redesain-navbar Portlet

null

Blog

Apa Itu Ikigai? Pengertian, Diagram, dan Cara Menemukan Ikigai

Pilihan jurusan kuliah bisa menjadi titik penentu kebahagiaan hidup.

Apa itu Ikigai, image credit Content Pixie

Sedikit fiosofis, kali ini kita membahas tentang konsep hidup, Sobat. Yes, it's about Ikigai. Apa itu Ikigai? Sobat Pintar pernah mendengar atau membaca tentang konsep Ikigai?

 

Apa Itu Ikigai?

Photo by Shannon Kunkle on Unsplash

Ikigai adalah istilah yang diambil dari Bahasa Jepang untuk mendeskripsikan tentang makna atau nilai kehidupan. Pengertian Ikigai dipahami sebagai suatu prinsip yang membuat hidup kita menjadi lebih seimbang, bermanfaat, dan bermakna.

Konsep Ikigai juga dipahami sebagai alasan untuk hidup, seperti sesuatu yang membuat kita bersemangat bangun pagi dan menyambut apapun yang menunggu kita di sepanjang sisa hari. Apakah Sobat Pintar pernah bangun pagi dengan perasaan seperti itu? Or does it happen to you on every single day?

 

Filosofi Hidup Orang Jepang

Photo by Federico De Iorio on Unsplash

Perasaan, antusiasme seperti itulah yang diyakini dapat membuat kita meraih kebahagiaan dalam hidup. Konsep hidup seperti ini dijalani oleh banyak orang Jepang. Bagi mereka, matahari yang terbit atau kopi yang hangat bisa menjadi alasan untuk bangun pagi.

Sesederhana itukah? Iya, hal-hal sederhana itulah yang ternyata membuat angka harapan hidup di Jepang cukup tinggi. Dalam filosofi hidup orang Jepang, mengetahui alasan bangun di pagi hari artinya tahu apa yang harus diperjuangkan dalam hidup. Konsep hidup seperti ini membuat mereka untuk terus memiliki harapan.

Begitulah filosofi Jepang yang seederhana namun sarat makna. Sebaliknya, hidup akan terasa hampa ketika kita tak tahu kenapa kita harus bangun di hari itu. Nah, bagaimana agar – minimal – kita jadi lebih bersemangat bangun pagi, apalagi saat masih harus belajar dari rumah seperti sekarang? Nah, inilah cara menemukan Ikigai, Sobat.

 

Diagram Ikigai

©www.trajectify.com

 

Cara Menemukan Ikigai

1. Apa yang Sobat suka kerjakan?

What do you love doing? Cara menemukan Ikigai yang paling mudah dapat kita awali dengan menemukan passion. In much simpler words, passion is something you love doing. Sesuatu yang kita selalu punya semangat, gairah untuk mengerjakannya tanpa merasa letih, tanpa imbalan sekalipun, karena sesuatu itu mampu me-recharge kita.

Misalnya, Sobat Pintar suka membuat kue kering. Karena Sobat suka rasa keju, maka kue kering yang dibuat pun menggunakan bahan keju. Let's say, it's your passion. You love doing it, and you do it for yourself – for your own happiness.

2. Apa yang bermanfaat untuk orang banyak?

What does the world need? Jika passion hanya melihat ke dalam diri kita, berikutnya kita perlu melihat mission – sesuatu di luar diri kita yang dibutuhkan oleh orang lain, bahkan oleh dunia. Sesuai dengan konsep Ikigai yang beririsan, bagaimana kita memadukannya dengan passion?

Masih dengan contoh membuat kue kering, Sobat. Misalnya, orang-orang di rumah suka kue rasa coklat. Maka, Sobat pun mulai membuat kue kering rasa coklat. You still doing what you love: membuat kue kering. Hanya saja, menyesuaikan dengan kebutuhkan orang lain, Sobat pun menambah rasa kuenya – tak hanya keju, tapi juga coklat.

3. Apa yang dapat memberimu penghasilan memadai?

What can you be paid for? Bayangkan ketika kue buatanmu disukai oleh orang-orang di rumah, keluarga besar, tetangga, bahkan kolega-kolega mereka semua. Kemudian, permintaan kue keringmu meningkat sampai-sampai Sobat memperoleh penghasilan dari membuat kue – sesuatu yang sangat Sobat sukai!

Bayangkan ketika Sobat mengerjakan sesuatu yang memang disukai dan dibayar untuk itu! Doesn't it sound like a vacation all your life? And yes, dalam konsep Ikigai, irisan ini memang disebut sebagai vacation.

4. Apa keahlian yang Sobat kuasai dengan baik?

What are you good at? Berangkat dari passion membuat kue, Sobat Pintar mengikuti kelas memasak, misalnya. You learn all the required skills and knowledge. Setelah selesai kursus memasak, Sobat pun memiliki kemampuan profesional sebagai pembuat kue. Kue buatanmu pun menjadi lebih beragam dan memiliki kualitas yang patut disandingkan di pasaran.

Dengan kemampuan tersebut, Sobat dapat membesarkan bisnis kue yang telah dirintis dari rumah, seperti contoh di atas, atau membuka kursus dan mengajar untuk berbagi ilmu. Apapun pilihanmu, Sobat akan memperoleh penghasilan karena telah belajar secara formal dan memiliki keahlian profesional yang dibutuhkan di bidang tersebut. Inilah konsep hidup Ikigai.

Konsep hidup ini dapat kita tiru seperti ketika memilih jurusan kuliah – profession dalam konsep Ikigai, seperti mengikuti kelas memasak pada contoh di atas. Jika kita mengawalinya dari passion tanpa mengesampingkan mission, hopefully kelak kita bisa menjalani pekerjaan yang membuat kita merasa seolah sedang in vacation.

As if you were in vacation, Sobat pun bangun pagi dan bersiap menyambut hari dengan penuh semangat – bukan hanya selama belajar dan kuliah, tapi hingga nanti ketika Sobat berkarya di dunia kerja. Begitulah konsep Ikigai, yang membuat bahagia itu bukan sekedar wacana dalam hidup kita.

130

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
gak usah peduliin hasilnya, yang penting prosesnya. orang hanya bisa menilai dari kaver dan pencapaian. ingat, apa pun yang akan di dapet hari besok itu namanya bonus dari usaha:)
00

CssBlog

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

nomor telepon

+62 812 2000453

email

info@akupintar.id

Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat

Layanan

Universitas

Siswa

Informasi

Kebijakan Privasi

Syarat & Ketentuan

Karir

Ikuti Kami

Facebook Instagram Youtube