redesain-navbar Portlet

Blog

photo via nuaca.am

Pilih Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Ini Persamaan dan Perbedaannya

Komputer Informatika

Kamu suka Matematika dan permainan logika, bahkan tertarik dengan algoritma komputasi. Muncul pertanyaan berikutnya: kuliah di Jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Keduanya sama-sama punya passing grade yang cukup tinggi, sehingga kamu nggak bisa menjadikan salah satunya sebagai pilihan kedua. Persaingan masuknya juga sama-sama ketat, jadi peluangmu pada kedua jurusan ini juga harus dipertimbangkan masak-masak. Biar nggak makin bingung, mari lihat persamaan dan perbedaan kedua jurusan ini pada dua PTN keren di negeri ini: Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

 

Apa yang Dipelajari di Ilmu Komputer UI dan Teknik Informatika ITB?

Baik nantinya kuliah di UI atau di ITB, kamu akan mendapat matakuliah Teori Bahasa dan Automata, Matematika Diskret, Jaringan Komputer, OS, Database, Software Engineering, AI, Pemrograman, Algoritma, dan berbagai matakuliah lain yang sama. Selain matakuliah jurusan, mahasiswa Ilmu Komputer UI dan Teknik Informatika ITB juga bertemu dengan matakuliah umum yang sama, seperti Fisika, Matematika, Aljabar Linier, atau Statistika dan Probabilitas.

Kemiripan kurikulum seperti ini lumrah terjadi antar perguruan tinggi, tak hanya UI dan ITB. Ini berarti, ada pula matakuliah-matakuliah lain yang tak sama – tentu saja, karena nama jurusannya juga sudah berbeda. Tapi perlu dicatat, ini hal yang biasa saja karena setiap perguruan tinggi memiliki keleluasaan dalam menyusun kurikulumnya sendiri. Justru perbedaan inilah yang membedakan karakter alumni dari satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya.

 

Bagaimana Perbedaan Matakuliah dengan Alumni UI dan ITB?

Meskipun sama-sama mengotak-atik komputer dan menggeluti bidang yang sama, alumni Ilmu Komputer UI dan Teknik Informatika ITB punya karakter yang berbeda. Bukan sekedar disebabkan oleh nama jurusan, melainkan oleh apa saja matakuliah wajib dan matakuliah pilihan yang ditawarkan pada mahasiswanya.

Misalnya, mahasiswa Ilmu Komputer UI wajib mengambil matakuliah Analisis Numerik, Pemrograman Sistem, dan Pemrograman Deklaratif. Sebaliknya, matakuliah-matakuliah tersebut ditawarkan sebagai matakuliah pilihan di Jurusan Teknik Informatika ITB.

Lantas, apa saja matakuliah wajib di Teknik Informatika ITB? Jika kamu kuliah disini, kamu akan ketemu sama Sistem Informasi, Interaksi Manusia dan Komputer, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Sistem Paralel dan Terdistribusi, maupun Grafika Komputer. Yak, bisa ketebak, matakuliah-matakuliah tersebut merupakan matakuliah pilihan di Ilmu Komputer UI.

 

Kenapa Ilmu Komputer dan Teknik Informatika Berbeda?

Independensi perguruan tinggi dalam menyusun kurikulumnya adalah salah satu sebab kenapa jurusan yang sejatinya berkutat pada hal yang sama ini memiliki nama yang berbeda. Dan bagaimana setiap kampus bisa memiliki kurikulum yang berbeda?

Agak panjang alurnya nih, Sobat Pintar. Jadi, sejarahnya berawal dari rujukan keilmuan yang diambil oleh para guru besar atau pendiri jurusan pada masing-masing perguruan tinggi. Universitas Indonesia mengacu pada sistem pendidikan Amerika Serikat yang merujuk bidang keilmuan ini sebagai Computer Science. Alhasil, nama jurusannya adalah Ilmu Komputer. Sementara itu, Institut Teknologi Bandung mengacu pada sistem pendidikan di Eropa, tepatnya Perancis, yang menggunakan istilah Informatics. Karena menjadi bagian dari Fakultas Teknik, maka jurusan ini bernama Teknik Informatika.

 

Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung ini serupa pula dengan kampus-kampus yang lain. Nah, udah jelas kan, sekarang?

Lebih masukan Blog

Ilmu Komputer: dari A sampai Z

Hidup kita saat ini sudah tak terpisahkan lagi dari smartphone ataupun komputer. Hayo ,...

Prestasi Membanggakan Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan – Kamu Juga Bisa!

Penghujung tahun 2018 diisi dengan prestasi gemilang mahasiswa Indonesia. Adalah Seoul...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line