redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingin Menjadi Guru Les Privat? Lakukan Tips Berikut Ini!

5 hal yang harus dilakukan untuk menjadi guru Les privat yang baik

Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Menyandang status sebagai guru les privat bukan berarti mengurangi esensi Guru Pintar sebagai seorang guru. Baik guru les privat atau bimbingan belajar maupun guru yang mengajar di sekolah formal sama-sama memiliki fungsi dan tugas yang sama yaitu mendidik dan mengajar siswa. Karakteristik-karakteristik yang wajib seorang guru miliki, harus juga dimiliki oleh seorang guru les privat atau bimbingan belajar.

Jika Guru Pintar ingin mengajar les privat dan menjadi guru les privat yang baik, Guru Pintar harus mengetahui cara menjadi guru privat dan metode mengajar pembelajaran les privat yang pas. Jadi, Guru Pintar tidak perlu khawatir. Menjadi guru yang baik bukan berarti seorang guru harus mengajar di sekolah formal. Lakukan tips berikut ini supaya Guru Pintar tetap menjadi guru yang baik.

1. Memahami karakter anak


Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Guru les privat juga diharuskan memiliki kemampuan memahami karakteristik anak didiknya seperti haknya guru-guru di sekolah. Pemahaman tentang anak didik atau siswa penting diketahui oleh seorang guru termasuk guru les privat atau bimbingan belajar. Hal ini penting karena segala informasi tentang anak dapat menjadi pijakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan anak. Dengan demikian, anak didik akan lebih mudah memahami materi dan menyukai proses pembelajaran yang dilalui selama bimbingan belajar.

Informasi apa saja yang harus diketahui? Informasi tentang kendala belajar, sifat anak, pola belajar, dan apa saja yang disukai anak saat belajar. Cara mendapatkan informasi-informasi ini dapat dilakukan dengan cara mengobrol santai sebelum memulai pelajaran atau bertanya kepada orang tua anak didik.

2. Menguasai materi


Foto oleh Streetwindy dari Pexels

Seorang guru baik itu guru les privat, bimbingan belajar, ataupun guru sekolah formal wajib memiliki penguasaan terhadap materi dengan baik. Apa jadinya jika seorang guru tidak paham tentang konsep pelajaran yang diajarkan? Hal ini sesuai salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi profesional.

Supaya menguasai materi pelajaran yang diajarkan dengan baik, jangan malas membaca buku. Selain membaca, banyak lagi hal yang fapat dilakukan untuk mendalami materi yang akan diajarkan misalnya berdiskusi dengan teman guru, menonton video pembelajaran, mengikuti seminar/pelatihan, mengikuti komunitas guru, dan masih banyak lagi.

3. Menguasai metode mengajar


Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Cara mengajar anak SD, SMP, atau SMA tentu saja sangat berbeda. Sebagai guru les yang baik, harus memiliki pengetahuan tentang pendekatan-pendekatan, strategi-strategi, dan juga metode-metode pengajaran yang kaya.Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anak didik yang diajar di setiap levelnya. Selain itu, jika anak didik yang dibimbing hanya diajar dengan cara drilling terus menerus, mereka akan lekas bosan dan semangat belajar pasti akan turun. Guru Pintar tidak mau kan hal ini terjadi?

Kompetensi ini termasuk dalam kompetensi pedagogis yang harus dikuasai guru. Tidak ada alasan tidak bisa karena ada banyak sumber yang dapat dijadikan inspirasi. Dari buku, TV, internet, teman sejawat, dan lain sebagainya.

4. Mengatur waktu dengan baik


Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Mengajar les privat tentu waktunya tidak sepanjang dan sesering kegiatan belajar di sekolah. Oleh karena itu sangat penting seorang guru les privat memiliki kemampuan mengatur waktu seefektif dan seefisien mungkin. Terlebih jika anak didik yang diajar banyak dan dalam kurun waktu yang berbeda-beda.

Salah satu cara menjadi guru les yang baik terutama dalam hal pengaturan waktu harus datang tepat waktu. Jangan buat anak didik menunggu lama karena dapat menurunkan semangat belajarnya. Jika berhalangan, jangan lupa selalu berkomunikasi dengan anak didik dan orang tua. Diskusikan jalan keluarnya misalnya dengan mengganti hari atau merapel pada pertemuan berikutnya.

5. Berperilaku sopan dan berpenampilan rapi


Foto oleh Emmy E dari Pexels

Tidak mengajar di lembaga resmi atau sekolah formal bukan berarti Guru Pintar diperbolehkan bersikap seenaknya atau berpenampilan semau gue. Apapun status yang disandang mau itu guru SD, SMP, SMA, les privat, atau bimbingan belajar tetap harus menjaga wibawa dengan berpenampilan rapi dan bersikap sopan. Bagaimanapun seorang guru adalah panutan anak didiknya. Jadi harus mampu menjadi teladan yang baik.

Berpenampilan rapi tidak harus mengenakan pakaian atau aksesoris yang mahal. Kenakan baju yang pantas, bersih, dan berbau sedap. Ingat penampilan Guru Pintar akan selalu menjadi perhatian anak didiknya. Bersikap sopan dan baik juga wujud pemberian teladan. Jangan sampai Guru Pintar menjadi sumber inspirasi yang tidak baik bagi siswanya.

Bagaimana Guru Pintar? Sudah siapkah menjadi guru les privat yang baik dan benar?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet