CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Tahun Ajaran Baru 2022

Siapkan diri memasuki tahun ajaran baru.

persiapan dalam pembelajaran tahun ajaran baru, Photo by Jexo on Unsplash

Kapan anak sekolah masuk tahun ajaran baru 2022? Kalian tentu sudah tahu jawabannya, bukan? Jadwal sudah pasti, tetapi masih ada yang ngegantung nih, Sobat Pintar. Apa itu?

Bukan, bukan si doi yang ngegantung perasaanmu, tetapi apa saja yang perlu kamu siapkan menjelang tahun ajaran baru. Apalagi Sobat Pintar yang baru masuk kelas X, pasti banyak hal-hal baru yang bakal kamu jumpai di sekolah yang juga baru. Nah, ketika menjadi siswa tahun pertama apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan?

 

Hal yang Perlu Dipersiapkan Siswa saat Tahun Ajaran Baru

Kapan anak sekolah masuk tahun ajaran baru 2022
Photo by Ed Us on Unsplash

Buat anak kelas X, sekali lagi, persiapan buat tahun ajaran sekarang mungkin sedikit berbeda dari tahun ajaran baru 2021/2022. Walau begitu, bukan berarti kalian yang naik kelas XI dan XII enggak perlu cek lagi persiapan dalam pembelajaran tahun ajaran baru. Terus, apa saja persiapan-persiapan tahun ajaran baru yang wajib masuk checklist-mu?

1. Perlengkapan penunjang belajar

Melihat status PPKM di beberapa wilayah yang masih naik turun, terlalu gegabah bila kita hanya menyiapkan buku dan alat tulis. Dalam dua tahun belakangan ini, alat-alat belajar kita sudah bertambah banyak macamnya. Barangkali nanti sekolah sudah normal kembali, tetapi tak ada salahnya memastikan laptop dan gadget siap digunakan untuk belajar.

2. Baca-baca buku pelajaran

Naik ke kelas baru, bukan tidak mungkin bakal membuatmu ketemu sama mata pelajaran baru. Kenalan dulu, sok kenal sok akrab sama matpel baru itu boleh banget loh, Sobat. Mungkin ada buku cetak bekas punya kakak yang bisa kamu baca-baca atau ada modul yang bisa kamu unduh. Terkait dengan persiapan dalam pembelajaran tahun ajaran baru, menjadi kepo itu justru bermanfaat banget!

3. Mengubah rutinitas

Selama belajar dari rumah dan liburan, kamu masih bisa santai di jam 7 pagi. Bila sekolah sudah normal kembali, jam 7 pagi itu kamu sudah duduk di dalam kelas siap untuk belajar. Jadi jam berapa kamu harus bangun? Yuk, ubah rutinitas pagimu mulai sekarang biar nanti enggak kena Tatib di hari pertama masuk.

4. Kelengkapan baju seragam

Kalau kamu siswa baru kelas X, tahun ajaran baru berarti pakai seragam baru. Kalau kamu anak kelas XI dan XII... seragammu sudah siap? Topi, dasi, ikat pinggang, kaus kaki, baju olahraga, sepatu – semua masih ada, kan? Jika ada bagian dari seragam yang tercecer entah ke mana selama belajar daring, masih ada waktu buat mencari – atau beli lagi. Bila sekolah sudah normal kembali, kamu bakal membutuhkan semua printilan seragam itu.

5. Perlengkapan tambahan baru

Hand sanitizer dan masker sudah menjadi bagian tak terpisahkan setiap kita melangkah keluar rumah. Begitu juga bila sekolah sudah normal lagi nanti, Sobat. Mungkin kamu perlu punya beberapa stok botol hand sanitizer dan menyiapkan bekal masker di dalam tas.

 

Hal yang Perlu Dipersiapkan Guru saat Tahun Ajaran Baru

Ketika menjadi siswa tahun pertama apa saja hal hal yang harus dipersiapkan
Photo by Husniati Salma on Unsplash

Bukan hanya kamu yang membutuhkan persiapan dalam pembelajaran tahun ajaran baru, tetapi Bapak-Ibu Gurumu juga, Sobat. Memasuki semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, Beliau sudah sibuk banget – kira-kira di waktu yang bersamaan ketika kamu lagi liburan sekarang, nih.

Terus, di tahun ajaran sekarang ini, apa saja yang disiapkan oleh Bapak-Ibu Gurumu? Diringkas dari sini, persiapan guru dalam pembelajaran tahun ajaran baru meliputi hal-hal berikut.

1. Melakukan adaptasi new normal

Bapak-Ibu Guru akan memantau protokol kesehatan di sekolah, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Ini dilakukan demi kesehatan kita bersama, Sobat.

2. Mempelajari kurikulum baru

Sebelum tahun ajaran sekarang dimulai, Bapak-Ibu Gurumu sudah mempelajari kurikulum yang baru.

3. Menambah keterampilan baru

Selama kita belajar daring, ada banyak perubahan penggunaan alat pembelajaran. Demi kelancaran kegiatan belajar-mengajar, Bapak-Ibu Guru belajar bagaimana menggunakan teknologi dan aplikasi pendidikan.

4. Memperdalam materi pelajaran baru

Disamping belajar menguasai teknologi, Bapak-Ibu Guru juga menyiapkan dan memperdalam materi yang akan diajarkan di kelas nanti.

5. Refleksi dan evaluasi diri

Tak ketinggalan, Bapak-Ibu Guru melakukan refleksi dan evaluasi atas kegiatan belajar-mengajar dari semester sebelumnya.

 

Ternyata yang sibuk dengan persiapan dalam pembelajaran tahun ajaran baru enggak cuma kita sebagai siswa, Sobat Pintar. Apalagi jika sekolah sudah normal lagi di semester depan, ada banyak perubahan yang bakal kita jalani. Jadi, masih butuh apa lagi nih, biar kalian lebih semangat menyambut tahun ajaran sekarang?

130

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog