redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit DEDEN IMAN

5 PTS dengan Akreditasi A di Ibukota

PTS Jakarta

Kamu percaya kalau orang bilang, PTS tuh nggak sebagus PTN? Bahkan ketika ngomongin PTS di kota-kota besar sekalipun? Bagaimana dengan PTS di ibukota? Masak masih dibilang kalah kualitas sama PTN? Apalagi, kalau PTS-nya udah terakreditasi A BAN-PT, seperti berikut ini.

 

1. Universitas Bina Nusantara

Memiliki kampus pada beberapa lokasi, kampus utamanya sendiri berada di Jl. KH. Syahdan no.9 Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Baru berdiri tahun 1996, tapi universitas ini sudah terakreditasi A BAN-PT sejak 2016. Padahal, dua tahun sebelumnya status akreditasi institusi Binus masih B.

Binus sendiri menawarkan tiga program kuliah, yaitu reguler, internasional, dan daring. Untuk Strata 1 program reguler, Binus punya tiga fakultas dan empat sekolah yaitu Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Desain, dan Sekolah Teknik Informatika. Kalau mau ambil program kuliah ganda supaya nantinya bisa lulus dengan dua gelar, kamu bisa pilih Jurusan Teknik Industri dan Manajemen, Sistem Informasi dan Akuntansi, Sistem Informasi dan Manajemen, Sistem Informasi dan Teknik Industri, Teknik Informatika dan Matematika, atau Teknik Informatika dan Statistika.

Mau dapat gelar ganda juga, dan salah satunya dari rekanan Binus di luar negeri? Kamu bisa ambil program kuliah internasional yang menawarkan Jurusan Product Design Engineering, Automotive and Robotics Engineering, Marketing, International Business, Information System, Hospitality and Tourism Management, Graphic and New Media, Film, Fashion Managemetn, Fashion Design, Computer Science, Communication, atau Accounting.

Kalau kuliah daringnya sendiri, ada Manajemen Pemasaran pada Strata 1 serta Akuntansi, Manajemen Pemasaran, dan Sistem Informasi pada Diploma 3 yang bisa dilanjutkan ke Strata 1. Sebagian besar jurusan tersebut juga sudah terakreditasi A BAN-PT, lho!

 

2. Universitas Gunadarma

Berdiri tahun 1981, Universitas Gunadarma telah mengantongi akreditasi A BAN-PT sejak tahun 2014. Gedung kampus perkuliahannya ada banyak, dari A sampai K di lokasi yang berbeda, tapi kampus utamanya berada di Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok.

Pada jenjang Strata 1, Gundar menawarkan enam fakultas yaitu Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Ekonomi, Sastra, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, dan Ilmu Komunikasi. Sistem Komputer dan Manajemen adalah dua dari jurusan-jurusan favorit terakreditasi A. Gundar juga punya program-program internasional, beberapa diantaranya yaitu International Bachelor and Master Degrees Collaboration serta Major for Integrated Program.

 

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Institusi pendidikan tinggi yang berdiri tahun 1960 ini telah terakreditasi A BAN-PT sejak tahun 2016. Lokasi kampusnya ada dua, satu di Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta sedangkan satunya lagi di Jl. Pluit Raya 2, Jakarta. Jenjang Strata 1 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, atau lebih sering disebut Unika Atma Jaya, terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi.

 

4. Universitas Mercu Buana

Universitas yang didirikan pada tahun 1985 ini memiliki empat kampus di lokasi yang berbeda, dengan kampus utama berada di di Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Memperoleh akreditasi A BAN-PT pada 2017, Universitas Mercu Buana terdiri dari Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Ilmu Komputer untuk pendidikan jenjang Strata 1.

 

5. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Sejak awal berdirinya ditahun 1987, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka terkenal akan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikannya. Selain FKIP, Uhamka juga punya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi dan Sains, serta Fakultas Agama Islam. Beberapa jurusan, seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, PGSD, Ilmu Komunikasi, Administrasi Pendidikan, dan Sejarah, telah terakreditasi A.

Institusinya sendiri terakredtiasi A BAN-PT sejak tahun 2016 – meningkat dari dua tahun sebelumnya yang masih B. Lokasi kampus utama Uhamka berada di Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dua kampus lainnya berada di Jakarta Selatan pula, sedangkan empat kampus lain berada di wilayah Jakarta Timur.

 

Selain kelima PTS diatas, Jakarta juga punya  Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara, Universitas Nasional, STIE Trisakti, dan Akademi Pariwisata Pelita Harapan yang terakreditasi A BAN-PT. Beberapa PTS tersebut bahkan sudah terakreditasi A sebelum Universitas Indonesia (2017). Nah, bukankah ada juga PTS yang berkualitas?

Lebih masukan Blog

Kemenristekdikti: 5 PTS Terbaik

Selama ini, prestis PTN seakan tak pernah surut. Tapi kamu juga perlu tahu, PTS cukup gigih...

Sebelum Wisuda, Jawab 4 Pertanyaan Ini

Jadwal wisuda makin dekat! Dagdigdug deh, rasanya. Pake toga, siap-siap kasih kabar ke orang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka