redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.onedayonejob.com

Ilmu Komputer: dari A sampai Z

Jurusan Ilmu Komputer

Hidup kita saat ini sudah tak terpisahkan lagi dari smartphone ataupun komputer. Hayo, tunjuk tangan, siapa yang lebih akrab sama barang-barang elektronik ini ketimbang orang sekitar? Jika kamu punya minat super tinggi pada mesin-mesin macam ini, mungkin kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah Ilmu Komputer? Tapi udah tahu belum, apakah ini jurusan kuliah yang sesuai dengan harapanmu?

 

Apa Minatmu? Dimana Passionmu?

Harus diakui, suka atau tidak, Ilmu Komputer bukan jurusan untuk semua orang. Jika pada dasarnya kamu udah jatuh cinta banget sama Matematika, tertarik pada kode-kode kriptografi, bahkan mulai melirik-lirik pada sistem bilangan biner saat kawan-kawan sebayamu belum punya minat disitu, mungkin saja Ilmu Komputer adalah jurusan kuliah yang akan membuatmu makin jatuh cinta sama logika Matematika.

Meskipun jurusan ini rata-rata nangkring pada tiga pilihan teratas jurusan kuliah anak IPA, Ilmu Komputer nggak bisa dikelarin dengan mengandalkan kecerdasan saja. Pasalnya, jurusan ini juga menghasilkan mahasiswa-mahasiswa dengan tingkat stres yang juga menduduki the worst top three dibanding jurusan-jurusan lain dibangku kuliah. Apa sebab? Karena bisa jadi, apa yang kamu pelajari saat kuliah di Jurusan Ilmu Komputer benar-benar merupakan ilmu baru yang sama sekali belum pernah dicicipi sebelumnya.

Selain itu, dibutuhkan tingkat kreativitas yang cukup gila juga dijurusan ini – karena kamu akan menciptakan, dari yang belum ada menjadi sesuatu yang berfungsi. Jadi, kalau kamu sukanya sama hafalan, atau runtutan cara kerja logika Matematika membuatmu jenuh dan nggak tertarik sama sekali, Ilmu Komputer sepertinya bukan pilihan jurusan kuliah yang cocok. Kesulitanmu untuk berkonsentrasi, bingung, hingga rasa bosan belajar tentang logika dapat membuatmu stres saat belajar tentang algoritma dan pemrograman komputer.

 

Apa yang Dipelajari di Ilmu Komputer?

Jika selama ini kamu udah jagoan melakukan banyak hal menggunakan komputer, kuliah Ilmu Komputer akan membuatmu berada diposisi sebaliknya. Alih-alih sebagai user, menjadi mahasiswa Ilmu Komputer berarti kamu berlatih menjadi creator.

Pada dasarnya, komputer adalah sebuah alat kosong yang nggak bisa ngapa-ngapain. Tugasmu adalah mengajarinya agar bisa melakukan banyak hal. Nah, langkah-langkah terstruktur yang kamu gunakan untuk mengajari si alat tersebut bernama algoritma. Tapi karena kamu dan komputer punya bahasa yang berbeda, maka bahasamu harus diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti oleh si alat tersebut: bahasa pemrograman.

Disinilah letak kreativitas, digabungkan dengan kecerdasan, dalam menciptakan sebuah alat (komputer) yang bisa digunakan oleh banyak orang untuk berbagai tujuan. Jadi, dijurusan Ilmu Komputer, kamu akan belajar Mobile Programming, Matematika Komputasi, Aljabar Linear Matriks, Metode Numerik, Analisis Perancangan Sistem, dan masih banyak lagi matakuliah lain yang mendukungmu untuk menciptakan ide-ide kreatif dalam dunia informasi digital saat ini.

 

Bagaimana Peluang Lulusan Ilmu Komputer?

Pada era digital sekarang ini, hampir setiap bidang industri tak terlepas dari teknologi. Karena itulah, lulusan Ilmu Komputer dibutuhkan baik sebagai IT Consultant, Web Developer, maupun Programmer.

Keahlian yang didalami setiap alumnus Ilmu Komputer tergantung pada minat masing-masing individu. Beberapa spesialisasi Ilmu Komputer diantaranya adalah:

- Kecerdasan Komputasional

Pada bidang ini kamu belajar tentang artificial intelligence, termasuk juga bioinformatika yang menggabungkan komputer, matematika, dan biologi.

- Pengolahan Informasi Multimedia

Disini kamu belajar tentang pengolahan dan pengembangan citra dan grafis. Google Maps, Corel Draw, dan Photoshop adalah beberapa contoh pengembangan aplikasi grafis yang sudah ada saat ini. Dibidang ini kamu juga belajar tentang pengolahan informasi, misalnya pada pengolahan database karyawan perusahaan yang memuat informasi detil setiap individu.

- Teknologi Perangkat Lunak

Spesialisasi ini sesuai buat kamu yang bercita-cita menjadi programmer, mengembangkan perangkat lunak game, aplikasi e-learning, software perusahaan, mobile application, web, dan lain sebagainya.

- Arsitektur dan Infrastruktur TI

Seperti sebuah rancangan bangunan, disini kamu merancang struktur TI: hardware dan server yang dipakai, lokasi server, konfigurasi network dan hardware, serta masih banyak lagi.

 

Jika segala yang sudah dijabarkan diatas adalah letak dimana minatmu berada, barangkali memang Ilmu Komputer adalah jurusan kuliah yang tepat untukmu. Banyak kok, kampus yang membuka jurusan ini. Beberapa perguruan tinggi yang jempolan diantaranya adalah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Gadjah Mada. Oh ya, Universitas Pakuan juga punya Jurusan Ilmu Komputer.

Lebih masukan Blog

Kuliah Bahasa Korea? Ini 4 Kampusnya

Buat kamu yang ingin kuliah Bahasa Korea, sudah menyeleksi kampus-kampus mana yang punya...

Pilih Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Ini Persamaan dan Perbedaannya

Kamu suka Matematika dan permainan logika, bahkan tertarik dengan algoritma komputasi. Muncul...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka