redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.cardiff.ac.uk

Geologi, Jurusan yang Membawamu Kembali ke Bumi dengan Penghasilan Selangit

Cari Tahu Jurusanmu

Mungkin kamu sudah akrab dengan Geografi, matapelajaran yang sudah kamu peroleh dibangku sekolah. Bagaimana dengan Geologi?

 

Teknik Geologi

Yak, Geologi berada di Fakultas Teknik, jadi nama lengkapnya adalah Teknik Geologi. Dijurusan ini, kamu belajar tentang komposisi, sifat-sifat fisika dan kimia, proses pembentukan, sejarah, dan struktur bumi. Pendeknya, segala sesuatu yang berada dibawah permukaan tanah adalah bidang kajian mahasiswa Teknik Geologi.

Oleh karena itu, kamu akan belajar banyak juga tentang geotermal, pertambangan, perminyakan, hingga mitigasi bencana. Pengetahuanmu akan kondisi tanah, air tanah, batuan, dan berbagai faktor geologi lain serta kemampuanmu untuk melakukan analisis teknis material bumi secara rinci dapat membantu menilai proyek pembangunan, kesesuaian bentuk dan bahan bangunan, hingga risiko bencana alam.

 

Ilmu Geologi dan Terapannya

Geologi tak sepenuhnya sama dengan Geografi. Tak cuma Geografi, kamu juga memerlukan dasar Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia yang kuat untuk menggeluti bidang Geologi. Dalam perannya sebagai wahana pengkajian, penerapan perekayasaan lingkungan hidup, dan pemanfaatan sumberdaya alam yang berupa air, energi, dan mineral, ilmu ini lebih jauh diklasifikasikan menjadi beberapa terapan, seperti Geologi Teknik, Geologi Tambang, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geokimia dan Geothermal, Geofisika, Geologi Dinamik, Petrologi dan Mineralogi, Paleontologi, Hidrogeologi, Geologi Struktur dan Sedimentologi, Geomorfologi dan Remote Sensing, Stratigafi, dan lain sebagainya.

Dan demi keahlian Geologi terapan tersebut, mahasiswa jurusan ini masih dibekali lagi dengan pengetahuan tentang lingkungan, statistika, konstruksi, geofisika, batuan dan mineral, gunung api dan panas bumi, erosi permukaan bumi, gempa bumi, pengendapan batuan, dan masih banyak lagi.

 

Kampus-Kampus dengan Teknik Geologi

Pada beberapa perguruan tinggi, Teknik Geologi memang berada pada Fakultas Teknik. Iyalah, namanya juga udah ada teknik-tekniknya, gitu. Tapi karena tak ada aturan baku yang mengharuskannya, masih ada perguruan tinggi lain, misalnya Institut Teknologi Bandung, yang menempatkan Teknik Geologi sebagai suatu jurusan di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Terlepas dari fakultasnya, Teknik Geologi bisa kamu jumpai di kampus-kampus berikut ini:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Universitas Halu Oleo
  • Institut Teknologi Medan
  • Institut Sains dan Teknologi Td Pardede
  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Universitas Pakuan
  • Universitas Trisakti

 

Profesi Menggiurkan bagi Alumni Teknik Geologi

Kalau kamu menginginkan prospek kerja dengan penghasilan dua digit perbulan, Teknik Geologi adalah jurusan yang tepat buatmu. Bagaimanapun juga, bidang keilmuan ini memang memerlukan jerih payahmu sejak dibangku kuliah hingga dilapangan kerjanya. Selain perkuliahan di kelas dan tugas-tugasnya, kamu akan sering menjalani kuliah lapangan, ekskursi, atau fieldtrip yang melatihmu eksplor dilapangan saat bekerja nantinya.

Pekerjaan Teknik Geologi memang lebih banyak berada dilapangan, mencakup:

  • Pengelolaan lingkungan – mitigasi gerakan tanah, kelestarian air tanah, penentuan lokasi pembuangan limbah
  • Rekayasa penyediaan dan pengelolaan sumberdaya energi – batubara, minyak bumi, panas bumi
  • Penataan, perencanaan, konstruksi, pengembangan wilayah – jembatan, jalan, gedung bertingkat, bendungan, terowongan, bunker
  • Pengelolaan sumberdaya air – pengelolaan mata air, pengembangan air tanah, pengembangan daerah aliran sungai

Ada berbagai profesi pada bidang-bidang kerja Teknik Geologi, seperti Ahli Sistem Informasi Geografis, Peneliti Geografi, Peneliti dan Ahli Teknologi Informasi Geospasial, Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Peta Geografi, Ahli Pengeboran Bumi non Minyak dan Gas, Ahli Teknik Lingkungan, Ahli Hidrologi, Teknisi Geologi dan Perminyakan, atau Pengajar Ilmu Atmosfer, Ilmu Bumi, Ilmu Luar Angkasa, dan Ilmu Kelautan.

Bisa ditebak, lapangan kerja seorang alumnus Teknik Geologi disektor swasta tak jauh-jauh dari perusahaan pertambangan, perusahaan minyak, perusahaan geoservices, LSM, atau pada pengembang pemukiman, suplier, bahkan perbankan. Medco Energi, Chevron, Exxon Total Indonesia, PT Timah, PT Aneka Tambang, atau PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan-perusahaan swasta yang cukup menggoda bagi alumni Teknik Geologi. Bila kamu lebih suka bekerja sebagai PNS, instansi dan departemen pemerintah seperti Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Departemen Dalam Negeri, BPPT, LIPI, Bappenas, Bappeda, ataupun Pertamina juga memerlukan para alumni Teknik Geologi.

Lebih masukan Blog

Pentingnya Jurusan Ini bagi Umat Manusia: Meteorologi

Udah berapa lama kamu tinggal di Indonesia? Apa yang kamu ketahui tentang iklim dan cuaca...

Surga bagi Penyukanya: Jurusan Matematika

Kalau kamu suka matapelajaran Matematika, tak ada salahnya melirik Jurusan Matematika saat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka