APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ini 3 Jalur Masuk Universitas Brawijaya 2023

Siapkan diri mengikuti jalur seleksi yang tepat untuk masuk UB.

Photo by Prateek Katyal on Unsplash

Jalur masuk Universitas Brawijaya di tahun 2023 itu enggak cuma SNBP dan SNBT, Sobat Pintar. Sama seperti kampus-kampus negeri yang lain, Universitas Brawijaya (UB) juga membuka Jalur Mandiri. Nah, kamu sudah tau belum sih, apa saja pilihan seleksi yang bisa kamu ikuti di Jalur Mandiri UB?

Enggak cuma Mandiri UB, kita bakal bahas seluruh jalur masuk UB di 2023 ini. Apalagi ada 80 prodi S1 dan D4 yang bisa kalian pilih di berbagai jalur masuk tersebut. Udah siap kepoin semua jalur masuknya? Yuk lanjutin baca.

jalur masuk universitas brawijaya
Photo by Ed Us on Unsplash

1. SNBP

SNBP adalah salah satu jalur prestasi UB yang mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Kuota SNBP UB di tahun 2023 sendiri sebesar 20%. Buat kalian yang sedang mengikuti jalur rapor UB ini, wish you all the best of luck! Tinggal tungguin pengumuman hasilnya nanti tanggal 28 Maret 2023.

SNBP UB tentunya sama seperti SNBP di kampus-kampus negeri yang lain. Namun ada catatan buat Sobat yang mengikuti pendaftaran UB di jalur ini dengan KIP. Status KIP Kuliah bakal ditetapkan setelah proses verifikasi selesai. Selain itu, ada lagi persyaratan khusus bagi calon mahasiswa baru FK dan FKG yang akan diumumkan kemudian.

Kapan Universitas Brawijaya buka pendaftaran 2023
Photo by The Jopwell Collection on Unsplash

2. SNBT

SNBT UB juga mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Tersedia 30% kuota mahasiswa baru di UB melalui Jalur SNBT. Jika kamu memilih jalur pendaftaran Universitas Brawijaya yang satu ini, jangan lupa tanggal-tanggal penting di bawah ini.

- Pendaftaran: 23 Maret 2023 – 14 April 2023

- UTBK Gelombang I: 8 – 14 Mei 2023

- UTBK Gelombang II: 22 – 28 Mei 2023

- Pengumuman hasil SNBT: 20 Juni 2023

Untuk mengikuti PMB UB ini, kamu wajib mengikuti UTBK – yang boleh diikuti sekali saja. Hasil UTBK 2023 dapat digunakan untuk mengikuti SNBT 2023 saja. Mengutip laman SELMA UB, SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan.

Universitas Brawijaya termasuk negeri apa swasta
Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

3. Seleksi Mandiri

Sebanyak 50% mahasiswa baru UB 2023 bakal masuk melalui Jalur Mandiri. Kuota ini sudah sesuai dengan ketentuan UB sebagai PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Psst... bocoran buat kamu nih, Sobat. Di tahun 2022, jumlah mahasiswa baru Mandiri UB mencapai 8.570 orang.

Sayangnya saat ini belum diketahui dengan pasti mengenai SMUB 2023. Mungkin Sobat Pintar masih ada yang bertanya-tanya, SMUB itu apa? SMUB (Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya) adalah seleksi masuk UB yang diselenggarakan secara mandiri. Seleksinya berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik maupun nonakademik.

1. SMUB Nilai Rapor

Jalur Rapor UB yang satu ini bukan SNBP ya, Sobat. Jalur rapor ini merupakan bagian dari Jalur Mandiri UB. Bila berkaca pada seleksi sebelumnya, masa pendaftaran hingga pengumuman seleksi berlangsung sekitar akhir Juli hingga awal Agustus. Terhitung singkat banget, jadi jangan sampai kalian ketinggalan update-nya nanti.

Biaya pendaftaran Jalur Rapor UB ini pada 2022 sebesar Rp350.000,00. KIP Kuliah tidak dapat digunakan untuk biaya kuliah maupun pendaftaran di jalur ini. Periksa lagi ketentuan-ketentuan seperti ini, termasuk juga ketentuan nilai rapor dan pilihan prodi bila kalian akan mengikuti Mandiri UB 2023 nanti.

2. SMUB Nilai UTBK

Sama halnya, jalur masuk Universitas Brawijaya yang satu ini belum dapat dipastikan. Namun jika dilihat dari tahun sebelumnya, laman SELMA UB menyebutkan bahwa persyaratan mengikuti Mandiri UB ini adalah terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK di tahun yang sama.

Biaya pendaftaran jalur masuk UB ini di 2022 adalah sebesar Rp350.000,00. Masa pendaftaran hingga pengumuman pada tahun lalu berlangsung selama bulan Juli. Rajin-rajin cek update ya, Sobat, biar nanti enggak ketinggalan.

3. SMUB Penyandang Disabilitas

Seleksi Mandiri UB jalur ini secara resmi disebut sebagai SMPD (Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas). Mengutip laman SELMA UB, SMPD terdiri dari serangkaian seleksi bagi penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih. Rangkaian seleksi tersebut pada SMPD sebelumnya meliputi seleksi administrasi, tes, dan wawancara yang dilakukan dengan sistem gugur.

Jenis disabilitas yang diterima yaitu hambatan penglihatan, kesulitan mendengar, hambatan belajar dan konsentrasi, serta hambatan mobilitas. Tiap-tiap prodi memiliki ketentuan penerimaan disabilitas yang berbeda, jadi periksa lagi ketentuan prodi pilihanmu sebelum mengikuti jalur masuk UB ini nanti. Biaya pendaftaran tahun lalu sebesar Rp350.000,00. Jadwal pendaftaran sampai pengumuman berlangsung mulai bulan Mei sampai Juli. Sosialisasi SMPD 2022 dimulai di akhir Mei, jadi catat di kalendermu untuk cek update nanti ya, Sobat.

4. SMUB Jalur Prestasi

Lagi-lagi, Jalur Prestasi UB ini adalah bagian dari Seleksi Mandiri – bukan SNBP. Karena belum diketahui ketentuan Jalur Prestasi UB 2023, kita menyontek ketentuan dari tahun sebelumnya saja ya, Sobat.

Agar dapat mengikuti Jalur Prestasi UB, nilai rapormu harus mencapai minimal rata-rata 8.00 per semester, mulai dari semester satu sampai lima. Selanjutnya, laman SELMA UB juga menyebutkan bahwa ada beberapa persyaratan akademik dan nonakademik yang harus dipenuhi, seperti peringkat satu sampai tiga tingkat nasional dan internasional beberapa bidang tertentu, hafalan Al Qur’an minimal 10 Juz, portofolio karya untuk pilihan prodi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, dan lain-lain. Wajib cek ulang seluruh persyaratan ini sebelum mengikuti PMB UB Jalur Mandiri nanti ya, Sobat.

Tahun lalu, biaya pendaftaran Jalur Prestasi UB adalah sebesar Rp350.000,00. Masa pendaftaran sampai pengumuman berlangsung sejak pertengahan bulan Maret hingga pertengahan bulan Juni. Sekali lagi, rajin-rajin cek update-nya biar enggak sampai ketinggalan, Sobat.

Terus, tepatnya kapan Universitas Brawijaya buka pendaftaran 2023? Untuk jadwal Seleksi Mandirinya, kita masih harus menunggu, Sobat Pintar. Kebanyakan kampus negeri menginformasikan Jalur Mandiri menyusul pelaksanaan SNBT. Nah, kamu sudah tau kan, Universitas Brawijaya termasuk negeri apa swasta?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog