redesain-navbar Portlet

Blog

photo via ismirajiani.wordpress.com

Kemenristekdikti: 5 PTS Terbaik

PTS Terbaik Menurut Kemenristekdikti

Selama ini, prestis PTN seakan tak pernah surut. Tapi kamu juga perlu tahu, PTS cukup gigih mengejar ketertinggalannya hingga nyaris tak ada lagi bedanya kualitas pendidikan tinggi di PTN dan PTS.

Tetep saja, kamu musti pilih-pilih pilah-pilah juga – eh, tapi bukannya emang musti begitu ya, dalam semua hal – kalau ingin melanjutkan ke PTS. Berpatokan pada Kemenristekdikti sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dalam negeri adalah salah satu cara memilih dan memilah PTS yang berkualitas untuk melanjutkan pendidikanmu.

Pada 2018, Kemenristekdikti menambahkan satu komponen penilaian dalam assessment perguruan tinggi. Jadi, keseluruhan komponen penilaian Kemenristekdikti meliputi kualitas kelembagaan, penelitian dan publikasi ilmiah, kegiatan kemahasiswaan, kualitas SDM, serta kinerja inovasi sebagai komponen penilaian terbaru. Dan PTS-PTS terbaik di negeri ini menurut kriteria Kemenristekdikti adalah sebagai berikut.

 

1. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

UII adalah PTS tertua di Yogyakarta – yang berdiri bahkan sebelum deklarasi kemerdekaan negeri ini. Semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI), kini UII berani bersaing kualitas dengan UNY ataupun UGM di Yogyakarta.

UII memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sehingga bisa mencapai kualitas jempolan semperti saat ini. Infrastruktur dan fasilitas kampusnya meningkat pesat, termasuk hubungan internasional dan kerjasama dengan universitas-universitas di luar negeri. Mahasiswa UII punya peluang menjanjikan untuk mengikuti program pertukaran pelajar dengan kampus rekanan UII di luar negeri.

UII punya Fakultas Hukum, Ekonomi, Ilmu Agama Islam, Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Teknik Sipil dan Perencanaan, serta Teknologi Industri. Jurusan unggulannya antara lain Ilmu Komunikasi, Pendidikan Kimia, dan Hukum.

 

2. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Saat ini Unika menjadi salah satu PTS berkualitas di Jakarta dengan jurusan unggulan Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, dan Psikologi. Kalau fakultasnya sendiri, ada Ekonomi, Ilmu Administrasi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, Teknik, Kedokteran, Psikologi, dan Teknobiologi. Unika menarik bagi calon mahasiswa karena memiliki kegiatan kemahasiswaan yang beragam, fasilitasnya lengkap, dan pengajaran perkuliahannyapun cukup efektif.

 

3. Bandung: Universitas Telkom

Teknologi Informasi emang lagi ngehits, nih. Dan PTS dengan predikat terbaik dibidang teknologi informasi adalah Universitas Telkom. Kampus Telkom emang punya fasilitas yang serba canggih dan lengkap, sih! Tak hanya fasilitas teknologi informasinya saja yang jagoan, PTS di Bandung ini juga terbaik dalam bidang pengajaran, sumber daya, dan keterbukaan.

Pada tahun 2013, PTS ini berdiri sebagai gabungan dari Politeknik Telkom, STISI Telkom, Institut Manajemen Telkom, Institut Pendidikan Telkom, dan Yayasan Pendidikan Telkom. Sebagai sebuah institusi tunggal, saat ini Universitas Telkom memiliki Fakultas Teknik Elektro, Informatika, Rekayasa Industri, Ekonomi Bisnis, Ilmu Terapan, Industri Kreatif, dan Komunikasi Bisnis.

 

4. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Dari Fakultas Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Kesehatan, Pertanian dan Peternakan, Ekonomi dan Bisnis, serta Agama Islam, jurusan yang menjadi unggulan di UMM adalah Manajemen, Psikologi, Teknik Informatika, Kedokteran, dan Matematika. Berpusat pada Kantor Hubungan Internasionalnya, PTS di Malang ini menjalin kerjasama internasional dengan American Corner, The Asia Foundation, bahkan Erasmus Mundus. Program pertukaran mahasiswa dan tenaga pengajar dalam skala internasional juga cukup aktif dijalankan.

 

5. Jakarta: Universitas Bina Nusantara

Salah satu keunikan Binus adalah tawaran perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan gelar ganda. Pada program ganda, nantinya kamu bisa lulus dengan dua gelar sarjana dari fakultas atau sekolah berbeda di Binus. Fakultas Binus antara lain Ekonomi dan Informasi, Teknik, dan Humaniora, sedangkan sekolahnya meliputi Sekolah dan Teknik Informatika, Sekolah Bisnis dan Manajemen, serta Sekolah Sistem Informasi.

Binus terbilang unggul dalam relasi yang dibangunnya dengan universitas-universitas di luar negeri, terutama pada Jurusan Teknologi Informasi. Tapi masih ada juga jurusan unggulan Binus yang lain, seperti Desain Komunikasi Visual, Teknik Sipil, Sistem Komputer, dan Teknik Industri.

 

Kelima PTS diatas adalah bukti bahwa kualitas PTS nggak kalah jauh dari PTN. Jadi, nggak perlu antipati lagi kuliah di PTS, ya! Yang penting, telitilah dalam memilih dan menentukan.

Lebih masukan Blog

Ganti Pilihanmu: 4 Jurusan Baru 2018

Mantap dengan pilihan jurusan kuliahmu? Yakin? Bagaimana kalau ada pilihan baru? Iya,...

5 PTS dengan Akreditasi A di Ibukota

Kamu percaya kalau orang bilang, PTS tuh nggak sebagus PTN? Bahkan ketika ngomongin PTS di...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka