PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Ikuti Langkah Ini Agar Impianmu Terwujud, photo credit Matt Ragland on Unsplash

Ikuti 8 Langkah Ini Agar Impianmu Terwujud

Efisiensi dan manajemen waktu yang baik dapat memperbesar peluang kesuksesan.

Pernahkah Sobat membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa aturan, bebas melakukan apapun dan kapanpun? Well, just imagine it because it'll never happen. Setidaknya, sesantai-santainya hidup kita, perlu juga menjaga manajemen waktu yang baik.

Bayangkan lagi, bagaimana seorang seniman yang berbakat mampu menghasilkan karya seni yang luar biasa? Tentunya, dengan latihan yang tekun, bukan? Bakat semata sulit berkembang tanpa latihan yang dilakukan dengan teratur dan berulang kali.

Lantas, bagaimana dengan kita-kita yang rasa-rasanya tak punya bakat tertentu? Sama saja, Sobat. Coba fokus pada tujuan atau cita-citamu, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Misalnya, Sobat ingin lulus tanpa kendala pada UTBK, kapanpun jadwalnya – entah diakhir semester ini atau semester depan. Nah, bagaimana caranya?

 

1. Buat Jadwal Harian

Bila tujuanmu UTBK, buatlah jadwal untuk latihan soal ujian setiap hari. Memang ada jam sekolah, tugas, les, bimbel, ekskul, atau bahkan hang out. Yang penting, luangkan waktu untuk menghadapi soal latihan. Sesuaikan saja durasinya dengan kesibukanmu yang lain. It doesn't really matter whether you like it or not, just make yourself do it each day.

 

2. Mulai dari yang Hal yang Kecil

Membiasakan diri mengerjakan sesuatu yang serius, seperti latihan soal UTBK, bisa terasa berat. Maka, mulailah dari sesuatu yang kecil dulu, Sobat. Misalnya, membiasakan diri merapikan meja belajarmu setiap malam sebelum tidur. It's much easier to start, isn't it?

 

3. Tak perlu Mencari-Cari Alasan

"Merapikan meja belajar tiap malam sebelum tidur? Ngantuk, ah! Tak sempat. Tak ada waktu." Kita bebas membuat alasan, bahkan bisa jadi cukup kreatif untuk membuat alasan. But seriously, we don't have to. Jujur saja pada diri sendiri kalau kita sedang membuat-buat, mengada-adakan alasan. And just stop it.

 

4. Harus Tahan Godaan

It's so easy to get distracted nowadays. Daripada membereskan meja belajar, bukanlah lebih asyik langsung terjun kebalik selimut dan main game favoritmu? Daripada pulang hangout satu jam lebih awal demi jadwal latihan soal, bukankah lebih menyenangkan tetap main bersama kawan-kawan? Disitulah Sobat harus mampu menahan godaan.

 

5. Fokus pada Target Jangka Panjang

Bagaimana caranya agar tahan dengan godaan? Ingat-ingatlah targetmu, Sobat. Kalau ingin lulus UTBK tanpa harus mengulang lagi tahun depan, sanggupkan diri untuk permisi pulang sebelum acara serumu selesai. Patuhi jadwal yang sudah disusun sendiri. Camkan dalam benak, tahun depan Sobat menjadi mahasiswa dikampus impian.

 

6. Visualisasikan Target

Targetmu masih terlalu jauh sehingga terasa berat meninggalkan godaan sekarang? Trick yourself, Sobat. Misalnya, terkait dengan contoh diatas, coba pajang fotomu dengan latarbelakang kampus impian di meja belajar. Atau simpan foto itu di ponselmu, dan lihatlah ketika godaan untuk tak mematuhi jadwal harianmu itu muncul.

 

7. Abaikan Hal-Hal Negatif

Bila harus pulang demi latihan soal dan meninggalkan teman-temanmu, apa kata mereka nanti? Jangan khawatir, Sobat. bila mereka adalah teman-teman sejatimu, maka merekalah yang menjadi paling depan untuk memberimu dukungan. Jadi seandainya yang terjadi adalah sebaliknya, abaikan saja komentar-komentar negatif yang datang.

 

8. Motivasi Diri Sendiri

Salah satu cara untuk menjaga kegigihan dan konsistensi dalam mengejar tujuanmu adalah sanggup untuk memotivasi diri sendiri. It's going to be okay when people mock at your perseverance. Bukan hal penting lagi buatmu apapun yang dikatakan orang lain tentang usahamu dalam mendisiplinkan diri.

 

Langkah-langkah diatas dapat diterapkan pada tujuan-tujuanmu yang lain, Sobat. Berminat mencoba? Ingat, mulailah dari hal yang kecil atau sederhana dulu. Setelah merasakan manfaatnya, Sobat Pintar akan terdorong untuk lebih disiplin lagi mengatur waktu sehingga punya semangat untuk mewujudkan impian yang lebih besar.

Lebih masukan Blog

Bekerja atau Kuliah?

Bekerja atau kuliah – mana yang lebih penting? Bisakah menjalani keduanya bersamaan? Cepat...

Ingin Jadi Mahasiswa Berprestasi? Ikuti 5 Trik Ini

Siap kuliah semester ini atau tahun depan, Sobat? Artinya, sudah siap menyandang status...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru