redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.oceanology.org

Ilmu Kelautan di 7 Kampus Ini Telah Terakreditasi A

Jurusan Ilmu Kelautan

Meskipun tak tinggal di wilayah perairan ini, laut punya peran penting dalam mendukung keberlangsungan kehidupan kita di darat. Laut memproduksi 50 hingga 70% oksigen yang kita hirup. Selain menjadi sumber terpenting menu protein di meja makan, laut juga berperan penting dalam pengaturan iklim. Jika kamu sempat bertanya-tanya tentang perubahan iklim yang kita alami belakangan ini, mungkin kamu bisa menemukan jawabannya di Jurusan Ilmu Kelautan pada beberapa perguruan tinggi ini.

 

1. Universitas Brawijaya

Ilmu Kelautan UB berada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jurusan ini telah memiliki akreditasi A, dengan fokus pada Eksplorasi Sumberdaya Pesisir dan Laut, Oseanografi, serta Konservasi Sumberdaya Pesisir dan Laut.

 

2. Institut Pertanian Bogor

Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB juga telah terakreditasi A. Disini kamu bisa belajar tentang kajian sifat dan proses Kimia dan Fisika di laut hingga interaksi organisme laut dilihat dari kedua bidang ilmu tersebut. Bahkan, bisa dibilang Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB adalah salah satu yang terbaik di Indonesia karena menawarkan pembelajaran model numerik dalam simulasi dinamika pergerakan air laut dan prediksi sebaran limbah atau material lain. Prodi ini juga memiliki permodelan prediksi eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut, IPTEK akustik dan instrumentasi, model peningkatan kualitas habitat, serta Sistem Informasi Geografi (SIG) kelautan. Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB menyediakan jasa konsultasi pula! Pantaslah, prodi ini telah memiliki akreditasi internasional. Fakultas yang menaungi prodi ini kebetulan sama dengan UB, yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

 

3. Universitas Diponegoro

Sama seperti kedua PTN sebelumnya, Ilmu Kelautan Undip juga memiliki akreditasi A. Fakultas yang menaunginya juga sama, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jika menjadi mahasiswa Ilmu Kelautan di Undip, kamu akan belajar menyelam bersama dengan matakuliah-matakuliah jurusan seperti Ecotourism, AMDAL, Fisiologi Hewan Laut, Bahan Hayati Laut, Bioteknologi Laut, dan lain-lain. Alumninya diproyeksikan memiliki kompetensi communicator, professional, leader, entrepreneur, thinker, dan educator (COMPLETE) untuk bekerja dengan konsep, teori, dan metode Ilmu Kelautan, terutama bioteknologi dan konservasi biodiversitas kelautan.

 

4. Universitas Hasanuddin

Berada di Pulau Sulawesi, Ilmu Kelautan Unhas tak tertinggal dalam hal akreditasi – A juga! Berada di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, prodi ini berkonsentrasi pada Konservasi Sumberdaya Hayati Laut dan Eksplorasi Sumberdaya Hayati Laut. Kerennya, keduanyabertujuan untuk menjadi rujukan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Ilmu Kelautan Unhas juga punya peran penting dalam kerjasama dengan institusi kelautan dan perikanan, menghasilkan penelitian unggulan, pembangunan dan pengembangan perikanan dan kelautan, hingga advokasi dan pendampingan kepada dunia usaha dan masyarakat dibidang perikanan dan kelautan.

 

5. Universitas Padjadjaran

Sebagai bagian dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Jurusan Ilmu Kelautan Unpad terakreditasi A oleh BAN-PT. Beberapa matakuliah yang kamu pelajari disini antara lain Rekayasa Akuakultur, Genetika Ikan, Alat dan Kapal Penangkap Ikan, Planktonologi, Nutrisi Ikan, dan lain-lain. Jurusan ini bertitik berat pada bidang kajian Bioteknologi Kelautan, tepatnya dalam penerapan teknologi pada organisme laut untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Alumni Ilmu Kelautan Unpad adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menyusun rencana, mendesain, dan memodelkan pemanfaatan sumberdaya hayati laut tanpa mengabaikan prinsip-prinsip konservasi sumberdaya dan lingkungan laut.

 

6. Universitas Sriwijaya

Ilmu Kelautan Unsri sedikit berbeda, berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Meskipun demikian, akreditasinya juga sudah A. Jurusan ini menawarkan matakuliah Pencemaran Laut, Oseanografi Fisika, Ekologi Perairan, Mikrobiologi, Biologi Laut, dan lain-lain.

 

7. Universitas Jenderal Soedirman

Ilmu Kelautan di universitas ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Berada di Fakultas Perikanan dan Kelautan, jurusan ini ingin mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi kelautan dalam eksploitasi dan eksplorasi serta konservasi sumberdaya laut yang berkelanjutan. Pembelajaran Ilmu Kelautan di kampus ini berciri dinamis, sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kelautan. Jurusan ini juga melakukan penelitian serta kajian ilmu dan teknologi kelautan, diseminasi, serta penerapan hasil riset.

 

Itulah kampus-kampus kece yang sangat direkomendasikan untuk belajar Ilmu Kelautan. Lebih dari sekedar status, akreditasi yang baik berarti pula jaminan bahwa kamu akan memperoleh kualitas dan fasilitas perkualiahan yang baik. Selain itu, status akreditasi jurusan juga menjadi pertimbangan penting bagi beberapa recruiters saat kamu melamar kerja nantinya.

Lebih masukan Blog

6 Profesi Ini Sering Dipilih oleh Lulusan Filsafat

Kenapa ada saja yang tertarik kuliah Filsafat? Apa ya hari gini ada filsuf? Selow, Sobat...

Ilmu Kelautan, Menyelami Keindahan Pendukung Kehidupan Manusia

Sebagai penyedia sumber asupan protein dan oksigen yang mendukung keberlangsungan hidup umat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka