redesain-navbar Portlet

Blog

photo via homeportnorthwest.wordpress.com

Ilmu Kelautan, Menyelami Keindahan Pendukung Kehidupan Manusia

Jurusan Ilmu Kelautan

Sebagai penyedia sumber asupan protein dan oksigen yang mendukung keberlangsungan hidup umat manusia, luas wilayah laut di negara kita lebih besar dibanding wilayah daratan. Beruntungnya kita dicukupi dengan sumberdaya pendukung yang sekaya ini. Bayangkan, bagaimana kalau populasi kita lebih besar dibanding ketersediaan sumberdaya alam tersebut? Namun, siapkah kita mengelola kekayaan dan pendukung kehidupan kita di laut ini?

 

Ilmu Kelautan dan Pemanfaatan Sumberdaya Laut

Ilmu Kelautan, disebut juga dengan Oseanologi, adalah cabang keilmuan yang terhitung penting bagi negara maritim seperti Indonesia. Cakupannya sangat luas, mulai dari pengelolaan AMDAL, konservasi sumberdaya lingkungan laut, ekologi, hingga meteorologi laut. Bahkan, area pesisir juga menjadi bagian dari bidang kajian Ilmu Kelautan, misalnya tentang bagaimana memberdayakan masyarakat nelayan.

Sering dianggap sama dengan Oseanografi, Oseanologi atau Ilmu Kelautan sebenarnya sedikit berbeda. Dalam Ilmu Kelautan, perikanan sebagai bagian dari laut juga menjadi bahan kajian. Berbeda dari Oseanografi, yang lebih fokus mempelajari tentang topografi laut. Meskipun demikian, memang tak ada garis batas jelas antara keduanya. Bahkan, Oseanografi ditawarkan sebagai matakuliah di Jurusan Ilmu Kelautan.

 

Kuliah Ilmu Kelautan di Perguruan Tinggi

Indonesia yang memiliki garis pantai begitu panjang, dan sepanjang itupun semua pantainya indah, adalah keistimewaan tersendiri bagi peminat Ilmu Kelautan. Kalau di permukaannya saja seperti itu, bagaimana bagian dalam lautnya?

Ya, menjadi mahasiswa Ilmu Kelautan berarti kamu bakalan rajin ke pantai, bahkan diving. Kalau memang suka outdoor activities dan punya kepedulian tinggi pada lingkungan, khususnya laut, belajar Ilmu Kelautan akan menjadi perjalanan dan pengalaman hidup yang amat sangat patut disyukuri.

Tak sekedar menikmati alam laut, kamupun akan belajar tentang Geologi Laut, Oseanografi, Fisiologi Hewan Akuatik, Meteorologi dan Klimatologi Laut, Pencemaran Laut, Sedimentologi, Etika Perikanan dan Kelautan, Konservasi Sumberdaya Laut, Teknologi Eksplorasi Kelautan, Bahan Hayati Laut, dan matakuliah-matakuliah lain. Semua ini akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Kelautan, tergantung pada variasi kurikulum perguruan tingginya.

Banyak PTN yang menyediakan jurusan ini, seperti Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Udayana, Universitas Lampung, Universitas Riau, Universitas Halu Oleo, Universitas Pattimura, Universitas Malikussaleh, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Trunojoyo, Universitas Tanjungpura, Universitas Cenderawasih, Universitas Papua, dan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Salah satu PTS terkemuka, Universitas Muhammadiyan Malang, juga membuka Jurusan Ilmu Kelautan.

 

Profil Alumni Jurusan Ilmu Kelautan

Lulusan jurusan ini masih terbilang rendah sehingga lapangan kerjanya juga masih terbuka luas. Nantinya, kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Karantina Ikan, Dinas Perikanan Propinsi atau Kabupaten, Balai Budidaya Air Payau, Balai Budidaya Air Tawar, Balai Budidaya Air Laut, Kementerian ESDM, Bappenas/ Bappeda, LIPI, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/ Kabupaten, BMKG, LAPAN, ataupun BAKOSURTANAL.

Dibidang pendidikan, selain menjadi dosen Kelautan dan Perikanan, kamu juga berpeluang menjadi guru di SMK Kelautan. Disektor swasta, kamu bisa bekerja di pabrik pakan ikan dan ternak, budidaya laut, bahkan pertambangan. Menjadi entrepreneur juga menjadi salah satu pilihan profesi yang keren, lho! Kamu bisa mengembangkan pemasaran pakan ikan, penjualan ikan konsumsi, pembesaran ikan hias dan konsumsi, termasuk juga pemijahan, pendederan, pembenihan, hingga penggelondongan ikan.

 

Laut menunggu kita untuk merawat dan mengambil manfaatnya. Dan bukankah nenek moyang kita pelaut? Jadi boleh lah, sebagai generasi penerus, ada sebagian dari kita yang mendalami tentang Ilmu Kelautan.

Lebih masukan Blog

Ilmu Kelautan di 7 Kampus Ini Telah Terakreditasi A

Meskipun tak tinggal di wilayah perairan ini, laut punya peran penting dalam mendukung...

Tahun Baru 2019, Kuasai 5 Hard Skills Ini

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka