redesain-navbar Portlet

Blog

Sudahkah Kamu Tahu tentang Perikanan?

Cari Tahu Jurusanmu

Kuliah di Perikanan? Penting ya, belajar tentang ikan? Mau ngapain abisnya lulus entar?

Ketika kamu mendengar pertanyaan-pertanyaan semacam ini, cuekin aja. Kenapa? Karena ternyata belajar tentang ikan di perguruan tinggi bukan hal yang sederhana. Tahukah kamu kalau ada beberapa jurusan yang berkaitan dengan Perikanan, yang masing-masing tak sama antara satu dengan lainnya?

 

Ragam Jurusan Perikanan yang Perlu Kamu Tahu

  • Budidaya Perairan

Jurusan ini dikenal juga sebagai Budidaya Perikanan, Manajemen dan Teknologi Budidaya Perikanan, atau Akuakultur (Aquaculture). Pada jurusan ini, kamu belajar tentang pola pengembangbiakan makhluk hidup air laut, air tawar, maupun air payau. Kamu juga belajar tentang rekayasa habitat ramah lingkungan yang melibatkan pembenihan, formulasi pakan, dan pengelolaan kualitas air secara ekonomis, baik untuk tujuan konsumsi maupun estetika. Pengetahuan tentang hama penyakit juga diperlukan guna menghasilkan budidaya ikan pangan, ikan hias, udang, rumput laut, moluska, kerang mutiara, ataupun sumberdaya perairan lain yang optimal.

Bila minatmu memang berada pada usaha budidaya perikanan, lanjutkan pendidikanmu pada Jurusan Perairan di Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, atau Politeknik Negeri Lampung.

  • Manajemen Sumberdaya Perairan

Jangan heran bila ada yang menyebut jurusan ini sebagai Manajemen Akuatik. Dijurusan ini kamu belajar tentang masyarakat pesisir, pencemaran, hukum, lingkungan, bahkan hukum-hukum tentang kerusakan air dan cara mengatasinya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan laut dan perairan, termasuk masyarakat sosial, berada dalam lingkup keilmuan Manajemen Sumberdaya Perairan. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Brawijaya.

  • Teknologi Hasil Perikanan

Terkadang jurusan ini dikenal juga sebagai Teknologi Hasil Perairan, Teknologi Industri Perikanan, Pengolahan Hasil Perikanan, atau Pengolahan Hasil Perairan. Pada intinya, disini kamu belajar tentang bagaimana mengolah hasil budidaya perikanan menjadi obat-obatan, makanan, atau produk-produk lain yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia dan ramah lingkungan. Tak hanya teknologi budidaya ikan, kamu juga dibekali dengan pengetahuan tentang pengelolaan limbah hasil industri perikanan, teknik fermentasi, teknik pengawetan, dan berbagai solusi persoalan terkait dengan perikanan. Bisnis dan manajemen industri perikanan juga berada dalam cakupan keilmuan Jurusan Teknologi Hasil Perikanan.

Ada banyak kampus yang memiliki jurusan keren ini, diantaranya ialah Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, dan Universitas Pattimura.

  • Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan disebut juga sebagai Penangkapan Sumberdaya Perikanan, Penangkapan Sumberdaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, atau Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Pada intinya, jurusan ini membekalimu dengan pengetahuan tentang penangkapan ikan di laut, sungai, bahkan danau, melalui nelayan, kapal perikanan, hingga pelabuhan.

Bila kamu tertarik pada kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang mekanisme penangkapan ikan di laut, tentunya jurusan ini juga akan menarik buatmu. Dijurusan inilah kamu bisa belajar tentang perancangan penangkapan ikan yang sesuai dengan peraturan legal sembari tetap menjaga keseimbangan ekosistem.

 

Prospek Kerja Sarjana Perikanan

Setelah merampungkan kuliah dan menyandang gelar Sarjana Perikanan, kamu memiliki peluang untuk mendalami berbagai profesi. Diantaranya adalah:

  • Wirausaha (fishery entrepreneur)

Kamu bisa mengembangkan usaha dibidang pengolahan hasil perikanan maupun budidaya perikanan, seperti bisnis ikan hias, penangkapan, pelatihan dan sarana perikanan, aquascape, atau budidaya berbagai komoditi perikanan. Contohlah Ibu Susi Pudjiastuti yang telah sukses menjadi seorang miliarder Indonesia karena usahanya dibidang perikanan sebelum menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Bukan tak mungkin kamu bisa mengikuti jejak langkah beliau.

  • Konsultan

Keahlianmu dalam bidang perikanan bisa bermanfaat dalam alur praproduksi, produksi, pengolahan, hingga pemasaran. Kamu bisa mendirikan atau bekerja di biro konsultan perikanan atau konsultan kelautan.

  • Staff/ Pegawai/ Karyawan

Pengetahuanmu tentang perikanan dapat memberimu posisi sebagai Quality Control produk olahan hasil perikanan. Beberapa perusahaan, seperti PT Suri Tani Pemuka, PT Matahari Sakti, PT Centralproteina Prima Tbk, dan lain-lain, membutuhkan pekerja para Sarjana Perikanan. Masih banyak pula perusahaan lain atau BUMN yang bergerak dibidang pangan ikan atau budidaya laut. Bila kamu suka bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, Kementerian Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Balai Budidaya Air Tawar, Balai Budidaya Air Laut, Balai Budidaya Air Payau, Balai Karantina Ikan, Balai Riset dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Penyuluh Perikanan, maupun instansi pemerintah lainnya juga membutuhkan tenaga-tenaga Sarjana Perikanan.

  • Penyuluh

Masyarakat awam masih membutuhkan input pengetahuan yang lebih banyak tentang perikanan. Misalnya, pada kasus ditemukannya ikan Arapaima gigas di Sungai Brantas, kamu bisa memberi penyuluhan tentang betapa bahayanya ikan predator Amerika Selatan ini pada keseimbangan rantai makanan sungai kita.

  • Pengajar

Setelah melanjutkan pendidikanmu dan meraih gelar Master, kamu bisa menjadi tenaga pengajar yang terampil di perguruan tinggi atau sekolah perikanan.

  • Peneliti

Sebagai seorang peneliti, tugasmu adalah mengembangkan konsep teoritis guna menyelesaikan berbagai masalah dalam bidang perikanan. Kamu juga bisa menjadi seorang laboran di laboratorium perikanan.

 

Kamu juga berpeluang untuk menjadi seorang jurnalis pada media yang bergerak dibidang perikanan atau bekerja pada perusahaan perikanan, pabrik pakan ikan dan ternak, pertambangan, atau hatchery budidaya laut. Tahukah kamu jika ada profesi sebagai seorang perbankan untuk perikanan? Bisa jadi itu nanti yang akan menjadi profesimu dikemudian hari.

Lebih masukan Blog

Serba-Serbi 3 Jurusan Fisika

Fisika sering menjadi pelajaran horor buat banyak siswa, tapi juga tetap ada saja yang...

Lihat yang Tak Tampak: Mikrobiologi

Mungkin kamu udah enggak penasaran lagi sama berbagai jenis satwa dan tumbuhan, apalagi kalau...

Menambah Komentar

GT
giltes tigasatu 1 Tahun Lalu
mantap
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka