PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.careerstudio.co.in

Sudah Tahu 5 Soft Skills Paling Penting Saat Ini?

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Udah sering denger kan, kalau mau sukses tuh pinter aja nggak cukup? Banyak pakar dari berbagai bidang yang menyebutkan pentingnya peran soft skill dalam menentukan kesuksesan seseorang. Perpaduan dari people skill, keterampilan sosial, keterampilan berkomunikasi, karakter, perilaku, social intelligence, dan emotional intelligence quotience, soft skill memang membantumu dalam mengelola keadaan sekitar sehingga kamu dapat bekerjasama dengan orang lain.

Seiring dengan perubahan dan perkembangan era, soft skills apa yang paling dibutuhkan ditahun 2019 ini? Linkedin punya bocorannya nih, Sobat Pintar.

 

1. Kreativitas

Kenapa kamu musti kreatif? Sebabnya, kreativitas dapat membantumu menciptakan solusi yang inovatif. Misalnya, mahasiswa UGM yang mengalami masalah dengan keterbatasan gerak, Muhammad Fahmi Husaen, punya ide untuk menciptakan sepatu Aveo hingga produk inovasinya meraih penghargaan internasional. Bersama dengan timnya dari bidang ilmu yang berbeda, mereka berkreasi dan menciptakan sesuatu yang lebih baik. Dengan kata lain, tanpa kreativitas, ilmu yang dipelajari takkan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

 

2. Persuasi

Keterampilan untuk bersikap persuasif juga termasuk dalam soft skill, lho. Eitts, tapi jangan disalahgunakan untuk pengertian dan tujuan yang lain, ya! Persuasif disini berarti kamu dapat meyakinkan orang lain untuk mengikuti prosedur tertentu, setuju dengan kesepakatan tertentu, bahkan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tak hanya dibutuhkan ditempat kerja, kemampuanmu dalam bersikap persuasif juga dapat berdampak positif selama kuliah. Secara umum, persuasi yang bagus dapat meningkatkan produktivitas.

 

3. Kolaborasi

Kolaborasi atau kerjasama menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasai saat ini.  Skill ini cukup kompleks karena melibatkan keterampilan berkomunikasi, kecakapan dalam memecahkan masalah, sikap tanggung jawab, dan kesanggupan untuk berempati pada orang lain. Sudah pernah menjajalnya saat kerja kelompok? Nah, kamu akan mengalaminya lagi saat bekerja nanti.

 

4. Adaptasi

Jika memiliki kemampuan untuk beradaptasi, berarti kamu dapat mengubah tindakan atau pendekatan yang diperlukan agar sesuai dengan situasi yang ada. Lebih berupa keluwesan, penyesuaian tersebut bukan berarti perubahan jadwal dan rencana dengan mendadak. Itulah sebabnya, seseorang dengan kemampuan untuk beradaptasi yang baik memiliki peluang lebih besar untuk berhasil dalam mengerjakan apapun. Tak hanya sebagai kemampuan individual, kecakapan beradaptasi juga dapat dilakukan oleh tim maupun organisasi (perusahaan).

 

5. Manajemen Waktu

Alangkah baiknya bila sedari sekolah kamu sudah mahir dalam mengatur waktu. Kebiasaan baik ini akan sangat bermanfaat saat kamu kuliah, bahkan setelah bekerja nantinya. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam rentang waktu yang lebih singkat. Alhasil, kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk belajar hal-hal baru maupun bersantai. Saat kebutuhan istirahatmu tercukupi, kamupun dapat kembali bekerja dengan fokus yang lebih baik. Maka dapat dipastikan, hasil yang kamu capai juga akan lebih baik.

 

Sudahkah kamu menguasai kelima soft skills diatas? Jangan sampai 'ketinggalan kereta' ditahun 2019 ini, ya! Menguasai soft skills yang sedang dibutuhkan saat ini dapat membuatmu tetap produktif dan semakin kompetitif.

Lebih masukan Blog

Tahun Baru 2019, Kuasai 5 Hard Skills Ini

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan...

Sekolah Baru 2019: Politeknik PU

Ada yang baru nih, Sobat Pintar! Tahun 2019 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru