APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Hasil Sosialiasi SNPMB 2023: Catat 3 Poin Penting Ini

Beberapa poin penting harus diperhatikan oleh peserta seleksi masuk kampus negeri tahun 2023.

Photo by Vadim Bozhko on Unsplash

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 akhirnya telah menjadi lebih jelas sekarang. Pada konferensi pers 1 Desember 2023 yang lalu, kita mendapati beberapa hal yang berubah dalam seleksi masuk PTN 2023. Namun demikian, ada pula beberapa ketentuan yang tak masih tetap sama dengan seleksi pada tahun sebelumnya

Terus, bakal seperti apa Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023? Ini dia, beberapa poin penting yang kita peroleh dari sosialisasi SNPMB 2023 beberapa waktu yang lalu.

 

1. Pembelajaran yang Menyeluruh dan Fokus pada Penalaran

konferensi pers SNPMB 2023
Photo by ConvertKit on Unsplash

Lebih dari sekadar seleksi, Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023 ditujukan agar kita kembali kepada tujuan untuk belajar. Di SNMPTN 2022, hanya beberapa mata pelajaran yang menjadi komponen penilaian seleksi. Ketentuan ini membuat kita memilih-milih dalam belajar, entah disadari atau tidak. Misalnya, karena Biologi penting untuk SNMPTN, kita pun berusaha keras menjaga nilai mata pelajaran tersebut.

Namun berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Sobat Pintar. Semua mata pelajaran sekarang turut serta menjadi komponen penting dalam seleksi perguruan tinggi negeri 2023. Entah kamu anak IPA, IPS, atau Bahasa, semua mata pelajaran di rapormu punya bobot yang sama dalam menentukan lolos tidaknya kamu dalam SNBP.

Hal yang sama juga dialami oleh mereka yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), ada empat komponen ujian di UTBK 2023, yaitu TPS, literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta penalaran Matematika. Tidak ada lagi TKA, ujian mata pelajaran jurusan, seperti pada UTBK 2022.

Perubahan komponen penilaian dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 tersebut ditujukan agar kita belajar secara menyeluruh. Bukan hanya belajar dengan sungguh-sungguh di semua mata pelajaran, tetapi juga belajar bagaimana cara belajar yang baik.

Sekarang bukan lagi soal anak IPA, IPS, atau Bahasa, bukan pula soal mata pelajaran tertentu yang lebih penting dari yang lain. Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 lebih "kepo" sama kemampuan literasi, penalaran, dan kognitif kita. Semua itu adalah kemampuan dasar yang bakal kita perlukan untuk belajar selama menjadi mahasiswa di perguruan tinggi nanti.

 

2. Transparan dan Inklusif

eleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023
Photo by David Iskander on Unsplash

Salah satu hasil sosialiasi dari SNPMB adalah bahwa kita sebagai peserta berhak mendapatkan informasi yang jelas mengenai bagaimana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 akan berjalan.

SNMPTN 2022 telah semakin transparan dengan menyebutkan kuota sekolah dan mata pelajaran apa saja yang dinilai dalam seleksi. Namun demikian, SNBP 2023 bahkan lebih baik lagi dengan merinci komponen penilaian. Di samping kuota sekolah, konferensi pers SNPMB 2023 juga mengulang informasi mengenai komponen penilaian pada rapor dan penggali bakat minat yang terdiri dari mata pelajaran pendukung, prestasi, dan/atau portofolio. Sebagai peserta seleksi masuk PTN 2023 jalur SNBP, kita dapat memaksimalkan upaya pada kedua komponen tersebut meskipun mungkin tak bisa mengetahui dengan pasti persentase bobot penilaian yang diterapkan oleh kampus tujuan pada tiap komponen.

Yang paling terasa berbeda pada seleksi masuk PTN 2023 adalah kebebasan kita untuk memilih jurusan atau program studi. Baik di SNBP maupun SNBT, kita bebas memilih jurusan kuliah yang diinginkan terlepas dari asal jurusan kita di sekolah, entah IPA, IPS, Bahasa, SMK, ataupun MA. Tidak ada pengecualian, ketentuan ini benar-benar inklusif.

Walau begitu, kita juga harus membuat pilihan yang masuk akal, Sobat Pintar. Jika kemampuan terbaikmu berada di bidang bahasa, jangan bikin "gol bunuh diri" dengan memilih jurusan kedokteran atau teknik, misalnya. Sudah ada Tes Penjurusan Kuliah yang bisa membantu bakat minat dan kemampuanmu untuk menemukan "jodoh" jurusan kuliahnya. Ingat, dalam kebebasan, ada tanggung jawab yang menyertai. Jangan sampai kita norak habis dengan benar-benar asal pilih jurusan mumpung seleksi masuk PTN 2023 membebaskan kita memilih. Kalau sampai enggak lolos seleksi, toh kita sendiri yang rugi.

SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbud Ristek) juga menunjukkan transparansi pada Seleksi Mandiri oleh PTN 2023. Dari kakak-kakak kelas kamu tentu sudah tahu, SNBP dan Seleksi Mandiri menuntut kita banyak-banyak pasrah kepada kampus yang dituju. Sekarang tidak sepenuhnya seperti itu meskipun tata cara seleksi diatur sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Sebelum pelaksanaan Seleksi Mandiri oleh PTN 2023, kita sudah bisa memeriksa kuota jurusan, metode penilaian, hingga biaya kuliah. Bahkan SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbud Ristek) menyediakan laman aduan di https://wbs.kemdikbud.go.id atau https://kemdikbud.lapor.go.id.

Setelah pelaksanaan Seleksi Mandiri oleh PTN 2023, kita juga dapat mengetahui jumlah peserta yang lolos seleksi dan sisa kuota. Bila ada keberatan, kita juga diberi kesempatan untuk menyanggah.

 

3. Lebih Banyak Pilihan Program Studi

seleksi masuk PTN 2023
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Sosialisasi SNPMB 2023 oleh SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbud Ristek) juga mengabarkan bahwa seleksi masuk PTN 2023 menyertakan Program D3, menyusul Program D4/Sarjana Terapan yang telah terlebih dahulu tergabung dalam seleksi.

Di tahun-tahun sebelumnya, calon mahasiswa Program D3 mengikuti seleksi masuk kuliah terpisah. Baru pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 ini lah Program D3 diikutsertakan, berbarengan dengan seleksi untuk calon mahasiswa S1 dan D4.

Kalau begitu, bakal banyak banget pilihan jurusan di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023! Sudah lah pilihan jurusan bertambah, ketentuan seleksi perguruan tinggi negeri 2023 berubah pula. Bahkan, kita sempat panas dingin menunggu-nunggu kapan jadwal resmi seleksi nasional dirilis.

Jangan sampai kena panic attack, Sobat Pintar. Segera cek jadwal SNBT dan SNBP biar kamu punya time line jelas kudu ngapain aja menjelang seleksi masuk PTN 2023.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog