekerjasama dengan para pelaku bisnis digital yang telah sukses – ya, orang-orang yang berkecimpung dibidang ini secara otodidak. Langsung deh, kamu bakalan dapet ilmunya yang aplikatif.

 

3. Teknik Biomedik

Masih tentang keilmuan lintas jurusan, Teknik Biomedik seakan menjembatani antara ilmu kedokteran dengan dunia teknologi. Belajar tentang rekayasa kedokteran dan biologi, mahasiswa Teknik Biomedik nantinya bisa bekerja dibidang rehabilitasi medis, teknik klinis, pengolahan sinyal dan citra medis, desain peralatan medis, atau teknologi bantuan untuk individu berkebutuhan khusus.

Meskipun saat ini teknisi Biomedik masih jarang kamu jumpai di Indonesia, kedepannya profesi ini akan sangat dibutuhkan. Bukankah rumah sakit semakin banyak menggunakan peralatan medis berteknologi canggih? Lagipula, kesehatan adalah salah satu bidang yang paling merasakan manfaat dari perkembangan teknologi. Jadi tentunya, karir Teknisi Biomedik akan semakin menjanjikan saja kedepannya.

 

4. Sains Informasi Geografi

Ini jurusan nggak sekedar sains, tapi lebih spesifik lagi yaitu informasi. Dan nggak selesai dibagian sains dan informasinya saja, tapi ada embel-embel geografi juga. Nah, bikin pusing nggak, sih?

Tak usah heran. Jurusan yang bernaung di Departemen Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia ini memang akan membuat mahasiswanya sibuk dilapangan dengan isu-isu lingkungan – alih-alih belajar di kelas. Dilain waktu, saat tak sedang melakukan survei lingkungan, mahasiswa Sains Informasi Geografi akan sibuk mengolah data foto udara ataupun data citra satelit. Nah, bisa ketebak latarbelakang nama jurusan ini, bukan?

Lulusan Sains Informasi Geografi dibutuhkan sebagai tenaga profesional yang terlibat dalam perencanaan pembangunan nasional. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga membutuhkan lulusan jurusan ini, lho!

 

Gimana? Jurusan-jurusan diatas layak dipertimbangkan juga, kan? Selain keilmuannya yang menarik, prospek kerja jurusan-jurusan tersebut juga cukup menjanjikan.

Lebih masukan Blog

Intip: Catatan Kecil tentang SBMPTN 2018

SBMPTN 2018 meninggalkan cerita yang tak basi untuk dibahas berulang-ulang. Pasalnya, ada...

Kemenristekdikti: 5 PTS Terbaik

Selama ini, prestis PTN seakan tak pernah surut. Tapi kamu juga perlu tahu, PTS cukup gigih...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka