CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Apa Saja yang Harus Disiapkan Guru Menghadapi Tahun Ajaran Baru 2022?

Kiat guru mempersiapkan diri untuk mengajar di tahun ajaran 2022/2023

Foto dari Pexels

Tak terasa tahun ajaran 2021/2022 sudah memasuki semester genap. Sekolah-sekolah sudah mulai memberlakukan pertemuan tatap muka terbatas dan mengaplikasikan berbagai metode pengajaran diantaranya blended learning dan juga hybrid learning. Kira-kira bagaimanakah pembelajaran di tahun ajaran baru 2022 nanti?
Nah, menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023, tidak ada salahnya Guru Pintar mulai dari sekarang. Apa saja sih, yang harus disiapkan supaya Guru Pintar dapat mengajar dengan prima di tahun ajaran baru 2022? Simak ulasannya berikut ini!

1. Melakukan Adaptasi New Normal


Foto dari Pexels

Meskipun sudah hampir dua tahun pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias belajar di rumah akibat pandemi COVID-19, beberapa daerah yang masuk dalam zona aman (hijau) sudah membuka sekolah dengan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), rasanya masih banyak hal yang harus Guru Pintar lakukan untuk beradaptasi dengan keadaan kenormalan berlaku yang sekarang berlaku. Kebiasaan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, selalu mencuci tangan, dan lain sebagainya masih harus dibiasakan. Terlebih saat ini virus covid 19 sudah banyak bermutasi dan penularannya semakin mudah. Jangan sampai lalai ya Guru Pintar! Tetap berusaha menjaga protokol kesehatan meskipun keadaan tampaknya sudah longgar. Jaga kesehatan diri dan juga siswa yang diajar nanti.

2. Mempelajari Kurikulum Baru

Saat virus corona melanda, pendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum darurat yang dinilai sangat sesuai dengan keadaan yang penuh dengan keterbatasan. Saat ini Guru Pintar pasti sudah banyak mendengar kabar bahwa akan ada kurikulum baru untuk mengajar pada tahun ajaran baru. Persiapan sekolah 2022 yang harus Guru Pintar lakukan mulai saat ini adalah mulai mencari tahu apa dan bagaimana kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum prototipe itu. Selalu update informasi dari situs-situs terpercaya atau ikuti forum diskusi-diskusi guru yang membahas kurikulum ini. Jika perlu, Guru Pintar dapat bertindak aktif dengan mengajak teman guru atau sekolah mengundang narasumber tentang kurikulum baru. Dengan demikian, masuk tahun ajaran baru 2022 Guru Pintar sudah siap sedia mengajar dengan prima.

3. Menambah Keterampilan Baru

Meskipun ada kemungkinan siswa dapat bersekolah seratus persen di tahun 2022 nanti jika kondisi sudah aman, bukan berarti pendidikan di Indonesia akan kembai seperti sebelum pandemi melanda. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran pasti akan tetap digunakan. Oleh sebab itu, semangat jangan kendor untuk belajar. Manfaatkan waktu yang ada dan keadaan yang memungkinkan belajar secara online untuk menambah keterampilan baru yang dibutuhkan untuk mengajar di tahun ajaran 2022. Asah keterampilan menggunakan teknologi dan aplikasi pendidikan. Tingkatkan kemampuan mengajar dengan metode-metode yang sesuai dengan kondisi kenormalan baru. Bagaimana caranya? Ikut pelatihan baik online maupun offline, baca buku, ikut komunitas guru, dan masih banyak lagi.

4. Mulai memperdalam Materi Pelajaran Baru

Kiat guru mempersiapkan tahun ajaran baru berikutnya adalah membuka dan membaca buku materi pelajaran yang akan diajar pada tahun ajaran baru nanti. Dengan demikian, Guru Pintar dapat lebih matang memahami konsep materi pelajaran yang akan diajarkan dan dapat merancang bagaimana cara mengajarkan materi pelajaran tersebut. Meskipun sudah mengajar bertahun-tahun, tidak ada salahnya kan, untuk tetap belajar? Bukankah seorang guru adalah pembelajar sepanjang hayat.

5. Mengevaluasi Diri

yang disiapkan guru untuk mengahdapi tahun ajaran baru 2022
Foto dari Pexels

Yang harus dipersiapkan guru sebelum menghadapi tahun ajaran baru adalah mengevaluasi diri sendiri. Evaluasi diri tidak perlu menunggu perintah dari atasan. Guru Pintar dapat melakukan evaluasi dan juga refleksi berdasarkan catatan-cataan dan juga jurnal saat mengajar. Guru Pintar juga dapat meminta umpan balik dari siswa dan juga teman sejawat tentang bagaimana caranya mengajar. Hal ini penting supaya Guru Pintar dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kekurangannya. Biasakan untuk selalu menuliskan evaluasi dan refleksi setelah mengajar ke dalam sebuah buku khusus, jurnal, atau lesson plan yang sudah dibuat. Dengan demikian semua kejadian dapat terdokumentasi dengan baik dan menjadi acuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

Kapan tahun ajaran baru 2022 dimulai, Guru Pintar sudah ketahui. Yang penting sekarang adalah mari persiapkan diri sehingga menjadi guru yang

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog