PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Ingin Jadi Mahasiswa Berprestasi Ikuti Trik Ini, photo via selfknowledgesite.wordpress.com

Ingin Jadi Mahasiswa Berprestasi? Ikuti 5 Trik Ini

Ada banyak cara untuk berprestasi sebagai mahasiswa.

Siap kuliah semester ini atau tahun depan, Sobat? Artinya, sudah siap menyandang status sebagai mahasiswa dan segala tanggungjawabnya – salah satunya adalah dengan tetap berprestasi? Nah, apa saja tips dan triknya agar sebagai mahasiswa Sobat Pintar tetap memiliki prestasi akademis dan non-akademis secemerlang ketika masih di sekolah?

 

1. Akrab dengan Dosen

First thing first, jangan asosiasikan akrab atau dekat dengan dosen ini dengan carmuk atau cari muka, ya. Because it does take more than your sweet smile to do this.

Misalnya, harus mau baca buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah karya sang dosen, kuasai materi matakuliah yang diampunya, termasuk pula aktif dalam tanya jawab dan diskusi kelas. Perhatikan pula standar sopan santun dosen dan usahakan untuk memenuhinya.

The point is to perform positively so that your lecturer knows you among the crowd of his or her students. Mudah, ya? Ya, bila Sobat melakukannya hanya pada satu dua dosen tertentu. Tapi trik ini memerlukan usaha ekstra keras ketika Sobat melakukannya pada seluruh dosen.

Bayangkan saja berapa banyak buku dan karya ilmiah yang harus dibaca, ditengah jam kuliah dan tugas-tugas yang lain – belum lagi, kegiatan UKM yang diikuti. But it's worth the effort, Sobat. Karena bila ada kesempatan mengikuti lomba, proyek, atau penelitian, Sobat memiliki peluang lebih besar untuk turut dilibatkan oleh sang dosen.

Your academic world will develop fast this way. Termasuk pula, bila nantinya mengerjakan skripsi, akan lebih mudah bila Sobat Pintar dan calon dosen pembimbing sudah saling mengenal satu sama lain – atau bahkan, akrab.

 

2. Berani dan Rajin Ikut Lomba

You don't have to win a marathon. Just do it and enjoy the run. Kira-kira begitulah asyiknya mengikuti lomba, kompetisi, atau olimpiade – apapun yang diadakan didalam maupun diluar kampus.

Pengalaman yang diperoleh selama proses pendaftaran, persiapan, hingga saat perlombaan akan menjadi harta karunmu yang tetap tersimpan dalam dirimu sampai kapanpun. Jiwa sportivitasmu yang siap berjuang, baik menang ataupun kalah, adalah hadiah terhebat yang takkan lekang oleh waktu.

Jadi, rajin-rajinlah memeriksa pengumuman lomba, baik dimedia sosial maupun di jurusan atau rektorat. Make the best out of your youthyou have it once in your lifetime.

 

3. Aktif di UKM atau Organisasi

Memang tak dapat sepenuhnya mencerminkan dunia kerja, tapi bekerja bersama rekan-rekan lain dalam satu struktur organisasi dapat memberimu pengalaman yang tak sedikit. Masih banyak hal lain yang dapat dipelajari dari organisasi kampus, termasuk UKM – apapun UKM yang Sobat ikuti.

Salah satunya, Sobat dapat meningkatkan public speaking skill dengan berorganisasi. Sekedar menghilangkan rasa grogi saat berbicara didepan banyak orang saja memerlukan latihan, apalagi mengungkapkan ide-ide didalam benak secara runtut.

 

4. Perhatian pada Orang-Orang Disekitarmu

Sempatkan untuk membantu teman-teman baru seangkatan, kelak juga bantulah adik-adik tingkat – dalam hal apapun. Tapi bukankah mereka adalah rival atau kompetitormu? Well, not exactly. You race and compete against yourself, Sobat. Jadilah orang yang lebih baik dihari ini daripada hari kemarin.

Sementara orang-orang disekitar adalah rekan-rekan kita untuk maju bersama. Siapa tahu, salah satu dari mereka ada yang akan menjadi interviewer-mu bekerja atau menjadi atasanmu ditempat kerja – dan sebaliknya. We'll never know, won't we?

 

5. Belajar Hal-Hal Lain diluar Bidangmu

Sobat Pintar akan menjadi mahasiswa Akuntansi? Masih tetap perlu belajar tentang seni atau mendalami salah satu cabang olahraga. Apapun itu yang ada diluar bidangmu akan tetap bermanfaat untuk dipelajari. Contoh sederhananya, siapa tahu rekan kerja atau klienmu kelak ternyata sama-sama menyukai seni lukis atau olahraga paddling.

But seriously, being professionally expert in other areas is an advantage. Misalnya saja penyanyi jazz tanah air Tompi, yang memilikilatarbelakang pendidikan sebagai dokter. Tak tanggung-tanggung, Tompi adalah seorang alumnus Pendidikan Dokter UI dan sekarang telah memiliki spesialisasi bedah plastik.

Diluar profesinya sebagai dokter dan penyanyi, Tompi masih menekuni dunia fotografi. Bahkan, profesinya sebagai pembawa acara juga menghasilkan tambahan pendapatan. Sobat Pintar juga ingin punya beberapa sumber pendapatan dimasa depan? Don't just get stuck with your field of study, then.

 

So, siap menjadi mahasiswa yang luar biasa? Mulai saja dari salah satu trik diatas, kemudian coba yang lainnya. Yes, you can do it, Sobat!

Lebih masukan Blog

Ikuti 8 Langkah Ini Agar Impianmu Terwujud

Pernahkah Sobat membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa aturan, bebas melakukan apapun dan...

Berani Memanfaatkan 3 Program Kuliah Ini?

Being a student for 12 years makes you know everything about school system in and out. ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru