APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ingin Penghasilan yang Baik Dimasa Depan? Pertimbangkan Kuliah di 5 Jurusan Ini

Beberapa jurusan kuliah tertentu diyakini mampu memberikan prospek masa depan yang menyejahterakan.

Penghasilan yang Baik Dimasa Depan, image via www.northeastern.edu

Apa yang membuat suatu jurusan kuliah menarik untukmu, Sobat? Selain ilmu yang memang ingin dipelajari, apakah prospek masa depan yang ditawarkan juga menjadi faktor pertimbangan pilihan? Bila keduanya sama-sama penting, lima jurusan atau program studi berikut ini amat sangat patut dipertimbangkan untuk dipilih, Sobat.

 

1. Teknik Perminyakan

Minyak dan gas merupakan dua isu penting bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Maka pastinya Sarjana Teknik (S.T.) dari Jurusan atau Program Studi Teknik Perminyakan sangat dibutuhkan. Para sarjana inilah yang bertugas mencari dan menemukan sumber-sumber tambang minyak dan gas serta menemukan cara bagaimana menambangnya.

Ada dua perguruan tinggi dengan Teknik Perminyakan yang saat ini telah terakreditasi A. Keduanya merupakan Perguruan Tinggi Negeri, yaitu UPN Veteran Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung.

 

2. Teknik Elektro

Teknik Elektro dikenal juga sebagai Teknik Listrik. Mahasiswa Teknik Elektro belajar tentang konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat listrik dan elektronik. Sobat Pintar tentunya tak asing lagi dengan barang-barang listrik dan elektronik di rumah, bukan?

Jurusan ini cukup difavoritkan, sehingga banyak kampus negeri dan swasta dengan Teknik Elektro yang telah terakreditasi A. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Kristen Petra, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Surabaya, dan Universitas Negeri Semarang.

 

3. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer dan Teknik Elektro merupakan dua bidang yang berkembang cukup pesat sekarang ini. Robotika, Artificial Intelligence, kriptografi dan computer security, serta berbagai inovasi lain dibidang jaringan komunikasi merupakan bidang-bidang yang digeluti oleh Sarjana Komputer (S.Kom.)

Ada enam kampus dengan Ilmu Komputer yang telah terakreditasi A, yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Lampung. Di kampus-kampus lain, Ilmu Komputer dikenal juga sebagai Teknik Informatika.

 

4. Teknik Tenaga Listrik

Jurusan ini sebenarnya tak bisa dipisahkan secara mutlak dari Teknik Elektro. Teknik Tenaga Listrik lebih terfokus pada pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Saat ini, hanya ada satu Teknik Tenaga Listrik dengan akreditasi A di Indonesia, yaitu di Institut Teknologi Bandung.

 

5. Farmasi

Seorang farmasis menyediakan obat-obatan bagi pasien dengan mengikuti resept dokter. Farmasis juga bertugas menjelaskan bagaimana dan kapan minum obat pada pasien. Tak harus selalu di rumah sakit, seorang farmasis juga dapat bekerja di apotek maupun toko-toko obat retail besar.

Di Indonesia, sudah banyak kampus dengan Farmasi terakreditasi A: Universitas Ahmad Dahlan, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi. Sobat Pintar tertarik pada bidang kesehatan? Menjadi Sarjana Sains (S.Si) atau Sarjana Farmasi (S.Fam) patut dipertimbangkan karena prospek penghasilannya yang baik.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

So, apakah salah satu jurusan diatas memang sudah menjadi incaran Sobat Pintar? Langsung dikejar saja, Sobat! Dengan usaha yang sungguh-sungguh, masa depan yang baik bukan tidak mungkin kita wujudkan.

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog