redesain-navbar Portlet

Blog

Ilmu Keperawatan, photo via cubyshella.wordpress.com

Ilmu Keperawatan – Inikah Jurusanmu?

Ilmu Keperawatan jurusan yang menarik dengan segala fleksibilitasnya.

Jika tertarik pada jurusan kuliah dengan prospek kerja yang baik, Ilmu Keperawatan boleh dipertimbangkan, Sobat. Tak hanya program S1, jurusan inipun tersedia pada program D3 sehingga Sobat Pintar bisa menyesuaikan dengan situasi dan peluang terbaik masing-masing. Want to know more? Let's jump right in!

 

Sama-Sama Ilmu Keperawatan, tapi Ada pada Program S1 dan D3

Tak semua jurusan atau program studi sama-sama ditawarkan pada program S1 dan D3. Ilmu Keperawatan, sebaliknya, dapat ditempuh pada kedua program tersebut.

Pada jenjang S1, Sobat Pintar dapat belajar tentang teori-teori Keperawatan sekaligus pendalaman prakteknya. Sedangkan pada jenjang D3, praktek Keperawatannya yang lebih ditekankan.

 

Meskipun Berbeda, S1 dan D3 Keperawatan Masih Memiliki Kesamaan

Penekanan perkuliahannya memang berbeda, tapi Ilmu Keperawatan S1 dan D3 masih tak terlalu jauh berbeda. Pada matakuliah, misalnya, kedua jenjang ini tak berbeda jauh.

Beberapa matakuliah pada program D3 diantaranya Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Farmakologi, Fisiologi, Anatomi, dan lain-lain. Sedangkan matakuliah Komputer Kesehatan, Keperawatan Sistem neurobehavior, Keperawatan Sistem Pencernaan, Antropologi Kesehatan, dan Sains Kesehatan juga menjadi bagian dari perkuliahan S1 Ilmu Keperawatan.

Selain itu, praktik dinas di rumah sakit sama-sama diwajibkan pada kedua jenjang tersebut. Dan pada kedua alumninya, ada Surat Tanda Registrasi (STR) yang harus dimiliki sebelum mulai bekerja sebagai perawat.

 

Belajar Ilmu Keperawatan di Perguruan Tinggi, Apapun Jenjang Pendidikannya

Pendidikan profesi selama satu tahun setelah menyelesaikan program S1 adalah tahapan lain yang harus dilalui. Pada pendidikan profesi ini, Sobat Pintar nantinya dapat memilih Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Spesialis Kardiovaskuler, Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Maternitas, dan lain-lain.

Jurusan Ilmu Keperawatan sendiri terdapat di Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Soedirman, dan berbagai PTN lain. Beberapa perguruan tinggi bahkan membuka program S1 Ilmu Keperawatan bagi alumni program D3.

 

Selain kepintaran, Ilmu Keperawatan juga membutuhkan mental yang tangguh. Dengan begitu banyaknya laporan dan tugas yang harus diselesaikan disela praktik klinik, mudah sekali untuk menyerah dan berhenti ditengah jalan. Apakah Sobat Pintar akan sanggup melaluinya?

Lebih masukan Blog

Miliki 5 Kualitas Ini untuk Menjadi Seorang Perawat

Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminat. Prospek kerja yang...

Suka dengan Dunia Kreatif? Lihat 7 Referensi Jurusan Ini

Dikutip dari laman Kementerian Perindustrian, industri kreatif Indonesia diperkirakan tumbuh...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line